Keindahan Menakjubkan 10 Tanaman Hias Merambat yang Belum Banyak Dikena

Eiji

apakah Anda mencari tanaman hias yang menarik dan unik untuk menghiasi rumah Anda? Jika iya, maka tanaman hias merambat mungkin menjadi pilihan yang tepat. Tanaman ini tidak hanya memberikan sentuhan hijau yang indah, tetapi juga menambahkan keindahan yang menakjubkan dengan cara merayap dan memanjat di sekitar ruangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh tanaman hias merambat yang belum banyak dikenal namun memiliki pesona yang luar biasa.

Tanaman Bintang (Jasminum polyanthum)

Tanaman bintang, juga dikenal sebagai melati putih, adalah tanaman merambat yang memancarkan aroma yang memikat. Bunga-bunga kecil berwarna putih dan harum mekar pada musim semi dan mengisi udara dengan wangi yang menyegarkan. Tanaman ini juga cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan dengan sinar matahari yang cukup.

 Kumis Kucing (Ceropegia woodii)

Kumis kucing, atau sering disebut dengan tanaman ranting hati, adalah tanaman hias merambat yang unik dengan daun berbentuk hati kecil dan batang yang panjang. Tanaman ini terkenal karena kemampuannya untuk bertahan hidup dalam kondisi cahaya yang rendah dan menjadi penyejuk udara alami di dalam ruangan.

Philodendron Biru (Philodendron ‘Atom’)

Philodendron biru adalah varietas langka dari keluarga philodendron yang memiliki daun berwarna hijau kebiruan yang menawan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur sebagai tanaman hias merambat di dinding atau rak tanaman. Philodendron biru juga cocok ditempatkan di dalam ruangan dengan cahaya yang terang namun tidak langsung.

Baca Juga :  Eksplorasi Keanekaragaman Jenis-Jenis Bunga Mawar di Daratan Indonesia: Asal Usul, Karakteristik, dan Keunikan

Ceropegia ampliata

Ceropegia ampliata, atau juga dikenal sebagai tanaman belalai gajah, adalah tanaman hias merambat yang memiliki bunga menakjubkan yang menyerupai belalai gajah. Bunga-bunga unik ini menjadikan tanaman ini pilihan yang menarik untuk menghiasi ruangan. Tanaman belalai gajah juga mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Rangoon Creeper (Quisqualis indica)

Rangoon Creeper adalah tanaman hias merambat yang memikat dengan bunga-bunga berwarna merah muda, putih, dan merah yang mekar secara bertahap. Tanaman ini juga memiliki aroma harum yang menyegarkan. Rangoon Creeper dapat ditanam di dalam pot besar atau ditempatkan di halaman sebagai penutup pagar yang indah.

Tanaman Lipstick (Aeschynanthus radicans)

Tanaman lipstick, juga dikenal sebagai tanaman leher kucing, memiliki bunga berbentuk tabung dengan warna merah yang mencolok. Tanaman ini memberikan aksen warna yang menarik dan keindahan yang luar biasa ketika merambat di sekitar tiang atau tali pengikat. Tanaman lipstick juga mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Pothos Hias (Epipremnum aureum)

Pothos hias adalah tanaman hias merambat yang populer dan mudah ditemui. Daun-daunnya berwarna hijau cerah dengan bercak-bercak kuning atau putih yang menarik. Tanaman ini dapat bertahan dalam berbagai kondisi cahaya dan dapat ditempatkan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Hoyas (Hoya spp.)

Hoyas adalah kelompok tanaman hias merambat yang terkenal dengan bunga-bunga indah berbentuk bintang. Tanaman ini datang dalam berbagai varietas dan warna, termasuk putih, merah muda, dan ungu. Hoyas juga memiliki aroma harum yang menenangkan dan menjadi pilihan yang sempurna untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman String of Pearls (Senecio rowleyanus)

Tanaman string of pearls adalah tanaman hias merambat yang memiliki daun bulat kecil yang menyerupai mutiara. Tanaman ini menciptakan tampilan yang unik dan menarik ketika ditempatkan di dalam pot gantung atau digantung di dinding. Tanaman string of pearls juga tahan terhadap kekeringan ringan dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Kabupaten Morowali Utara

Passion Flower (Passiflora spp.)

Passion flower adalah tanaman hias merambat yang memukau dengan bunga-bunga yang rumit dan berwarna-warni. Bunga-bunga ini menarik perhatian burung dan serangga penyerbuk, sehingga menjadi pemandangan yang menakjubkan di halaman Anda. Passion flower juga memiliki buah yang lezat dan dapat dinikmati.

Bagaimana Merawat Tanaman Hias Merambat

Untuk merawat tanaman hias merambat dengan baik, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Berikan cahaya yang cukup: Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa tanaman merambat lebih suka cahaya matahari langsung, sementara yang lain lebih cocok dengan cahaya redup.
  2. Air secukupnya: Jaga agar tanah tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah. Beri air secara teratur namun hindari genangan air yang berlebihan.
  3. Berikan dukungan: Tanaman hias merambat membutuhkan dukungan untuk merayap dan memanjat. Berikan tiang atau jaring sebagai dukungan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  4. Pemupukan: Berikan pupuk sesuai dengan petunjuk pada kemasan untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tanaman.
  5. Perhatikan penyakit dan hama: Periksa tanaman secara teratur untuk tanda-tanda penyakit atau serangan hama. Jika ditemukan, lakukan tindakan yang tepat untuk mengendalikannya.

Dengan memilih tanaman hias merambat yang belum banyak dikenal, Anda dapat menambahkan keindahan dan pesona yang unik pada rumah atau ruangan Anda. Mulailah dengan tanaman bintang yang harum, kumis kucing yang menawan, atau philodendron biru yang langka. Eksplorasi tanaman hias merambat lainnya seperti Ceropegia ampliata, Rangoon Creeper, dan Tanaman Lipstick untuk memberikan sentuhan alami yang menakjubkan pada dekorasi rumah Anda. Jangan lupa memberikan perawatan yang tepat agar tanaman hias merambat Anda tetap sehat dan indah.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags