Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian dan Perkebunan

Eiji

Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian – Indonesia dikenal sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai hasil pertanian yang sangatlah melimpah sehingga bisa untuk diekspor ke berbagai belahan negara lainnya di dunia. Lalu, apa sajakah komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian?

Apa arti dari kata komoditas?

Komoditas merupakan sebuah barang dagangan utama ataupun sebuah benda niaga. Komoditas juga bisa untuk diartikan sebagai bahan mentah yang bisa digolongkan dengan menurut mutunya dan sesuai dengan standar perdagangan internasional, misalnya seperti gandum, karet,  dan kopi.

Pemerintah Indonesia sering sekali melakukan kegiatan ekspor berbagai macam komoditas, termasuk juga dari hasil pertanian lho. Adapun berikut ini komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian yaitu sebagai berikut.

Komoditas Ekspor Indonesia Bidang Pertanian

Apa komoditas ekspor Indonesia yang berasal dari hasil pertanian?

1. Padi atau Beras

Ada kurang lebih 744 juta ton beras yang berhasil diproduksi di dunia, dan hampir 10 persen diantara itu merupakan hasil berasal dari negara Indonesia. Meskipun seperti itu, kapasitas produksi beras pada saat ini hanya bisa untuk muncukupi kebutuhan di dalam negeri saja.

Sehingga pemerintah harus meningkatkan kapasitas dari produksinya, misalnya saja yaitu dengan cara membuka lahan lahan yang baru dan mengembangkan varian padi yang jauh lebih baik dan juga efektif.

2. Biji Kopi

Indonesia ini dikenal sebagai salah satu dari negara ketiga di dunia yang telah berhasil memproduksi biji kopi terbesar setelah negara Brazil dan juga Vietnam.

Tetapi, indonesia hanya masih memproduksi sebatas 800 kg saja per hektar. Jika negara kita ini dibandingkan dengan Brazil yang bisa mencapai 2.000 kg per hektar dan juga Vietnam 1.500 kg per hektarnya.

Baca Juga :  Eksplorasi Fakta Menarik Pertanian di Jepang: Peluang Baru untuk Anda!

3. Tembakau

Ada beberapa negara yang pada sampai saat ini masih mengimpor tembakau dari Indonesia. Diantara yaitu negara negara pengimpor yang terbesar duniaa yang sangat berpengaruh yaitu, negara Belgia sebanyak 992.7 ton, Amerika 2.827.3 ton, Belanda, Srilanka 1.086 ton, dan juga negara Republik Dominika sebanyak 753.3 ton.

4. Rumput Laut dan Ganggang

Selanjutnya yaitu ada rumput laut dan juga jenis ganggang ini juga menjadi salah satu dari hasil pertanian yang biasanya diekspor oleh negara Indonesia. Tetapi dengan demikian, permintaan pasarnya yang biasanya fluktuatif dan naik turun.

Negara yang paling banyak mengimpor rumput laut dari Indonesia adalah China sebanyak 148.452 ton.

5. Karet

Tahukah kamu bahwa karet ini merupakan salah satu produk ekspor yang telah mendominasi pasar global dari negara Indonesia. Bahkan komoditas ini juga menjadi nomor dua setelah negara Thailand yang memang mampu untuk mendominasi pasar dunia.

Adapun daerah dari negara Indonesia yang sangat banyak menghasilkan karet yaitu di daerah Kalimantan serta daerah Sumatera.

6. kakao

Kakao ini merupakan hasil pertanian andalan dari daerah Sulawesi dan Sumatera ini juga menjadi salah satu komoditas ekspor yang mendominasi pasar global dunia.

Bahkan komoditas dari tanaman kakao ini menempati urutan yang ketiga di dunia. Beberapa macam negara negara tujuan ekspor kakao yang diantaranya negara Malaysia, Amerika Serikat, India, Tiongkok dan serta Belanda.

7. Parong

Inisiatif dari para petani untuk membudidayakan tanaman porang pada akhir akhir ini bukan karena tanpa adanya alasan. Tahukah kamu bahwa saat kini tanaman porang menjadi salah satu produk hasil pertananian unggulan dan juga banyak diekspor ke luar negeri.

Nilai jualnya yang lumayan tinggi tentunya membuat banyak para petani berbondong-bondong untuk menanam tanaman porang di lahan mereka.

Baca Juga :  Jenis Bunga Melati yang Harus Anda Tanam di Taman Anda Sekarang Juga!

8. Tanaman Hias

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara Indonesia juga menjadi salah satu negara yang kaya sekali akan komoditas tanaman hiasnya.

Setidaknya ada kurang lebih173 jenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan sangat baik di negara Indonesia. Beberapa contoh yaitu bunga aglonema, tilansia, sain polia, dan juga caloncoe yang berhasil diekspor ke negara Eropa.

9. Kelapa Sawit

Apa komoditas pertanian Indonesia yang terkenal? Kelapa sawit ini merupakan salah satu komoditas ekspor yang paling terkenal di Indonesia yang berasal dari hasil pertanian.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa Indonesia pada saat ini telah mendominasi pasar minyak sawit se dunia. Alasannya yaitu, Indonesia mampu untuk memproduksi minyak sawit bahkan hingga 31 juta ton per tahunnya lho.

Nah, itulah tadi artikel mengenai informasi mengenai Komoditas Ekspor Indonesia yang Berasal dari Hasil Pertanian dan perkebunan yang juga telah termasuk ke dalam daftar komoditas ekspor yang utama utama di negara Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman atau keluargamu.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags