Jenis Hama Anggrek dan Cara Membasmi Hama Anggrek

Hama anggrek biasanya seringkali muncul di musim tertentu, bagaimana cara membasmi hama anggrek. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sering di gunakan untuk menghias taman rumah. Kita juga secara tidak sadar biasanya membiarkan begitu saja anggrek yang sudah ditanam di depan rumah sebenarnya.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dicermati Apakah Anggrek tersebut benar-benar sesuai dengan keinginan kita atau jangan-jangan hama yang menempel pada Anggrek terus. Anda perlu melihat secara seksama Apakah benar anggrek yang anda tanam di rumah benar-benar.

Faktor utama yang sering tidak disadari adalah lingkungan, biasanya pertumbuhan suatu tanaman akan didukung bagusnya sebuah. Seringkali hama muncul dengan tanpa kita sadari karena lingkungan kita yang kotor.
 Hama Anggrek dan Cara Membasmi

Seringkali hama Anggrek menjangkit pada bagian akar batang dan daun. Ada beberapa tanaman juga yang sensitif terkena hama.

Lalu Bagaimana cara kita menangani kondisi pada saat Anggrek kita terkena hama. Di bawah berikut akan kami sajikan sedikit tentang bagaimana cara menangani anggrek yang terkena hama.

Tanaman anggrek yang terkena penyakit hama biasanya lambat laun akan mati secara perlahan, jika hal itu terjadi maka secara cepat Anda harus merespon dengan cara memberinya obat atau beberapa cara yang bisa Anda coba.

Kematian pada anggrek yang terkena hama akan memberikan kerugian bagi anda tergantung penggunaan tanaman bisa jadi rugi suara kecil atau besar. Anda bisa mencoba beberapa cara pengendalian agar hama tidak terlalu menyebar luas seperti di bawah berikut

Cara Membasmi Hama pada Anggrek

Pengendalian dengan cara mekanis, Pengendalian dengan cara mekanis ini artinya mengendalikan hama yang sudah menjangkit pada batang anggrek, cara menjepit lalu ditekan dengan menggunakan jari tangan.

Teknik ini Bisa Anda coba dengan tanaman anggrek yang belum terlalu banyak terkena hama cara ini masih cukup efektif jika hama belum menyebar terlalu luas.

Metode Pengendalian dengan cara kimiawi


Cara kimiawi di sini adalah pengendalian hama dengan memberikan sebuah bahan kimia, anda bisa menggunakan seperti pestisida insektisida dan lain-lain. Pengendalian hama dengan cara kimiawi ini idealnya digunakan pada saat hama sudah sangat menyebar dan anda tidak bisa melakukan secara mekanis atau secara manual.

Di bawah berikut ada beberapa jenis pestisida atau beberapa kimiawi yang bisa anda gunakan untuk membasmi hama yang terdapat pada anggrek:
  • Akarisida
  • Insektisida
  • Bakterisida
  • Fungisida
  • Nematisida
  • Molusida
Pilihan beberapa pestisida diatas bisa anda implementasikan untuk pengobatan ke beberapa tanaman Anda yang sudah terkena hama, lakukan dengan caranya masing-masing pada setiap kemasan obat yang Anda beli terdapat anjuran berapa penggunaan setiap satu kali penggunaan kimiawi tersebut.

Pencegahan hama pada Tanamana Anggrek

Untuk Anda yang ingin mencegah hama secara ideal Anda bisa melakukan dengan cara menggunakan metode sanitasi, pencegahan sanitasi ini adalah fungsinya untuk mencabut AC atau memberikan perlindungan secara efektif kepada setiap tanaman anda.

Contohnya ama keong semisal biasanya kau yang bersembunyi di tempat yang kotor, kolong rak, sampah, atau pada gulma. Bersihkan secara berkala agar tidak ditempati untuk beberapa hewan atau sesuatu yang bisa mengundang hama.

Beberapa jenis sama berikut yang biasanya menjangkit tanaman anggrek anda. Tidak semua jenis anggrek bisa begitu saja sangat mudah di hinggapi oleh hama, namun idealnya anda perlu mengetahui beberapa jenis akar tanaman anggrek anda tetap bisa tumbuh optimal dengan tidak terjangkitnya hama pada anggrek.

Jenis Hama Anggrek yang Sering Menjangkit

  • Hama Tips
Berikut merupakan salah satu jenis hama yang menyerang tanaman hias anggrek, serangan hama trips biasanya berdampak pada anggrek secara berkala secara bertahap biasanya akan terjadi gangguan pada pertumbuhan.

Beberapa anggrek yang terserang jenis hama ini daunnya akan berubah bentuk dan berubah warna, standartnya bentuk daun yang awalnya lurus setelah terkena hama thrips bentuknya akan berubah menjadi keriting.
  • Hama Tungau
Ama yang dengan nama bahasa latin mites, ini adalah jenis hama yang sering menyerang tanaman hias. Tidak hanya anggrek biasanya beberapa tanaman akan sangat sensitif dan mudah terkena jenis hama ini.

Mama ini biasanya mudah dideteksi karena hama ini biasanya menjangkit pada bagian daun tanaman, hama ini berbahaya pada pertumbuhan karena jenis hama ini akan menyedot air pada setiap tumbuhan yang terkena hama tungau.

Jika Anda membiarkan dan terlambat mengendalikan hama jenis tungau ini, akan berakibat fatal dan anggrek anda akan mati, cara pengendalian hama ini anda bisa menggunakan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida terhadap anggrek yang sudah terkena hama tungau.
  • Hama perisai
Kutu perisai termasuk jenis hama kutu yang menyerang anggrek, biasanya kutu ini menyerang pada bagian bawah dari daun. Gejala daun yang terkena kutu perisai biasanya akan Melayu yang warnanya dari hijau akan berubah menjadi kuning kecoklatan dan jika dibiarkan akan berakibat pada keringnya daun.

Apabila jenis hama kutu perisai ini sudah meng hinggap pada tanaman anggrek anda, idealnya anda segera mengendalikan jenis hama ini dengan cara menyemprotkan cairan insektisida. Cara penyemprotan nya anda bisa dengan cara perlahan karena anda harus memastikan cairan insektisida nya terkena bagian bawah dari setiap daun yang terkena hama.

Itulah sedikit tips dari kami Bagaimana cara membasmi hama anggrek yang anda miliki, anda bisa mencoba di rumah dan memastikan tumbuhan atau tanaman anggrek anda tetap sehat dan tetap menjadi keindahan di tanaman rumah Anda Selamat mencoba.

0 Response to "Jenis Hama Anggrek dan Cara Membasmi Hama Anggrek"

Posting Komentar