16 Jenis Sayuran Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah

Eiji

Setiap jenis sayuran dari sayuran mempunyai kelebihan dan kelemahannya tersendiri dalam penanamannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis sayuran yang cocok untuk hidroponik.

Jenis – Jenis Sayuran Hidroponik

1. Selada

Selada merupakan salah satu tanaman sayuran yang bisa untuk ditanam secara hidroponik, karena mudah dibudidayakan, dan sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Macam macam varian selada yaitu ada Selada Lolorosa, Selada Locarno, Selada Romaine, Selada Mia, Selada Butterhead, Selada Kristine, Selada Oakleaf.

2. Kangkung

kangkung merupakan sayuran yang sangat terkenal di Indonesia dan juga banyak penggemarnya. Menanam kangkung kini bisa ditanam secara hidroponik. Tanaman kangkung ini tumbuh dengan cepat dan memberikan hasil hanya dalam waktu 25-30 hari saja sesudah penyamain.

3. Sawi

Tanaman sawi ini bisa tumbuh baik di dalam tempat yang berhawa panas ataupun tempat yang berhawa dingin, sehingga bisa ditanam di dataran rendah ataupun didataran tinggi. Sawi adalah sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena kandungan gizinya yang baik. Apakah sawi bisa ditanam secara hidroponik? Sayuran sawi juga dapat ditanam dimanapun dan juga bisa ditanam secara hidroponik.

4. Pakcoy

Jenis sayuran hidroponik selanjutnya ada Pakcoy Sayuran yang berwarna hijau dan lezat ketika ditumis untuk dijadikan berbagai macam hidangan ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita, sehingga kamu tidak akan rugi jika kamu menanam pakcoy ini di rumah.

Baca Juga :  Peranan Regulasi Pemerintah dalam Menstabilkan Harga Pupuk Urea untuk Kesejahteraan Petani

5. Brokoli

Jenis sayur hidroponik selanjutnya adalah brokoli. Yup sayuran ini merupakan sayuran yang bagus untuk diet dan mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Nah, sekarang ini kamu bisa menanam brokoli dikebun rumah kamu sendiri dengan metode hidroponik. Bahkan produksi dari tanaman brokoli ini bisa terus meningkat ketika kamu menanamnya dengan secara hidroponik.

6. Bayam

Siapa yang nggak tau sayur bayam? Bayam merupakan sayuran yang populer di Indonesia yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bayam termasuk salah satu sayuran yang bisa untuk ditanam di mana saja dan juga bisa dengan teknik hidroponik. Jika kamu menanam dengan cara hidroponik maka akan cepat panen, kamu tidak perlu lagi membeli bayam ke pasar.

7. Kale

Meski sayuran satu ini bukan termasuk sayuran yang umum dijual di pasaran, namun sayur kale ini merupakan sayuran yang sedang populer kali ini, apalagi bagi kamu para pegiat makanan dan juga sedang melakukan gaya hidup sehat. Kamu bisa untuk menanam sayuran ini menggunakan sistem hidroponik di kebun rumah kamu.

 8. Kemangi

Jenis tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik yang selanjutnya ada kemangi. Kemangi ini biasanya digunakan untuk pelengkap lalapan, sambal, pepes dan lainnya, karena mempunyai aroma dan rasanya yang khas. kemangi hidroponik bisa untuk dipanen pada usia 50 hari dan bisa untuk dipanen setiap minggunya.

9. Timun

Jenis sayuran hidroponik untuk kamu yang pencinta lalapan yaitu ada timun yang merupakan salah satu jenis sayuran yang paling segar karena mengandung banyak air didalamnya. Timun ini bisa digunakan untuk menyegarkan tubuh dan baik untuk rambut serta kulit dan juga membantu memperlancar penercaan.

Baca Juga :  Mengenal Metode Pertanian Jadam: Solusi Ramah Lingkungan untuk Pertanian Berkelanjutan

10. Pare

Sayuran yang mempunyai rasa yang pahit ini, ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Sayur Pare ini tinggi akan serat, kalium, kalsium, zat besi dan juga vitamin C dan A. Pare berguna untuk menurunkan kadar dari gula darah, kolesterol dan juga tekanan darah. Komponen saponin yang ada pada pare ini berguna menaikkan sistem imunitas tubuh dan juga mencegah pertumbuhan dari sel kanker.

11. Buncis

Kandungan serat yang ada dalam sayur buncis ini bisa uuntuk membantu pankreas dalam memproduksi insulin, yang bermanfaat sekali untuk para penderita diabetes tipe 2. Buncis mengandung senyawa antikoksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan membantu memperlancar ASI.

12. Daun bawang

Daun bawang juga merupakan salah satu dari jenis sayuran hidroponik yang memang sering kali jadi pelengkap dari masakan. Meskipun dipakai hanya 2-3 batang, pada saat kamu membeli bawang daun pasti harus seiket, bukan? Biasanya daun bawang keburu layu dan menguning sebelum kita pakai, maka dari itu kita tanam dirumah sendiri, yuk!.

13. Cabai

Perawatan cabai dengan secara hidroponik tidak perlu seintensif tanaman yang lainnya. Hal penting yang mesti diperhatikan yaitu pada saat pemilihan bibit unggul, cara penyemaian yang benar, dan juga nutrisi dari tanaman.

14. Bawang Merah

Bawang merah ini ternyata juga termasuk jenis sayuran hidroponik. Bawang merah hidroponik memang bentuknya lebih besar jika dari bawang merah lokal yang ada pada umumnya. Bawang merah ini bisa ditanam dengan metode hidroponik.

15. Paprika

Untuk bisa menanam tumbuhan ini dengan metode hidroponik, hal yang harus diperhatikan yaitu konsentrasi nutrisi hidroponik yang di dapatkan oleh si paprika. Jika kamu merupakan para penggemar paprika, jangan ragu lagi untuk menanam paprika di kebun rumah kamu.

Baca Juga :  Perubahan Iklim dan Dampaknya terhadap Sektor Pertanian di Indonesia: Strategi Adaptasi dan Mitigasi

16. Lobak

Berbeda halnya dengan hidroponik yang lain, lobak ini tidak memerlukan cahaya yang intens atau yang panas. Lobak hanyalah bisa tumbuh dengan baik pada suatu suhu udara yang dingin. Bibit lobak ini bisa tumbuh hanya dalam jangka waktu 3 sampai 7 hari saja.

Itulah tadi artikel tentang jenis sayuran hidroponik yang bisa kamu budidayakan di rumah. Menanam tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun kamu juga harus tetap memperhatikan syarat tumbuh dari setiap tanaman yang akan kamu budidayakan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags