Begini Cara Menyambung Batang Alpukat Metode Stek

Pemilihan alpukat bukan sebagai salah satu buah untuk dibudidayakan dalam pekarangan kecil atau besar memerlukan sedikit keahlian khusus, agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa besar dan maksimal. Memilih alpukat yang bagus merupakan salah satu alternatif terbaik jika ingin mengembangkan kebun alpukat untuk skala lebih besar dan mendapatkan buah yang maksimal dan bagus.

Memulai menanam alpukat tidak semudah yang dibayangkan karena jika memilih bibit alpukat yang kualitasnya rendah maka akan mendapatkan buah dengan kualitas rendah pula, salah satu pilihan terbaik jika ingin mengembangkan alpukat dan mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan mencari bibit terbaik kemudian mengembangkannya dengan cara menyambung batang alpukat dengan metode stek.

Metode stek alpukat merupakan metode yang sangat familiar di Indonesia, pemilihan metode ini sebenarnya sudah banyak dilakukan pada pengembangan atau budidaya buah yang lain seperti metode stek buah mangga. Pemilihan metode stek ini merupakan salah satu cara terbaik agar mengetahui turunan atau jenis dari bibit alpukat yang unggulan.
Begini Cara Menyambung Batang Alpukat Metode Stek

Ada beberapa langkah sebelum mulai menyambung batang alpukat dengan cara stek agar mendapatkan hasil yang maksimal dan batangnya disambungkan akan tumbuh dengan bagus.

Beberapa metode tersebut telah dilakukan oleh banyak orang dan hal ini merupakan salah satu pengalaman pribadi kamu yang pernah dicoba dan metode ini memerlukan beberapa perhatian khusus sehingga bisa jadi yang dihasilkan berbeda namun secara dasar metode ini bisa diterapkan dengan cara yang lebih mudah.

Hal-hal yang perhatikan sebelum metode stek dilakukan

1. Pemilihan batang yang kokoh merupakan salah satu cara terbaik agar penyangga atau batang yang angkat dijadikan sebagai penopang dalam menyambung batang alpukat dengan stek bisa optimal.

2. Pemilihan batang dan pemberian daun paling tidak bisa dilakukan dan bisa disisakan 2/3 lembar daun. Metode ini dilakukan agar kebutuhan terhadap air tidak terlalu banyak dan agar penyerapan air bisa di optimalkan pada bagian dalam proses stek.

3. Pemilihan batang alpukat yang sudah pernah berbuah merupakan salah satu pilihan yang lebih tepat karena dengan seperti itu mengetahui bagian bawah akar dari turunan tersebut.

Langkah penyambungan batang alpukat dengan stek

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai menyambungkan atau stek kapan harus memilih keduanya secara maksimal.  Pemilihan tersebut merupakan langkah awal supaya tidak terjadi kekeringan dan kedepan batang stek tersebut bisa menyambung secara sempurna, beberapa hal berikut merupakan inti dasar sebelum melakukan stek sehingga pemilihan dan proses penyambungannya bisa optimal.

1. Pemilihan bibit atau batang yang akan digunakan untuk menyambung harus sehat dan memiliki banyak ranting serta cabang.

2. Pemilihan ranting dan cabang dengan besaran yang sama, tujuan utama dengan memilih besaran yang sama ini adalah agar pada saat proses penyambungan tidak berbanding terbalik karena akan mengakibatkan mudahnya patah antara batang dan ranting yang distek.

3. Pemotongan cabang dan batang yang akan di stek dengan metode pembentukan huruf M untuk batang bagian bawah dan V untuk cabang yang akan di sambungkan.

4. Langkah terakhir penyambungan batang dengan ranting tersebut harus diusahakan pada saat keduanya masih dalam kondisi basah. Kemudian langkah berikutnya adalah dengan mengikatnya dengan tali rafia atau dibungkus dengan plastik secara lebih rapat agar tidak mudah terkena embun atau air hujan.

Setelah melalui proses penyambungan secara optimal Anda bisa menunggunya beberapa minggu sehingga pada saat proses pertumbuhan dan penyambungan antara cabang dan pohon alpukat tersebut bisa maksimal. Pada saat berapa minggu kemudian Anda bisa membukanya dan melihat dari hasil stek tersebut Apakah sudah benar-benar sempurna dan menyambung dengan kuat.

Proses evaluasi stek pada alpukat

Dalam melakukan program pengembangan alpukat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal harus dilakukan evaluasi yang cukup rapat, tujuan melakukan evaluasi ini adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari pola kerja yang dilakukan sebelumnya.

Proses pengendalian atau evaluasi dari pekerjaan melakukan stek pada alpukat ini dilihat dari hasil stek yang telah dilakukan apakah sudah tumbuh secara optimal dan Apakah daun pada ranting yang disambungkan Apakah sudah tumbuh dengan bagus atau berbeda dari daun dari batang aslinya.

Itulah sedikit dari kami bagaimana cara melakukan pengembangan alpukat dengan metode stek yang bisa dilakukan oleh siapapun dan anda bisa mencobanya untuk mengembangkan budidaya alpukat di rumah Anda Selamat mencoba.

0 Response to "Begini Cara Menyambung Batang Alpukat Metode Stek"

Post a Comment