10 Tanaman Hias Air yang Cocok untuk Interior Rumah Anda

Eiji

Air adalah elemen penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan segar di dalam rumah. Selain menjaga kelembapan udara, tanaman hias air juga dapat memberikan estetika yang menarik dan menyegarkan. Jika Anda mencari tanaman hias yang cocok untuk interior rumah Anda, berikut ini adalah 10 pilihan tanaman hias air yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Paku Air (Azolla caroliniana)

Paku air, juga dikenal sebagai “fairy moss,” adalah tanaman hias air yang indah dan unik. Daunnya yang kecil dan hijau memberikan sentuhan segar di dalam ruangan. Paku air juga dapat membantu menjaga kualitas air dalam akuarium atau wadah tanaman hias air lainnya.

2. Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) adalah tanaman air yang dikenal dengan nama lain “water hyacinth”. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati yang mengapung di permukaan air dan bunga ungu yang indah. Eceng Gondok sering ditemukan di perairan seperti danau, sungai, dan rawa-rawa di Indonesia.

Meskipun Eceng Gondok memiliki penampilan yang menarik, tanaman ini sebenarnya dianggap sebagai gulma air yang invasif. Tanaman ini dapat berkembang biak dengan cepat dan menutupi permukaan air, menghambat sirkulasi dan mengganggu kehidupan organisme air lainnya. Jika populasi Eceng Gondok tidak dikendalikan, dapat menyebabkan masalah ekologis dan lingkungan, seperti penurunan kadar oksigen dalam air dan menghancurkan ekosistem air yang seimbang.

Baca Juga :  12 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Menghiasi Kamar Tidur Anda

3. Anggrek Air (Paphiopedilum spp.)

Anggrek Air, atau Paphiopedilum spp., adalah jenis anggrek yang populer dan indah. Nama “anggrek air” merujuk pada kecenderungan tanaman ini untuk tumbuh di tempat yang lembab atau berair. Mereka dapat ditemukan di hutan-hutan tropis di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Anggrek Air memiliki karakteristik yang membedakannya dari anggrek jenis lain. Mereka memiliki batang yang pendek dan daun-daun yang lebar serta berbentuk mangkuk. Bunga-bunga anggrek air sangat menarik dan sering kali memiliki warna yang cerah, seperti merah, kuning, oranye, atau ungu. Beberapa spesies bahkan memiliki pola atau bintik-bintik yang menarik di atas kelopak bunganya.

4. Pakis Haji (Nephrolepis exaltata)

Pakis haji adalah tanaman hias air yang elegan dan serbaguna. Daunnya yang hijau dan berlekuk memberikan sentuhan alami di dalam ruangan. Pakis haji juga dapat membantu membersihkan udara dengan menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida.

5. Bambu Air (Dracaena sanderiana)

Bambu Air (Dracaena sanderiana) adalah tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan “lucky bamboo” atau “bambu keberuntungan”. Meskipun namanya mengandung kata “bambu”, sebenarnya tanaman ini bukanlah jenis bambu, melainkan anggota keluarga Dracaena.

Bambu Air memiliki batang berwarna hijau tua atau kekuningan yang tegak dan panjang. Tanaman ini dapat tumbuh dalam air tanpa tanah, sehingga sering ditempatkan dalam vas atau wadah dengan air sebagai media tumbuhannya. Beberapa orang percaya bahwa Bambu Air membawa keberuntungan dan energi positif ke dalam rumah atau kantor tempatnya ditempatkan.

6. Lumut Air (Fontinalis antipyretica)

Lumut Air (Fontinalis antipyretica) adalah salah satu jenis lumut air yang populer di Indonesia. Lumut ini juga dikenal dengan sebutan “water moss” atau “lumut air putih”. Lumut Air memiliki penampilan yang menarik dengan daun-daunnya yang kecil dan rapat, memberikan kesan seperti permadani hijau di permukaan air.

Baca Juga :  Panduan Menarik: Contoh Tanaman Hidrofit untuk Mempercantik Ruang Anda

Lumut Air biasanya tumbuh di perairan yang tenang, seperti kolam, danau, atau sungai yang airnya mengalir dengan perlahan. Lumut ini juga dapat hidup dalam akuarium, memberikan nuansa alami dan menambah keindahan dalam habitat ikan.

7. Daun Betel Air (Pilea cadierei)

Tanaman hias air Daun Betel Air (Pilea cadierei) adalah tanaman yang populer karena keindahan daunnya yang menarik. Tanaman ini juga dikenal dengan nama “Aluminium Plant” karena daunnya yang berwarna perak dengan pola garis-garis hijau yang mencolok.

Daun Betel Air adalah tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Mereka biasanya tumbuh subur di tempat yang teduh atau mendapat sinar matahari yang terfilter. Tanaman ini menyukai kelembaban yang tinggi, jadi penting untuk menjaga tanahnya tetap lembab namun tidak tergenang air.

8. Kenikir Air (Nymphaea spp.)

Tanaman hias air Kenikir Air (Nymphaea spp.) adalah tanaman air yang cantik dan sering ditemukan di kolam atau danau. Kenikir Air juga dikenal dengan sebutan “Teratai Air” karena bunganya yang besar dan menarik.

Kenikir Air memiliki daun hijau lebar yang mengapung di permukaan air dan bunga yang muncul di atas permukaan air. Bunga Kenikir Air umumnya berwarna cerah, seperti merah, kuning, atau putih, dengan kelopak yang menonjol dan daun penutup yang melingkupi bagian tengah bunga.

9. Katak Air (Hydrocotyle spp.)

Tanaman hias Katak Air (Hydrocotyle spp.) adalah tanaman yang menarik dan cocok untuk ditempatkan di akuarium atau wadah air lainnya. Nama umum “Katak Air” merujuk pada bentuk daunnya yang mirip dengan kaki katak.

Katak Air memiliki daun yang kecil dan bundar dengan tekstur yang mengkilap. Tanaman ini biasanya tumbuh merayap dan membentuk karpet hijau yang indah di permukaan air. Mereka dapat ditemukan di perairan dangkal seperti kolam, danau, atau sungai dengan air yang mengalir.

Baca Juga :  Inilah 10 Tren Tanaman Hias di Tahun 2023 Yang Sedang Naik Daun

10. Daun Pandan Air (Pandanus spp.)

Daun pandan air adalah tanaman hias air yang umum ditemukan di wilayah tropis. Daunnya yang panjang dan berwarna hijau memberikan efek dekoratif yang menarik di dalam ruangan. Selain itu, daun pandan air juga memiliki aroma harum yang menyegarkan.

Menambahkan tanaman hias air ke dalam interior rumah Anda adalah cara yang sempurna untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan indah. Dari pakis haji yang elegan hingga anggrek air yang eksotis, Anda memiliki banyak pilihan untuk mempercantik rumah Anda. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan gaya dan kondisi ruangan Anda, dan nikmatilah keindahannya setiap hari.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags