10 Jenis Tanaman Pertanian yang Menguntungkan untuk Ditanam di Lahan Anda

Eiji

Tanaman pertanian yang menguntungkan – Tanaman pertanian mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai bahan pangan, tanaman pertanian juga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup signifikan. Berbagai macam jenis tanaman pertanian epunyai keuntungan masing-masing yang bisa dimanfaatkan oleh para petani.

Ada beberapa macam jenis tanaman pertanian yang cukup menguntungkan dan bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. cabai, tomat, tebu, dan juga padi merupakan salah satu tanaman pertanian yang cukup populer dan mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar.

Padi merupakan salah satu tanaman yang sering ditanam oleh para petani karena menjadi makanan pokok bagi masyarakat di indonesia. Sudah jelas sekali padi sangat menguntungkan bagi masyarakat ataupun bagi negara, karena dengan petani menanam lebih banyak padi, maka masyarakat tidak akan kekurangan bahan bahan pangan dan negara juga tidak perlu untuk impor beras.

2. Jagung manis

Tanaman yang menguntungkan bagi banyak pihak yang selanjutnya adalah jagung manis. Jagung manis ini bisa dijual dengan harga yang terbilang murah, lalu bisa dijual lagi dengan melalui proses pengolahan terlebih dahulu sehingga bisa menjadi makanan yang bernilai tinggi.

3. Bawang merah dan bawang putih

Bawang menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib dimiliki pastinya, kedua jenis bawang ini banyak sekali dicari oleh ibu rumah tangga. Hasil dari pertanian bawang yang paling banyak itu di daerah Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Selatan. Kedua tanaman ini bisa sangat menguntungkan jika kamu berhasil menanamnya.

Baca Juga :  Ciri Khas Pertanian Terpadu: Sistem Agroekologi Berkelanjutan untuk Masa Depan

4. Cabai merah

Tanaman yang satu ini juga sering ditemui di kawasan rumah biasanya ditana di dalam pot besar. Cabai merah ini adalah rempah penambah rasa pedas yang bisa ditanam di mana saja dan juga perawatannya yang cukup mudah.

Sebagian tanaman yang baru biasanya bisa dipanen dalam waktu yang cukup lama, namun jika petani menaman dengan dibarengi dengan tanaman yang bisa dipanen dalam jangka pendek lainnya, maka bertani bisa menjadi lebih menyenangkan.

5. Kacang tanah

Tanaman pertanian yang menguntungkan yang selanjutnya ini banyak diolah menjadi selai dan juga menjadi jenis tanaman yang mudah ditanam. Dari kulit kacang yang bisa dijadikan sebagai bahan pangan untuk hewan ternak, isi atau biji nya yang menandung banyak sekali gizi yang membuat para petani banyak sekali menanam kacang tanah.

6. Kacang panjang

Kacang panjang bisa dipanen hanya dalam 1 minggu saja, tanaman ini menjadi banyak incaran  orang orang terutama ibu rumah tangga untuk dibuat menjadi sup ataupun di tumis. Para petani bisa menggunakan air untuk bisa menopang kacang panjang pada saat proses penanamannya.

7. Tomat

Tomat merupakan buah yang banyak dicari di masyarakat, tomat juga sering ditanam oleh para petani. Pembudidayaannya juga tidak membutuhkan banyak waktu dan perawatannya juga cukup mudah lho. Tomat biasanya sijual dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga sangat menguntungkan bagi para petani karena hasil dari taninya yang laris.

8. Sawi

Tanaman yang menguntungkan dan mudah ditanam lainnya ada sawi. Memang betul tanaman sawi ini butuh suhu yang cocok agar bisa tumbuh. Biasanya sawi banyak dicari karena sering diolah menjadi salah satu makanan yang kaya serat dan pendamping nasi. Kandungan dari sawi yang bergizi banyak pun bisa dimanfaatkan untuk dibuat sup.

Baca Juga :  Tips Efektif dalam Menjaga Kesehatan Cabe Polybag Anda

9. Kangkung

Sayuran yang satu ini termasuk dalam jajaran tanaman yang bisa dipanen cepat hanya butuh waktu sekitar 3 minggu saja sejak penanaman biji. Kangkung ini bisa ditanam pada lahan yang sempit, sehingga banyak sekali orang yang menanamnya untuk dikosumsi sendiri.

10. Tebu

Yang terakhir ada kangkung sebagai salah satu tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai penambah rasa manis, tebu ini biasanya banyak ditanam oleh petani di berbagai macam daerah. Meskipun tanaman yang satu ini baru bisa dipanen dalam kurun waktu 11 – 12 bulan, namun tebu ini banyak diincar sebagai tanaman penambah rasa manis yang alami dan juga sebagai minuman yang lezat.

Dalam artikel ini, sudah dijelaskan tentang 10 jenis tanaman pertanian yang menguntungkan untuk ditanam di lahan pertanian. Setiap jenis dari tanaman mempunyai keuntungan yang berbeda-beda dan bisa untuk memberikan pendapatan yang signifikan bagi petani. Dengan kamu menanam jenis tanaman pertanian yang menguntungkan dan melakukan perawatan yang baik ini, diharapkan para petani bisa meraih keuntungan keuntungan yang lebih besar dan juga berkelanjutan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags