Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman sebagai Penambah Pertumbuhan dan Kesehatan Tanaman

Eiji

Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman – Salah satu bahan kimia yang terdiri dari atom yang hampir sama dengan air (H2O) yaitu Hidrogen peroksida yaitu. Perbedaannya sendiri yaitu terletak di dalam satu atom oksigen tambahan. Apa nama lain hidrogen peroksida? Nah, oksigen yang terdapat dalam hidrogen peroksida (H2O2) inilah yang akan membawa sifat yang sangat menguntungkan untuk sebuah tanaman.

Yaa, selama kandungannya yang cukup encer, dengan sekitar 3 persen sampai dengan 35 persen (harus benar saat pemakaiannya), hidrogen peroksida yang satu ini aman banget untuk tanaman, kok. Ya setidaknya terdapat sekitar lima macam manfaat yang bisa tanaman rasakan ketika kammu menggunakan hidrogen peroksida, seperti yang ada di dalam artikel di bawah ini. Mari kita simak langsung manfaatnya!

Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman

Apa fungsi hidrogen peroksida untuk tanaman?
1. Pencegahan

Pada saat proses penyiraman tanaman yang berlebihan biasanya akan menyebabkan berkurangnya suplai oksigen ke dalam akar. Setelah sekitar 24 jam tidak terpapar oleh oksigen, akar dari tanaman pun akan busuk dan juga mati. Jika Property Seekers ini tidak sengaja untuk melakukan hal yang demikian, siramlah tanamannya tersebut dengan sekitar 3% senyawa H2O2 dan juga ditambah dengan air sebanyak 1 kuart sekitar 1,13 liter.

Oksigen yang terdapat di dalam campuran tersebut bisa untuk memberikan suplay suplai yang sangatlah cukup supaya bisa membuat akar tanaman kamu tetap bertahan. Setelah proses penyelamatan ini selesai, jangan lupa untuk siram tanaman hingga permukaannya mengering sampai dengan kedalama 2 CM.

Baca Juga :  Pupuk Cair vs. Pupuk Granular Memahami Kelebihan dan Kekurangan Kedua Bentuk Pupuk
2. Menjauhkan Serangga

Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman yang selanjutnya yaitu berfungsi sebagai pestisida alias sebagai pembasmi serangga di tanaman. Property Seekers ini akan cukup membuat cairan semprotan H2O2 dengan kandungan sebanyak 3% dengan perbandingan sebesar 1:1.

Campuran yang akan disemprotkan pada tanaman bisa untuk membunuh serangga dan juga telur telurnya. Bakteri yang biasanya menempel di dalam tanaman berupa buah dan juga sayuran pun akan musnah dengan seketika.

3. Mengusir Jamur Tanaman

Apakah hidrogen peroksida bisa membunuh jamur?

Hidrogen Peroksida juga mempunyai fungsi oksidasi yang bisa mempunyai efek fatal bagi jamur jamur. Itulah sebabnya sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan ini untuk bisa menjaga kondisi dari tanaman. Buatlah campuran air dengan sebanyak 1 liter dan lalu kamu campur dengan cairan hidrogen peroksida yang berkadar sebesar 3-6%.

Gunakanlah cairan tersebut yaitu dengan cara menyemportkannya ke bagian tanaman yang terkena jamur. Semprotrkan setiap hari sampai jamur yang ada pada tanaman akan menghilang.

4. Mempercepat Pertembuhan Tunas

Kamu bisa langsung memanfaatkan hidrogen peroksida ini untuk mempercepat munculnya tunas tunas baru dari bibitnya. Cairan ini juga akan bisa membuat permukaan dari luar bibit bibitnya akan menjadi lembut dan juga akan membunuh patogen patogen sehingga tunasnya akan segera tumbuh.

Caranya mudah yaitu, rendamlah bibit dengan sebanyak 3% senyawa H2O2 hingga sekitar 30 menit an, cuci lah sampai bersih dengan air, lalu langsung tanamkan ke dalam media tanam seperti biasanya.

5. H2O2 Dapat Bermanfaat Sebagai Pupuk

Selain Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman sebagai mencegah kebusukan akar, H2Opun bisa untuk digunakan sebagai pupuk yang bisa memperkuat sistem akar pada sebuah tanaman. Senyawa yang satu ini juga akan mempunyai ekstra oksigen yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan senyawa air.

Baca Juga :  Revolusi Pupuk Kompos Membangun Pertanian Berkelanjutan dengan Limbah Organik

Caranya mudah yaitu, pertam cukup campurkanlah satu sendok teh cairan hidrogen dengan mempunyai kadar sebanyak 3% dicampur dengan sebanyak satu galon air bersih. Pastikanlah kamu jangan menggunakan cairan yang kadarnya melebihi dari 3%, karena kandungannya yang lebih pekat bisa membunuh tanamannya dengan sangat cepat.

6. Meningkatkan hasil panen teknik hidroponik atau akuaponik

Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman juga bisa untuk meningkatkan kesuburan dalam sistem hidroponik ataupun akuaponik. Hidroponik ini merupakan tanaman dengan menggunakan media tanam yang berupa air, Apa yang dimaksud sistem aquaponik? sedangkan akuaponik adalah gabungan dari hidroponik dan juga akuakultur (memelihara ikan).

Meski hidrogen proksida ini terlihat cukup ramah lingkungan, tapi sistem tanamnya ini tetap mempunyai masalah dengan hasil panennya yang tidaklah memuaskan. Untuk bisa mengatasi hal hal tersebut, kamu harus memerlukan tambahan hidrogen peroksida di dalam air yang akan mendukung hidroponik ataupun akuaponik tetap bisa teroksigenasi.

Secara keseluruhan, hidrogen peroksida ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk tanaman. Dari meningkatkan resistensi terhadap serangan hama dan juga penyakit, zat ini juga bisa menjadi tambahan yang mungkin berharga untuk upaya peningkatan pertanian. Dengan demikianlah, Manfaat Hidrogen Peroksida Untuk Tanaman bisa menjadi alternatif dan efektif untuk meningkatkan produktivitas dan juga kualitas tanaman dengan secara alami.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags