Rabu, 22 November 2017

Cara Menanam Bawang yang Sederhana Pada Lahan Sempit

Tags

Beberapa waktu yang lalu harga bawang melambung tinggi, kondisi seperti itu tentu saja membuat para Ibu di rumah pusing dan harus pintar memutar otak untuk memenuhi kebutuhan belanja bahan pokok di dapur. Untuk menanggulangi dan memenuhi kebutuhan konsumsi bawang Anda bisa menanam bawang di rumah dengan sederhana.

Perkembangan era modern banyak para keluarga yang memiliki lahan sisa di rumahnya dimanfaatkan untuk berbudidaya bawang dengan lahan yang sempit, begitu juga dengan Anda Anda bisa mencoba menanam bawang merah di rumah anda dengan alat yang sederhana di rumah. Anda bisa menanam di pekarangan di belakang rumah atau Anda bisa meletakkan tanaman bawang anda di bagian rumah dengan menggunakan polybag.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menghindari kerugian yang akan timbul pada saat harga bawang naik dengan mengeluarkan uang terlalu banyak Anda bisa menanamnya di rumah, biasanya harga bawang akan melambung tinggi pada saat akan bulan puasa atau menjelang lebaran.

Di bawah berikut akan kami sampaikan tips sederhana Bagaimana cara menanam bawang di rumah agar anda bisa mengelolanya dengan sederhana.

Cara Menanam Bawang yang Sederhana Pada Lahan Sempit

Cara praktis cara menanam bawang merah di rumah
Jika letak rumah Anda terlalu sempit pastikan anda bisa memilih penempatan bawang anda di ruangan yang akan terbuka, jika di belakang atau depan rumah Anda sedikit ruang kosong Letakkan bawang tersebut di pekarangan belakang rumah Anda atau di depan rumah yang terdapat sinar matahari yang cukup.

Sinar matahari yang cukup ini akan membantu pertumbuhan bawang dengan cepat dan akan mendapatkan hasil bawang yang bagus. Secara ilmiah biasanya bawang harus mendapatkan lebih dari 12 jam sinar matahari artinya untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal bawang Anda harus diletakkan pada ruangan terbuka dan kena sinar matahari selama 12 jam.

Kondisi ruangan yang terbuka akan berpengaruh pada tingkat kepanasan suhu pada tempat anda menanam bawang pastikan anda bisa mendapatkan suhu antara 25 hingga 35 derajat Celcius dengan suhu itu ideal untuk mendapatkan tanaman bawang yang optimal.

Seleksi bibit bawang merah

Seharusnya Anda memilih bibit bawang merah dengan jenis kualitas terbaik, jika anda tidak mendapatkannya Anda bisa memilih jenis bawang dengan kualitas jenis bawang yang berwarna coklat agak kehitaman.

Jumlah ukuran bibit bawang yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 5 gram untuk setiap hektarnya dan di Kisaran itu biasanya mendapatkan 1,4 benih yang disiapkan.

Luasnya tempat tanam berpengaruh pada Berapa jumlah bibit yang akan dibutuhkan, pastikan anda bisa menghitung kira-kira berapa jumlah bibit yang akan anda butuhkan untuk Anda tanam di rumah anda.

Jika Anda menggunakan polybag Anda cukup menggunakan hitungan jari anda karena pastikan ketika saat anda akan menanam bawang anda tidak terlalu sempit sehingga pertumbuhan akan tetap optimal.

Pengelolaan tanah dan bibit bawang

Sebelum anda akan mulai menanam bawang anda Pastikan terlebih dahulu persiapan lahan tanaman, jika lahan tanaman dah pada lapang terbuka atau pada sawah siapkan lahan tanah anda dengan lebar 1 sampai dengan 1,2 meter. Anda bisa menggunakan dengan patokan ukuran 50 cm 50 cm, Anda bisa gunakan menanam sekaligus untuk media parit pastikan ketinggian tanam tersebut menggunakan kedalaman 20 cm antara bagian atas media tanam dengan bedengan yang akan digunakan untuk mengalirkan air.

Anda bisa menggunakan alat ukur untuk mengetahui kadar asam sebuah tanah, apabila kondisi tanah anda kurang dari 5,6 tingkat keasaman sebaiknya anda menggunakan kapur atau dolomit pada setiap satu hektarnya. Penggunaan kapur atau dalam ini ini dianya digunakan 2 Pekan Sebelum masa tanam.

Pakai bahan dasar Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos untuk menaikkan tingkat kesuburan sebuah tanah, anda bisa meratakan atau mencampurnya ke dalam tanah media tanam anda hingga rata di bagian atas.

Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia tapi kami sudah menyarankan untuk itu karena untuk jangka panjang akan sangat berpengaruh, kayaknya Anda Diamkan dulu setelah anda memberinya pupuk selama satu pekan.

Perawatan pada bawang merah
Menanam bawang merah memang memerlukan hitungan tersendiri, sebaiknya Anda punya sebuah kalender yang mencatat Tanggal berapa Anda menanam dan menghitungnya maju ke depan hingga beberapa pekan.

Aktivitas menghitung ini untuk mempermudah menghitung dan melihat produktivitas hasil dari tanaman anda, pada proses perawatannya Anda bisa menyiram atau memupuknya di waktu pagi dan sore hari. Lakukan pemupukan ini pada periode 10 hari pertama masa tanam. Kemudian hari bisa anda kurangi 1 kali sehari pada periode berikut.

Langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk tambahan yang dilakukan pada saat tanaman berumur 2 minggu periode pertama. Anda bisa menggunakan jenis pupuk campuran urea, pada setiap politiknya Anda bisa menambahkan pupuk secukupnya secukupnya antara 0,1 hingga 1 gram setiap polybag.

Masa pemupukan berikutnya adalah pada masa tanam di usia 5 minggu, apa bisa menambahkan pupuk ini pada saat tertentu dan jangan terlalu banyak.


Pada masa ini biasanya tumbuhan lain akan tumbuh mengikuti dengan pertumbuhan bawang anda, agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa membersihkan dan menyiramnya dengan gulma lakukan penyiangan agar pertumbuhan bawang anda lebih optimal.

Pengendalian hama pada tanaman bawang merah

Berapa lama berbagai macam jenis hama akan tumbuh biasanya mengikuti dengan kondisi cuaca, anda bisa mengendalikan pengendalian hama dengan sedikit menambahkan pestisida.

Jika anda tidak suka dengan penambahan insektisida tersebut anda bisa menggunakan cara dengan cara seleksi setiap bawang yang terkena hama Anda bisa mencabutnya atau memotong pada bagian tertentu yang dihinggap oleh hama.

Masa panen bawang merah
Pada saat musim tanam hal yang paling ditunggu adalah masa panennya masa panen itu akan segera dimulai. Anda bisa melihat pada bagian batang bawang Anda apabila sudah mencapai besaran tertentu dan daun sudah mengering antara 60 hingga 70% Anda bisa memeriksa secara acak bawang anda dengan cara mencabutnya.

Jika pemeriksaan anda sudah bagus dan mewakili setiap keseluruhannya anda bisa memanennya, sekarang hitungan dasar masa panen bawang merah biasanya pada usia 55 hingga 70 hari dari masa tanam. Namun produktivitas tertentu kadangkala terjadi berbeda biasanya produktivitas atau kapan masa panen itu bisa dilakukan pada jenis tanaman bawang biasanya tergantung pada cuaca.

Sedikit dari kami Bagaimana cara dan memprediksi atau Kapan anda akan mulai menggunakan lahan sempit anda untuk bercocok tanam atau Anda menggunakan lahan yang besar sekaligus untuk menanam bawang merah anda, hitungan hari itu yang paling penting menurut kami pada saat anda akan mulai menanamnya pastikan anda mendapatkan hasil yang maksimal dengan tetap mengikuti panduan dan menghitung media tanam anda. Selamat menanam bawang anda dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon