Cara Menanam Merica atau Lada dengan Media Pot atau Polybag

Cara menanam merica atau lada dengan media pot atau polybag. Laba atau sering disebut dengan merica sangatlah banyak dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga. Keberadaan lada atau merica ini sangatlah penting sebagai salah satu pelengkap dalam bumbu masakan.

Merica adalah salah satu dari banyaknya rempah-rempah yang ada di Indonesia. Keberadaan rempah-rempah di merupakan salah satu daya tarik tersendiri sehingga para penjajah masuk ke Indonesia.

Namun hari ini kita tidak membahas bagaimana sejarah Belanda masuk ke Indonesia, tapi saat ini kita akan membahas bagaimana cara menanam lada atau merica dengan media tanam polybag atau pot.
Cara Menanam Merica atau Lada dengan Media Pot atau Polybag

Cara menanam lada atau merica dalam pot

Tanaman merica sebenarnya sejenis tanaman yang butuh tempat untuk merambat, artinya jenis tanaman ini tidak perlu membutuhkan lahan yang luas sehingga Anda bisa menggunakan atau menanamnya dengan media tanam sebuah pot kecil atau polybag.

Dari sinilah keunggulan merica selain media tanamnya yang tidak terlalu banyak makan tempat Anda bisa menggunakan sedikit lahan kosong di rumah anda.

Keistimewaan menanam lada adalah tanaman ini bisa anda panen atau tanaman ini bisa berdua sepanjang tahun, yang paling penting suplai air dan terhindar dari hama.

Cara pembibitan lada atau merica

1. Untuk mendapatkan bibit lada Anda bisa memperoleh dengan cara teknik stek. Atau Anda juga bisa mendapatkan dengan cara menanam dengan mengambil batang atau cabang dari pohon utama.

2. Kemudian Anda perlu menyemai bibit tersebut ke dalam media tanam yang sudah anda siapkan bisa pot atau polybag. Yang sudah terdapat media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 7:3:1.

3. Setelah media tanam Anda sudah siap beserta dengan pupuk dan tanahnya, tutup dengan plastik transparan agar masih bisa terkena sinar matahari.

4. Untuk mencegah serangan hama yang bisa berakibat fatal, tutuplah dengan menggunakan jaring yang agak rapat.

5. Setelah anda mendapatkan pohon lada yang sudah tumbuh, mulai dari batang dan akarnya sudah tumbuh dengan baik. Anda bisa memindahkannya ke lahan tanam yang lebih luas. Biasanya antara 3-4 bulan sudah siap untuk dipindah tanam.

5. Sebelum anda memindahkannya pastikan dulu media tanam yang anda siapkan tadi sudah diberi zat organik, atau pupuk yang lain yang bisa anda siapkan sehingga pada saat pertumbuhannya bisa maksimal.

Pemeliharaan dan evaluasi lada


Pada tahapan tertentu Anda harus mengevaluasi apa yang sudah anda kerjakan dan melihat secara betul Bagaimana kondisi lada atau merica anda.

Anda perlu mengantisipasi beberapa hal sehingga ke depan pertumbuhan lada Anda bisa maksimal dan anda bisa mendapatkan hasil yang bagus. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melihat pertumbuhan lada Anda sehingga Anda tidak kesulitan

1. Pencegahan terhadap serangan jamur yang jelek

Pertumbuhan yang sangat bagus pada tanaman lada ini biasanya dibarengi dengan pertumbuhan jamur.

Untuk mengantisipasinya Anda bisa menggunakan sebuah kayu untuk penyangga sehingga jamur yang terdapat pada tanah tidak mengenai batang pohon lada.

2. Pengendalian penyakit atau hama
Pengendalian hama ini sangat diperlukan sehingga pertumbuhan pada pohon batang lada bisa sangat maksimal.

Ada beberapa jenis jamur yang perlu anda perhatikan seperti dibawah berikut :

Bakteri pasteuria ini adalah jenis bakteri yang bisa anda gunakan untuk mengendalikan penyakit kuning.

Jamur trichoderma jamur jenis ini bisa anda manfaatkan untuk menghindari pembusukan pada batang lada.

Jamur beauveria jamur jenis ini digunakan mencegah serangan hama Walang Sangit atau walang coklat.

Belanda menyiapkan beberapa hal yang sudah di atas apakah pencegahan hama dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal Semoga berhasil sekarang di tahapan berikutnya Bagaimana pada proses pemanenan.

Tahapan memanen lada

Pada umumnya kata yang siap panen biasanya berumur 12 bulan sebulan selesai masa tanam, perhitungan itu sebenarnya dimulai dari sejak masa tanam Anda memulai tanaman dari awal.

Bisa jadi lebih terlambat atau bisa lebih cepat tergantung Bagaimana proses penanganan dan ketersediaan air sehingga pertumbuhannya bisa maksimal.

Itulah sedikit dari kami bagaimana cara menanam merica atau lada dengan media tanam polybag atau pot. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil yang melimpah.

0 Response to "Cara Menanam Merica atau Lada dengan Media Pot atau Polybag"

Posting Komentar