Menumbuhkan Tanaman dengan Hidrogel: Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam dengan Hidrogel

Eiji

Tanaman yang cocok ditanam dengan hidrogelApa itu media tanam hidrogel? Hidrogel terbuat dari apa? Hidrogel merupakan polimer superabsorben yang dapat menyerap dan juga menahan air dalam jumlah besar. Hal inilah yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan di dalam pertanian modern. Dalam hal ini, hidrogel bisa dimanfaatkan untuk menambah kelembaban tanah dan juga meningkatkan kemampuan penyimpanan air tanah.

Ada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan air yang lebih banyak daag ju dapat tumbuh dengan baik dengan menggunakan hidrogel. Tanaman seperti sayuran, buah-buahan, dan juga tanaman hias lainnya bisa tumbuh dengan baik dengan menggunakan hidrogel. Penggunaan hidrogel di dalam pertanian juga bisa untuk meningkatkan produktivitas dan juga kualitas tanaman.

Tanaman yang Cocok Ditanam dengan Hidrogel

Tanaman apa saja yang cocok dengan hidrogel? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis tanaman yang cocok ditanam dengan media tanam hidrogel.

1. Heart-leaf philodendron.

Tanaman yang satu ini memang paling sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan ataupun di luar ruangan seperti taman. Untuk bisa menanam tanaman heart-leaf philodendron ini perlu untuk diperhatikan lagi karena mempunyai beberapa jenis.

Ada tanaman heart-leaf philodendron yang besar dan juga tinggi, dan juga ada yang bentuknya kecil, akan tapi dia merambat.

2. Kuping gajah (Anthurium)

Samap seperti halnya tanaman yang lain yang mempunyai berbagai macam jenis, kuping gajah juga mempunyai beberapa macam tipe. Terdapat kuping gajah yang mempunyai daun yang sangat lebar dan ada juga kuping gajah yang berdaun kecil.

Jenis kuping gajah yang satu ini sangat cocok sekali untuk ditanam dengan hidrogel yaitu tanaman kuping gajah yang berdaun kecil dan juga mempunyai bunga.

Baca Juga :  Cara Menanam Kentang Hidroponik Panduan Lengkap untuk Pemula

3. Sri rejeki (Aglonema).

Aglonema ini sekarang sangat populer di Indonesia dan juga mempunyai lebih dari 30 macam jenisnya. Aglonema ini sangat cocok untuk ditanam bagi kamu para pemula yang baru ingin mencoba untuk merawat tanaman.

Alasannya yaitu karena tanaman aglonema mampu tumbuh dalam berbagai macam kondisi ruangan. Bahkan, tanaman yang satu ini juga akan tetap hidup di dalam ruangan yang minim sinar cahaya matahari sekalipun.

4. Daun dollar.

Ciri khas unik yang dimiliki oleh tanaman daun dollar ini yaitu terdapat pada daunnya yang tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan memiliki jarak yang agak jauh. Daun dollar juga sangat cocok untuk ditanam dengan menggunakan hidrogel.

Alasannya yaitu karena tanaman ini bisa beradaptasi dengan suhu udara tropis hingga suhu udara sub tropis, serta mempunyai bentuk yang cantik cocok sekali digunakan sebagai tanaman hias.

5. Lidah Mertua

Jenis tanaman hidrogel yang selanjutnya yang bisa kamu simpan di dalam rumah yaitu tanaman lidah mertua. Pada dasarnya, tanaman yang satu ini cukup dikenal bandel dan juga bisa bertahan hidup bahkan di dalam rumah sekalipun. Dengan kamu menggunakan media tanam hidrogel ini, lidah mertua kamu bisa untuk bertahan hidup dengan jangka waktu yang cukup lama.

6. Bambu cina

Tanaman yang bernama bambu cina ini juga cukup populer di negara Indonesia dan biasanya tanaman ini ditanam dalam pot-pot di depan pekarangan rumah. Bentuk dari tanaman yang satu ini pun beragam, dari mulai yang disusun secara lurus hingga juga dibentuk seperti hati.

Bentuknya yang cukup unik dan juga kecil, serta perawatannya yang juga mudah akan cocok sekali ditanam dengan menggunakan hidrogel.

Baca Juga :  Cara Membuat Tanah Lebih Subur: Solusi Efisien untuk Kebun yang Berkualitas

7. Rumput Hias

Tanaman ini cocok sekali jika ditanam di dalam ruangan dan juga menggunakan media tanam hidrogel karena bisa mempercantik tampilan.  Sebelum kamu memilih rumput hias sebagai tanaman hias di dalam ruangan rumahmu, kamu juga perlu untul memperhatikan jenis-jenis rumput hias yang akan kamu tanam.

Mulai dari jenis yang berbatang tinggi dan juga mempunyai daun tipis-kecil, berdaun yang lebar dan juga berbatang pendek, serta ada juga yang berdaun warna ungu.

8. Daun Mutiara

Daun mutiara ini juga tidak akan tumbuh terlalu besar, sehingga dia sangat cocok sekali jika kamu simpan di dalam ruangan rumahmu. Dengan menggunakan hidrogel, tumbuhan dengan mempunyai nama latin bernaman Pilea Cadieri ini bisa sekali untuk hidup sehat.

9. Daun sirih merah.

Selain dari mempunyai bentuk yang cantik, daun sirih merah juga banyak dikenal mempunyai berbagai macam manfaat. Keuntungan jika kamu mempunyai sirih merah ini diantaranya yaitu bisa menjadi obat mimisan, sariawan, hingga untuk gusi berdarah.

Daun sirih merah ini sangat cocok sekali ditanam dengan hidrogel karena mempunyai bentuknya yang cantik dan uga mempunyai berbagai macam manfaat.

10. Sayuran

Tak hanya tanaman hias saja yang memang cocok ditanam dengan hidrogel, sayur-sayuran juga bisa untuk ditanam dan cocok dengan menggunakan media tanam tersebut. Tanaman seperti selada, kangkung, seledri, mint, dan juga rosemary bisa untuk dicoba untuk menggunakan media tanam hidrogel.

Di dalam pertanian modern, penggunaan hidrogel menjadi solusi yang efektif untuk bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas dari tanaman. Beberapa jenis Tanaman yang cocok ditanam dengan hidrogel, kemampuannya dalam menyerap dan juga menahan air dalam jumlah besar, hidrogel bisa membantu meningkatkan kelembaban tanah dan juga memperpanjang waktu tumbuh tanaman. Dengan demikianlah, penggunaan hidrogel di dalam pertanian menjadi alternatif yang efektif dan juga ramah lingkungan untuk bisa meningkatkan hasil panen.

Baca Juga :  50 Produk Pertanian yang Bisa di Ekspor dari Bali

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags