Mengenal Pengertian, Jenis Tanaman HORTIKULTURA dan Fungsinya

Eiji

Jenis tanaman hortikultura – Pernahkah kamu mendengar istilah tentang hortikultura atau horticulture? Mungkin saja istilah tersebut sudah pernah terdengar di telinga kamu. Meski pun seperti itu, ada juga orang yang belum mengetahui nya.

Biasanya pada saat kamu sedang berbelanja di pasar maupun belanja di supermarket lalu kamu membeli sejumlah sayur sayuran ataupun buah-buahan, nah pada saat itulah kamu akan mengonsumsi produk produk horticulture lho.

Supaya kamu tidak penasaran lagi mengenai hortikultura pada kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa tanaman horticulture dan juga beserta apa jenis-jenis tanamannya dan juga apa manfaatnya bagi kita semua. Maka dari itu, simaklah pembahasan artikel ini sampai akhir!

Tanaman hortikultura itu apa?

Hortikultura adalah sebuah cabang dari pertanian tanaman yang biasanya berhubungan dengan tanaman di pekarangan. Jenis pada umumnya yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga tanaman hias.

Untuk yang lebih spesifiknya lagi, tanaman hortikultura ini biasanya berfokus pada penanaman tanaman buah (pomologi/frutikultura), penanaman tanaman bunga (florikultura), penananaman tanaman sayuran (olerikultura), maupun penanaman tanaman obat (biopharmaca), dan juga taman (lansekap).

Lalu jika kita melihat dari segi jenisnya, tanaman hortikultura ini juga bisa untuk kita kembangkan dengan secara masif yaitu dengan mulai dari jenis tanaman buah-buahan, sayuran, bunga maupun juga jenis tanaman hias, dan bahkan juga biofarmaka atau disebut juga tanaman obat.

Apa saja ciri ciri tanaman hortikultura?

Ciriciri tanaman hortikultura

Ciri dari tanaman hortikultura antara lain:

  • Butuh modal cukup besar.
  • Jenis atau macam biasanya meliputi: buah-buahan, sayuran, dan juga tanaman hias.
  • Bisa untuk dikonsumsi dalam keadaan segar.
  • Tanaman ini bersifat mudah rusak (perishable).
  • Bisa untuk memberi kepuasan dari segi estetika.
Baca Juga :  Tips Penting untuk Pertumbuhan Durian: Cara Mengatasi Bunga Durian yang Rontok

Jenis hortikultura apa saja?

Jenis jenis tanaman Hortikultura

1. Tanaman Hortikultura Sayuran

Jenis tanaman yang satu ini biasanya bisa dijumpai pada sekitar pekarangan rumah. Sayuran adalah tanaman yang bis untuk dibudidayakan setiap saat tanpa harus melihat musim dahulu. Ada 2 macam jenis tanaman sayuran yang perlu untuk kamu pahami.

Pertama yaitu ada tanaman sayuran tahunan atau tanaman yang bisa dipanen selama tanaman itu masih hidup. Contohnya tanaman petai, jengkol, melinjo, ubi termasuk juga singkong. Kedua, yaitu jenis tanaman sayuran musiman contohnya tanaman kangkung, bayam, wortel, dan juga kacang panjang.

2. Tanaman Hortikultura Obat

Jenis tanaman hortikultura obat/biofarmaka ini mempunyai banyak manfaat dan juga sudah lama digunakan masyarakat. Fungsinya darti tanaman obat ini yaitu pastinya sebagai bahan pembuat obat-obatan herbal dan bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Contohnya saja pada tanaman seperti jahe, lengkuas, temulawak, dan juga kayu manis.

3. Tanaman Hortikultura Buah

Jenis tanaman hortikultura yang selanjutnya ada tanaman buah-buahan. Ada berbagai macam tanaman buah buahan yang hanya berbuah dalam satu kali dalam masa tanam dan juga ada buah yang berbuah berkali-kali.

Untuk buah buahan yang musiman contohnya ada tanaman rambutan, dan yang berbuah berkali-kali selama ditanam yaitu ada tanaman pisang dll.

4. Tanaman Hortikultura Bunga

Tanaman bunga juga biasa digunakan sebagai tanaman hias. Varietas yang biasanya ditanam dalam tanah langsung contohnya seperti tanaman melati, anggrek, kenanga hingga bunga kamboja.

Pada umumnya, jenis tanaman hortikultura bunga ini sengaja untuk dikoleksi oleh masyarakat digunakan untuk mempercantik tampilan dalam dan juga dari luar rumah dan juga bisa untuk menambah nilai estetika rumah.

Apa fungsi utama tanaman hortikultura?

Baca Juga :  Inilah Jenis Media Tanam Hidroponik yang Akan Meningkatkan Hasil Panen Anda

Fungsi Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura ini tentunya mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dan juga mempunyai potensi pasar yang cukup tinggi baik itu pada pasar dalam negri meupun di luar negri.

Ada Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menanam tanaman hortikultura contohnya seperti:

  • Berfungsi sebagai penyedia pangan, yaitu berfungsi seperti sebagai penyedia vitamin, serat, mineral, dan juga sebagai senyawa yang lainnya untuk bisa memenuhi gizi.
  • Bermanfaat sebagai fungsi ekonomi, tanaman hortikultura tentuntunya mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para petani, pedagang, dan yang lain-lain.
  • Banyak sekali jenis tanaman hortikultura yang tertentu yang bisa untuk digunakan sebagai pebcegah dan mengobati berbagai macam jenis penyakit.
  • Tanaman hortikultura hias bisa untuk digunakan sebagai unsur unsur keindahan dan juga kenyamanan bagi lingkungan.

Nah, itulah tadi tentang pengertian dan jenis tanaman hortikultura, yang sudah dilengkapi dengan jenis fungdi dan juga contohnya. Semoga penjelasannya dalam artikrl ini bisa untuk kamu pahami, jangan lupa untuk menshare artikel ini ke teman, keluarga dan media sosial mu.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags