5 Metode Mudah Menanam Di Lahan Sempit, Cocok untuk Lahan Perkotaan

Eiji

Menanam di lahan sempit – Dengan adanya lahan hijau di dalam rumah kamu tentunya bisa membuat rumah kita menjadi lebih sejuk lagin dan kamu juga akan jauh lebih nyaman jika kamu sedang berada di rumah kamu. Selain tanaman bisa menjadikan rumah kita terlihat lebih asri dan juga hijau, kegiatan bertanam atau berkebun ini juga dapat menghindari kamu dari stres.

Namun dengan adanya keterbatasan ruang dan juga lahan yang menjadi salah satu penghalang besar bagi masyarakat di perkotaan seperti kamu untuk bisa melakukan kegiatan dalam bercocok tanam di halaman rumah. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, pada saat ini telah diciptakan berbagai macam metode menanam di lahan sempit.

Berikut ini merupakan beberapa cara cara untuk berkebun atau bercocok tanam untuk kamu yang mempunyai lahan yang sempit atau lahan yang terbatas. Metode menanam tanaman di lahan sempit ini setidaknya akan memberi kamu sebuah ide ide untuk memanfaatkan lahan kamu dengan lebih maksimal.

5 Metode Mudah Menanam Di Lahan Sempit

Bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah?

1. Metode Vertikultur

Vertikultur adalah sebuah teknik bercocok tanam di lahan sempit dengan menggunakan sebuah bidang yang vertikal untuk tempat bercocok tanamnya dan dilakukan dengan cara bertingkat. Vertikultur ini kedengarannya memang rumit, namun sebenarnya metode ini sangat mudah jika kita lakukan.

Tingkat kesulitannya tergantung model dan juga sistem tambahan dengan keterampilan nya yang khusus, contohnya saja dengan menggunakan irigasi tetes. Keunggulan dari metode vertikultur ini yaitu lebih efisiensi pada penggunaan lahannya, hemat pada saat penggunaan pupuk dan juga penggunaan pestisida, serta mudah dalam perawatan dan juga pemeliharaannya.

Baca Juga :  Pilihlah dengan Bijak! Jenis Tanaman untuk Pagar yang Membuat Taman Rumah Anda Eksklusif

2. Metode Tabulampot

Cara dalam memanfaatkan lahan sempit kota untuk berkebun yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode tabulampot. Tabulampot merupakan suatu singkatan yaitu tanaman buah dalam pot. Tentunya metode yang satu ini tidak asing lagi karena sudah sering digunakan dalam masyarakat yang di rumah mempunyai lahan sempit bukan hanya di kota besar namun di pedesaanjuga ada.

Media tanam yang biasanya digunakan untuk metode tambulampot ini yaitu tanah yang telah dicampuri dengan kompos dan juga arang sekam.

3. Metode Aeroponik

Cara menanam di lahan sempit yang berikutnya yaitu kamu bisa menggunakan metode aeroponik. Arti metode ini sendiri yaitu media tanam yang akarnya sendiri menggantung di udara, sehingga tidak menggunakan media tanah ataupun media lainnya.

Nutrisi yang diperlukan oleh metode satu ini yaitu zat hara yang nantinya akan disemprotkan langsung ke akar tanamannya. Kelebihan jika kamu menggunakan metode yang satu ini yaitu mempunyai kualitas tanaman yang lebih bagus, tanamannya yang lebih segar, aroma dan juga cita rasanya yang juga jauh lebih lezat jika dibandingkan dengan berkebun dengan menggunakan cara yang biasanya.

4. Memanfaatkan rooftop

Rooftop yang ada di lantai dua biasanya berbentuk seperti data yang bisa kamu manfaatkan sebagai lahan untuk bertanam. Bisa dengan menggunakan teknik hidroponik, polybag, maupun metode vertikultur. Rooftop ini juga bisa digunakan untuk menanam tanaman dengan ukuran yang kecil.

Sebelum kamu bertanam di lahan rooftop, pastikanlah konstruksi dari atap rumah kamu kuat karena akan digunakan cukup berat seperti tanah, air, tanaman, dan juga orang yang menanam di atas.

4. Menggunakan Polybag

Menanam dengan menggunakan polybag memang akan menghemat biaya karena alat yang dibutuhkanpun sangatlah sederhana. Selain bisa untuk menghemat biaya, polybag juga tidak memerlukan sebuah lahan yang luas untuk bisa bertanam. Tanaman yang biasanya ditanam di dalam polybag biasanya seperti tanaman cabe, tomat, seledri, dan lainnya.

Baca Juga :  Jenis Tanaman Kacang-Kacangan: Pelajari Syarat dan Ketentuan Penting Sebelum Bertanam

5. Metode Hidroponik

Hidroponik adalah salah satu alternatif menanam di lahan sempit oleh sebagian orang dan juga bagi kamu yang tidak mempunyai lahan cukup luas. Teknik menanam yang satu ini tidak menggunakan tanah yang bisa memberikan banyak keuntungan.

Menanam dengan menggunakan cara hidroponik ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu ramah lingkungan, hama dan penyakit tanaman bisa dikurangi, hemat air dan juga hemat pupuk, pertumbuhan tanamannya yang lebih cepat, kualitas dari tanaman yang terjaga dan lain lain.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang metode mananam tanaman di lahan yang sempit dan juga lahan terbatas yang bisa kamu pilih dan coba sesuai dengan kondisi dari lahan serta sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kamu.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags