5 Cara Menanam Tanaman Hias Untuk Pemula Agar Tanaman Subur

Cara Menanam Tanaman Hias Untuk Pemula – Bagi kamu yang masih belum mengetahui bagai mana caranya untuk menanam tanaman hias, hal ini mungkin saja suatu hal yang memang terlihat sulit. Banyak sekali orang yang merasa enggan karena terlalu khawatir akan kerepotan dan juga tidak bisa merawat tanamannya dengan lebih baik.

Namun, tanaman hias merupakan salah satu dari ornamen rumah yang akan menghadirkan suasana asri dan juga sejuk di sekitarnya. Di perasaan setiap orang pastinya menginginkan rumahnya agar lebih nampak indah dan juga alami. Kesulitan pada aat menanam tanaman hias akan bisa terbayar lunas pada saat kita melihat indah dan rimbunnya kebun maupun halaman.

Cara Menanam Tanaman Hias Untuk Pemula Agar Subur

Bagaimana cara menanam tanaman hias untuk pemula?

1. Memilih Jenis Tanaman Hias

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mulai menanam tanaman hias? Tahap yang pertama pilihlah tanaman hias yang kamu sukai dan juga tanamanya cocok untuk diletakkan di depat halam rumah kamu.

Adapun jenis-jenis bunga maupun jenis tanaman hias yang cocok ditana di pekarangan rumah yaitu seperti bunga anggrek, bunga matahari, tanaman bonsai, tanaman monstera, tanaman begonia, tanaman sri rejeki, bunga bougenville, dan yang lain-lainnya.

Setelah kamu mengetahui jenis jenis tanaman yang tepat, barulah kamu bisa untuk memulai membudidayanya.

2. Menyiapkan Media Tanam dan Peralatannya

Media tanam yang biasanya dipakai untuk budidaya tanaman hias harus disesuaikan dengan jenis dari tanamannya, biasanya ada yang menggunakan arang sekam yang dicampur tanah serta dicampur dengan pupuk kompos, dan yang lain-lain.

Peralatan yang biasanya akan dibutuhkan untuk menanam tanaman hias yaitu pot yang disesuaikan dengan ukuran dari tanamannya, selang air, dan sekop. Pastikanlah kondisi dari tanahnya selalu stabil serta kelembabannya juga terjaga.

3. Tata Cara Penanaman

Untuk tanaman yang kamu mendapatkannya dari mulai bibit, ikutilah petunjuk petunjuk atau tata cara menanam tanaman hias yang sudah tertera di dalam kemasannya. Biasanya kamu harus menyemaikan terlebih dahulu benihnya sebelum kamu memindahkannya ke dalam media tanamnya.

Langkah langkah cara menanam bunga? Perhatikanlah hal hal berikut ini pada saat kamu menyemaikan bibit yaitu :

  • Pertama kamu jangan terlalu rapat menabur bibitnya
  • Sesuaikanlah sesuai dengan kebutuhan air. Jadi tanahnya jangan terlalu becek atau terlalu kering
  • Pastikanlah kebutuhan sinar matahari nya sudah tercukupi, namun tidak akan membuat bibitnya menjadi kering.

4. Pindahkan ke Media Tanam atau Pot

Selanjutnya, setelah bibitnya berhasil tumbuh menjadi tanaman dan juga mencapai batas tinggi tertentu, kamu bisa untuk langusng mulai memindahkannya ke dalam media tanam. Kamu bisa untuk menanamnya di dalam tanah dengan secara langsung ataupun dengan menggunakan pot.

Tepat setelah proses pemindahan tanamannya, segeralah kamu siram tanaman dengan air yang secukupnya saja. Jika memang diperlukan, tambahkanlah beberapa pupuk tanaman yang sesuai dengan takarannya. Pupuk akan berfungsi sebagai meningkatkan kesuburan dari tanaman.

5. Perawatan untuk tanaman hias

Setelah bibit tanaman hiasnya kamu pindahkan ke pot dan dapat hidup dengan baik, kamu bisa untuk melanjutkannya dengan cara perawatan intensif. Bagaimana cara merawat tanaman hias agar cantik dan indah?Perawatan agar bisa menjaga kelangsungan hidup dari tanaman hias yang kamu tanam ini antara lain:

  • Penyiraman rutin. Tanaman hias harus kamu siram secara rutin setiap hari untuk bisa menjaga kebutuhan air dari tanaman hias dalam berfotosintesis. Intensitas dari penyiraman ini juga harus disesuaikan dengan masing-masing dari jenis tanamannya.
  • Pemupukan. Pupuk diberikan untuk tanaman hias agar bisa membantu pertumbuhan tanaman hias kamu. Kamu bisa menggunakan pupuk kompos maupun menggunakan pupuk buatan dari pabrik sesuai dengan kebutuhan tanaman.
  • Pemberian pestisida dan insekstisida. Tanaman hias juga bisa terserang oleh hama dan juga penyakit, sehingga kamu harus memberikan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis dari hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman hias kamu tersebut.

Manfaat Budidaya Tanaman Hias

  • Menanam Tanaman Hias bisa memperindah lingkungan rumahmu
  • Tanaman hias bisa menggemburkan tanah
  • Menanam Tanaman Hias bisa hembantu penghijauan
  • Bisa mencegah terjadinya erosi
  • Budidaya tanaman hias bisa menjaga kualitas udara
  • Budidaya tanaman hias bisa menjadi peluang usaha

Demikianlah artikel mengenai Cara Menanam Tanaman Hias Untuk Pemula untuk budidaya tanaman hias. Tanaman hias mempunyai banyak sekali manfaat disamping dari nilai ekonomis dan juga estetikanya  yang tinggi, maka dari itulah tidak ada salahnya jika kamu mau mencoba untuk budidaya tanaman hias sendiri di rumah.