Mengenal AQUAPONIK dan Cara Membuat Aquaponik Sederhana

Cara membuat aquaponik sederhanaJelaskan apa yang dimaksud dengan aquaponik itu? Aquaponik adalah salah satu sistem pertanian modern yang akhir akhir ini sedang diminati. Cara dalam pembuatannya juga cukup mudah untuk dicoba di rumah . Sistem pertanian ini juga merupakan sebuah kombinasi dari akuakultur dan juga sistem hidroponik.

Kamu bisa untuk memelihara ikan didalam kolam dan juga bisa menanam sayuran hidroponik di atasnya. Sistem pertanian yang satu ini sepenuhnya didasarkan pada sebuah siklus nitrogen. Ketika ikan nya menghasilkan limbah (amonia), bakterinya akan langsung memecahnya menjadi nitrat.

Siklus nya ini terus dilakukan berulang, dengan ikan yang akan memberikan nutrisi untuk bakteri. Nantinya, bakteri tersebut akan memecah kotoran ikan dan akan memberi makanan tanamannya, lalu tanaman tersebut akan membersihkan air yang nantinya kembali ke ikan.

Cara Membuat Aquaponik Sederhana

Langkah langkah membuat aquaponik?

1. Cara Membuat Aquaponik dari Botol Bekas 

Cara untuk membuat sistem pertanian aquaponik dari botol bekas ini sangat mudah dan juga murah karen ahanya memanfaatkan barang barang bekas saja. Alat dan bahan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat aquaponik?

Peralatan yang Harus Disiapkan 

  • 1 buah botol bekas minuman
  • Sepotong kain bekas sebagai alat untuk menyalurkan air
  • Cutter/gunting/pisau
  • Air bersih kurang lebih 1 liter
  • Nutrisi A dan B khususnya untuk tanaman aquaponiknya
  • Arang sekam sebagai media tanam aquaponik
  • Bibit dari tumbuhan yang kamu akan tanam

Langkah Membuat Aquaponik dari Botol Bekas

  1. Langkah pertama siapkan botol plastik lalu potong dengan cutter ataupun dengan pisau menjadi dua bagian sama.
  2. Selanjutnya, Buatlah lubang kecil pada penutupnya dengan menggunakan cutter.
  3. Masukkanlah potongan kain bekas tadi ke dalam lubang tutup botol tesebut. Pastikanlah kainnya tersebut sama panjang pada kedua belah sisinya.  Kamu bisa untuk memilih kain apapun saja untuk ditaruh, yang paling penting yaitu kainnya bisa untuk menyerap air dengan baik.
  4. Setelah proses ini selesai, selanjutnya kamu pasang kembali tutup botol ke botolnya
  5. Selanjutnya kamu tuangkan nutrisi A dan nutrisi B ke dalam air yang sudah disiapkan tadi. Perbandingan 2:1, kamu bisa untuk memperkirakannya sendiri, lalu aduk.
  6. Amil potongan botol bekas pada bagian bawah tadi, jangan lupa untuk dibersihkan terlebih dulu. Kemudian kamu tuangkan air dan nutrisi tadi ke tanaman ke dalam potongan botol bekas bagian bawah tadi.
  7. Setelah itu kamu ambil lagi potongan botol bekas bagian atas tadi yang sudah dipasangi dengan kain bekas, masukkanlah arang sekam secukupnya.
  8. Tahap yang berikutnya yaitu kamu tinggal menaruh bagian botol yang atas tersebut terendam ke dalam campuran airnya tadi.
  9. Kemudiang tinggal masukan bibit tanaman aquaponik yang sudah disiapkan pada sejak awal tadi, selesai.
2. Cara Membuat Akuaponik Sederhana dengan Model Deep Flow Technique

Persiapan Alat dan Bahan Akuaponik

  • Kolam ikan minimal ukuran sebesar 1 x 2 meter
  • Pipa untuk instalasi air nya
  • Mesin untuk pompa air
  • Bibit ikan yang berukuran sedang agar bisa lebih cepat dipanen
  • Bibit tanaman yang berkualitas yang siap tanam
  • Netpot
  • Air

Langkah Membuat Akuaponik Sederhana Model Deep Flow Technique

  1. Langkah yang pertama yang harus untuk kamu lakukan untuk membuat sistem akuaponik model Deep Flow Technique yaitu dengan membuat instalasi air terlebih dahulu.
  2. Siapkanlah 10 pipa dengan berdiameter 2,5 inci untuk bisa membuat instalasi air nya yang akan kita pasang pada bagian atas dan juga tengahnya.
  3. Buatlah 12 lubang di bagian masing-masing pipanya
  4. Kemudian kamu pasang instalasi pipa bagian atas dan juga bagian tengah nya dengan jaraknya yang sekitar 60 cm, agar semua tanamannya bisa langsung mendapatkan sinar matahari dengan mempunyai kadar yang cukup
  5. Letakkanlah net pot yang sudah ditanami benih tanamannya di dalam bagian tengah dari bibir bibir kolam ikan yang berhubungan dengan sebuah pipa pembuangan yang merupakan sistem instalasi air bagian atas dan juga tengah
  6. Mulailah untuk mengalirkan airnya dengan menggunakan pompa air, setelah semua instalasi air dan net potnya sudah terpasang dengan rapih.

Tips Merawat Aquaponik

  • Jagalah Kualitas Airnya
  • Janganlah Terlalu Banyak untuk Memelihara Ikan
  • Hindarkan Tanaman yang nantinya akan Tumbuh Terlalu Lebat
  • Janganlah Terlalu Banyak untuk Memberi Makan Ikannya

Nah, itulah tadi cara membuat aquaponik sederhana, ternyata langkah langkahnya memang mudah sekali, bisa untuk dilakukan dengan bersama keluarga kita di rumah. Jangan lupa untuk membaca artikel artikel di blog bertanam ini untuk mendapatkan berita, tips, atau pun panduan panduan yang menarik mengenai pertanian.