Jenis Tanaman Lidah Mertua yang Wajib Anda Kenali Sekarang Juga!

eiji


Dalam dunia Pertanian, Lidah mertua adalah tanaman hias yang populer di rumah dan kantor. Mereka dikenal dengan daun tegak dan berduri yang menyerupai lidah. Jenis Tanaman Lidah Mertua termasuk Sansevieria trifasciata, Sansevieria cylindrica, dan Sansevieria boncellensis.

Jenis Tanaman Lidah Mertua
Jenis Tanaman Lidah Mertua

10 Jenis Tanaman Lidah Mertua

Terdapat berbagai jenis tanaman lidah mertua yang menarik untuk dikenali.

  • Sansevieria trifasciata
  • Sansevieria cylindrica
  • Sansevieria boncellensis
  • Sansevieria bacularis
  • Sansevieria ehrenbergii
  • Sansevieria francisii
  • Sansevieria kirkii
  • Sansevieria pinguicula
  • Sansevieria stuckyi
  • Sansevieria zeylanica

Ini adalah beberapa varietas tanaman lidah mertua yang menarik dan populer.

1 Sansevieria trifasciata

Sansevieria trifasciata – Tanaman ini dikenal dengan daunnya yang panjang, tegak, dan berwarna hijau gelap dengan corak horizontal berwarna putih. Ia dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang tidak ideal dan dapat membantu menyaring udara di dalam ruangan.

2 Sansevieria cylindrica

Sansevieria cylindrica – Tanaman ini memiliki daun yang silindris dan tegak, sering kali disebut sebagai “lidah mertua tabung”. Ia memiliki penampilan yang unik dan sering digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan.

3 Sansevieria boncellensis

Sansevieria boncellensis – Tanaman ini memiliki daun yang pendek dan tebal dengan pola dan warna yang menarik. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di taman atau pot gantung karena penampilannya yang menawan.

4 Sansevieria bacularis

Sansevieria bacularis – Tanaman ini memiliki daun yang panjang, pipih, dan tegak. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan karena penampilannya yang elegan dan kebutuhan perawatan yang rendah.

Baca Juga :  Inspirasi Unik: Jenis Tanaman Hias yang dapat hidup di Botol

5 Sansevieria ehrenbergii

Sansevieria ehrenbergii – Tanaman ini memiliki daun yang pendek dan lebar dengan warna hijau tua. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di taman atau ruang terbuka karena kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi panas dan kering.

6 Sansevieria francisii

Sansevieria francisii – Tanaman ini memiliki daun yang pendek dan berbentuk seperti pedang dengan warna hijau kebiruan. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan karena penampilannya yang menarik dan kebutuhan perawatan yang minimal.

7 Sansevieria kirkii

Sansevieria kirkii – Tanaman ini memiliki daun yang panjang, pipih, dan berwarna hijau gelap dengan pola bercak putih. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di taman atau dalam pot karena penampilannya yang indah dan kebutuhan perawatan yang rendah.

8 Sansevieria pinguicula

Sansevieria pinguicula – Tanaman ini memiliki daun yang pendek, lebar, dan tebal dengan warna hijau gelap. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau taman karena kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi lingkungan yang tidak ideal.

9 Sansevieria stuckyi

Sansevieria stuckyi – Tanaman ini memiliki daun yang panjang, tegak, dan berwarna hijau kebiruan dengan pola bercak putih. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan karena penampilannya yang menarik dan kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi lingkungan yang tidak ideal.

10 Sansevieria zeylanica

Sansevieria zeylanica – Tanaman ini memiliki daun yang panjang, lebar, dan berwarna hijau tua dengan garis-garis putih vertikal. Ia sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau taman karena penampilannya yang indah dan kemampuannya untuk bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa jenis tanaman lidah mertua yang menarik untuk dikenali.

Baca Juga :  Eksplorasi Tanaman Hias Merambat Unik yang Cocok untuk Dekorasi Dinding
Cara perawatan lidah mertua
Cara perawatan lidah mertua

Cara perawatan lidah mertua

Untuk merawat tanaman lidah mertua dengan baik, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Berikan air secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak agar tidak membusuk.
  • Letakkan daun ini di tempat yang terkena sinar matahari cukup, tetapi hindari paparan langsung terhadap sinar matahari yang terik.
  • Ganti pot dan tanah setiap dua tahun sekali untuk memastikan tanaman tetap sehat.
  • Bersihkan daun ini secara teratur dari debu menggunakan kain lembab untuk memungkinkan fotosintesis yang optimal.
  • Hindari suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, pertahankan suhu ruangan yang nyaman.
  • Beri pupuk secukupnya setiap bulan untuk membantu pertumbuhan daun ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menjaga tanaman lidah mertua Anda tetap sehat dan cantik.

 Manfaat sansivera bagi lingkungan
Manfaat sansivera bagi lingkungan

Manfaat sansivera bagi lingkungan

Tanaman sansivera tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi lingkungan sekitarnya:

  • Manfaatkan daun ini untuk membersihkan udara dari polusi udara seperti formaldehida dan benzene.
  • Manfaatkan manfaat ini untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, membuatnya lebih segar dan bersih untuk dihirup.
  • Manfaatkan manfaat ini sebagai tanaman penghasil oksigen yang membantu memperbaiki kualitas udara dan mengurangi dampak pemanasan global.
  • Manfaatkan daun ini juga sebagai tanaman yang tahan terhadap polusi udara dan debu, menjadikannya pilihan yang ideal untuk ruangan di perkotaan.
  • Manfaatkan manfaat ini untuk menyerap senyawa kimia berbahaya sehingga membuat lingkungan hidup lebih sehat untuk semua makhluk yang tinggal di sekitarnya.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, tanaman Jenis Tanaman Lidah Mertua dapat menjadi investasi yang baik untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Baca Juga :  Memahami Keindahan Jenis Bunga Wijaya Kusuma yang Wajib Diketahui!

Artikel Terkait

Bagikan: