Cara Menyambung Pohon Mangga Metode Stek

Untuk mulai mengembangkan sebuah perkebunan ada beberapa cara yang bisa anda gunakan salah satu metode yang bisa anda gunakan adalah dengan cara menyambung pohon kita menyebutnya dengan teknik stek atau pohon dengan cara menyilangkan pohon dengan batang yang berbeda.

Sekilas Memang agak susah tapi Teknik ini sudah banyak dilakukan dan cukup efektif untuk bisa mengembangkan berbagai macam varian baru dalam.

Ada beberapa jenis pohon yang bisa di stek seperti pohon mangga, sawo, atau mungkin jambu.

Cara Menyambung Pohon Mangga Metode Stek
Perbedaan yang signifikan dari metode stek adalah sebagai berikut


Pertama proses pertumbuhan dengan metode stek cenderung lebih cepat karena batang pohon akan digabungkan dengan pohon yang sudah membesar.
Keunggulan yang lainnya adalah bisa menggabungkan jenis atau varian ada dalam satu Bagian pohon sederhananya batang yang pertama yang pohon aslinya kemudian batang yang kedua dengan varian atau distek dengan varian pohon yang berbeda.
Dengan mengkombinasikan kan ini dimaksudkan agar dalam satu pohon bisa mendapatkan jenis varian yang berbeda.

Dian langkah apa saja yang perlu dilakukan jika kita ingin menjalankan metode stek ini dan mengimplementasikan ke dalam pohon yang ingin kita stek alasan dan langkah-langkah di bawah berikut:

Alat-alat yang anda siapkan sebagai berikut:
  • 1 buah gunting
  • 1 buah cutter atau pisau kecil yang tajam
  • 2 lembarPlastik kecil
  • 2 helai tali untuk mengikat
  • 1 buah Bawang merah

Pemotongan bibit tanaman mangga.

Potong batang bibit tanaman mangga dengan menggunakan gunting yang sudah disiapkan, potongan ranting pohon kurang lebih  sepanjang 10 cm dari tanah.
Setelah pemotongan ranting mangga jenis pertama, kemudian potongan ranting mangga kedua tersebut di oles dengan bawang merah yang sudah dikupas, bawang merah ini bermanfaat sebagai anti body sekaligus bekerja sebagai stimulus akar alami guna mempercepat pertumbuhan akar. selanjutnya bagian tengah batang sedikit di belah menggunakan pisau carter.

pemotongan tunas dari tanaman mangga yang kedua sudah berbuah.

Setelah cabang mangga di potong, untuk perlakuan sama seperti potongan batang bibit diatas. Cabang mangga harus di oles dengan bawang merah, kemudian di potong dan pucuk di buat runcing dengan carter.
Potong tunas cabang dari induk pohon mangga yang telah di siapkan tadi, pilih cabang yang paling bagus dan cabang tersebut sudah pernah berbuah.

proses menyambung kedua ujung batang :

Ambil dan tancap kan kedua ujung dari batang bibit dan cabang tadi, kemudian ikat kedua ujung tersebut menggunakan plastik es. Pastikan ikatan tersebut sudah benar-benar kencang, hal ini bertujuan untuk menghindari terlepas nya sambungan selain itu untuk mencegah air dan udara masuk.
Taruh bibit setek di tempat yang teduh, tetapi jangan di taruh di tempat yang terlalu lembab ya kawan… karena kalau tempatnya terlalu lembab akan menimbulkan tumbuhnya jamur.
Setelah bibit setek berusia 3 bulan ikatan plastik es tersebut bisa di lepas dan pastikan sambungan sudah menyatu. Jika sambungan tidak terlepas berarti itu tandanya bibit sudah siap kita pindahkan ke lubang tanam.

Itu sedikit tentang bagfaimana cara atau metode stek buah manggan yang juga bisa di implmentasikan pada buah yang lain. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menyambung Pohon Mangga Metode Stek"

Posting Komentar