Jenis Buah Hidroponik: Solusi Kreatif untuk Ketersediaan Buah Segar Sepanjang Tahun

Eiji

Jenis buah hidroponik – Buah-buahan merupakan salah satu dari sumber nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Namun, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian, ketersediaan dari buah-buahan segar kini semakin berkurang. Oleh karena itu lah, solusi baru telah ditemukan dalam bentuk hidroponik.

Hidroponik merupakan salah atau metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah yang memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan baik di lingkungan yang terkontrol. Teknik ini banyak sekali digunakan untuk menumbuhkan berbagai macam jenis buah-buahan, seperti strawberry, blueberry, jeruk, tomat, melon.  Pada artikel kali ini akan membahas berbagai macam jenis buah hidroponik.

Jenis Jenis Buah Hidroponik Yang Mudah Ditanam

1. Stroberi

Buah stroberi ini kaya dengan antioksidan dan juga bisa memperkuat daya tahan tubuh kita. Buah yang berwarna merah ini juga bagus untuk membantu kinta dalam menurunkan kolesterol, serta menurunkan tekanan darah tinggi lho. Nah, ternyata buah stroberi ini merupakan salah satu buah yang bisa ditanam secara hidroponik.

Hal ini di karenakan buah stroberi kondisinya baik jika tumbuh di dalam lingkungan yang basah. Buah stroberi yang dapat ditanam dengan secara hidroponik bahkan ukurannya bisa lebih besar jika dibandingkan dengan yang di tanah. Yu boleh dicoba.

2. Anggur

Produksi dari buah anggur hidroponik bukanlah konsep yang baru. Anggur sudah lama ditanam di dalam rumah kaca serta telah menghasilkan buah yang berkualitas tinggi dengan rasa dan juga aroma yang kuat serta buahnya yang manis.

Anggur meruakan salah satu tanaman buah yang merambat dan juga membutuhkan tali atau teralis untuk bisa menopang bobot dari buah yang sedang tumbuh. Sementara tanaman merambat ini sendiri dilatih dan juga diletakkan di atas dinding atau di atas penyangga untuk bisa memaksimalkan penggunaan dari ruang tanam.

Baca Juga :  Tips Terbaik Cara Menanam Jinten yang Wajib Anda Terapkan Mulai Sekarang

3. Blueberi

Buah blueberi merupakan buah yang kaya antioksidan. Buah ini juga mengandung sebuah vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk bisa tetap sehat. Selain dari banyak manfaatnya, ternyata blueberi ini juga buah yang cocok ditanam dengan secara hidroponik. Hal ini juga karena tanaman ini membutuhkan sebuah lingkungan yang asam.

Dengan menggunakan sistem hidroponik, kamu akan lebih mudah mengontrol kandungan pH dan juga nutrisi. Sehingga, buah tersebut akan tumbuh lebih besar dan juga sehat.

4. Semangka

Meskipun buah ini mempunyai ukurannya besar, semangka ini bisa juga ditanam secara hidroponik lho. Sediakan saja tempat untuk menanam yang cukup untuk membuat semangkanya semakin tumbuh besar. Syaratnya, tanaman semangka ini harus cukup cahaya dan juga penopang yang memadai.

5. Raspberries

Batang raspberry ini mempunyai batany yang tumbuh tegak. Mereka diikat dalam tempatnya dengan batang penghasil buah yang dapat dilatih pada posisinya dan juga dapat dipangkas agar kanopi tetap terbuka untuk pergerakan udara dan juga untuk pencegahan penyakit.

Raspberry ini dikategorikan menjadi dua jenis macam utama, yaitu Primocane yang merupakan sebuah tipe bantalan jatuh dan juga Floricane bantalan untuk musim panas. Untuk tanaman hidroponik, jenis primocane ini lebih  direkomendasikan karena dapat menghasilkan buah pada tahun pertama selama musim panen yang cukup panjang.

6. Melon

Tanaman melon ini juga merupakan jenis buah hidroponik semusim dengan mempunyai ciri ciri khas batang merambat. Jadi sebelum buah melon yang sudah kamu tanam semakin membesar, maka kamu harus menyediakan terlebih dahulu tempat rambatannya.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam perawatan melon hidroponik ini adalah memangkas tunas-tunas yang tidak perlu supaya tidak mengganggu dalam pertumbuhan dan juga pembesaran buah. Tumbuhan melon ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup subaya bisa menghasilkan buah yang berkualitas.

Baca Juga :  Cara Membuat Tanah Lebih Subur: Solusi Efisien untuk Kebun yang Berkualitas

Keuntungan Menanam Buah Hidroponik

Terdapat beberapa macam keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menanam buah hidroponik, antara lain:

  1. Tidak tergantung pada musim agar tumbuh
  2. Tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya
  3. Konsumsi air yang lebih sediki jika dibandingkan dengan tanah
  4. Menghasilkan buah buah yang lebih sehat
  5. Hasil yang lebih cepat untuk dipanen

Secara keseluruhan, menanam jenis buah hidroponik ini bisa menjadi yang semakin berkembang, diharapkan bisa semakin memudahkan dan meningkatkan produktivitas dalam menanam buah-buahan dengan secara hidroponik. Dengan demikianlah, kita bisa memperoleh buah-buahan yang segar sehat dan dapat diandalkan sepanjang tahun tanpa tergantung dengan musim atau cuaca. Mari kita terus mendukung pengembangan teknologi hidroponik dan juga memperkenalkan kebaikan kebaikan dalam menanam buah hidroponik kepada masyarakat lebih luas.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags