10 Tanaman Hias Pembawa Rezeki: Berkebun untuk Keberuntungan

Eiji

Dalam dunia pertanian, tanaman hias pembawa rezeki adalah tanaman-tanaman yang dikaitkan dengan keberuntungan dan sering ditanam untuk mendatangkan keberkahan. Berikut adalah 10 Tanaman Hias Pembawa rezeki:

10 Tanaman Hias Pembawa Rezeki

Di dunia pertanian, tanaman atau tanaman hias ini sering dikaitkan dengan keberuntungan dan diyakini membawa rezeki. Berikut penjelasan tentang masing-masing tanaman tersebut:

1. Pohon Uang (Crassula ovata)

Pohon Uang adalah tanaman hias berdaun tebal yang diyakini membawa keberuntungan dan kekayaan. Bentuk daunnya menyerupai koin, dan sering ditanam di rumah atau kantor untuk mendatangkan rezeki.

2. Lucky Bamboo (Dracaena sanderiana)

Lucky Bamboo adalah tanaman berbatang ramping dengan potongan-potongan batang yang menyerupai bambu. Diyakini membawa keberuntungan dan harmoni dalam budaya Tionghoa.

3. Tanaman Pilea (Pilea peperomioides)

Tanaman Pilea atau “tanaman uang” memiliki daun bundar dan mengkilap yang mirip dengan koin. Dipercaya membantu meningkatkan keuangan pemiliknya.

4. Kalanchoe (Kalanchoe blossfeldiana)

Kalanchoe adalah tanaman berbunga dengan bunga-bunga cerah yang melambangkan kekayaan dan keberuntungan. Cocok sebagai hiasan dalam rumah.

5. Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia)

Tanaman ZZ dikenal sebagai tanaman tahan lama dan diyakini membawa keberuntungan. Daunnya yang mengkilap mencerminkan kekayaan dan kemakmuran.

6. Pachira Money Tree (Pachira aquatica)

Pachira Money Tree adalah tanaman yang sering dikaitkan dengan keberuntungan dan kekayaan. Biasanya ditanam dengan beberapa batang untuk meningkatkan rezeki.

7. Tanaman Lavender (Lavandula spp.)

Tanaman Lavender melambangkan ketenangan dan kekayaan. Selain aromanya yang menyegarkan, tanaman ini juga membawa rezeki dalam bentuk ketenangan pikiran.

8. Bunga Gerbera (Gerbera jamesonii)

Bunga Gerbera sering dihubungkan dengan keberuntungan dan cinta. Menanamnya dapat membawa kebahagiaan dan rezeki dalam hubungan.

9. Peace Lily (Spathiphyllum spp.)

Peace Lily adalah tanaman yang melambangkan perdamaian dan keberuntungan. Keindahannya membawa ketenangan dan kemakmuran ke rumah.

10. Bambu Rezeki (Bambusa vulgaris)

Bambu Rezeki adalah tanaman bambu yang dianggap membawa keberuntungan dan kekayaan dalam budaya Tionghoa. Bambu yang tumbuh subur melambangkan kemakmuran.

Jadi, tanaman hias ini bukan hanya membuat rumah Anda indah, tetapi juga diyakini membawa keberuntungan dan keberkahan dalam hidup Anda.

Baca Juga :  Inilah 7 Tanaman Hias dengan Aroma Mewah yang Memikat

 Cara merawat tanaman hias

Berikut adalah panduan singkat tentang cara merawat tanaman atau tanaman hias ini:

Sebelum Anda mulai merawat tanaman hias, pastikan untuk mengetahui jenis dan kebutuhan khususnya. Setiap tanaman memiliki persyaratan perawatan yang berbeda, termasuk tingkat cahaya, frekuensi penyiraman, dan jenis tanah yang cocok.

1. Penyiraman: Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak air. Biarkan tanah sedikit kering sebelum menyiram ulang. Lebih baik sedikit kering daripada terlalu basah, karena akar tanaman bisa membusuk jika terlalu lembab.

2. Pencahayaan: Tempatkan tanaman di lokasi yang mendapatkan cahaya yang cukup, namun hindari sinar matahari langsung yang bisa merusak daunnya. Untuk tanaman yang memerlukan cahaya berlebih, pertimbangkan penggunaan lampu tumbuh.

3. Pemupukan: Berikan pupuk secukupnya sesuai jadwal yang dianjurkan. Jangan berlebihan dalam memberi pupuk, karena bisa merusak akar tanaman.

4. Pruning: Untuk menjaga bentuk dan pertumbuhan yang sehat, potong daun atau cabang yang mati atau terlalu panjang. Ini juga membantu tanaman mendapatkan udara dan cahaya yang cukup.

5. Perhatikan Hama: Periksa secara teratur apakah ada tanda-tanda hama atau penyakit. Jika ditemukan, segera ambil tindakan dengan metode yang sesuai.

6. Repotting: Jika akarnya mulai mengisi seluruh pot atau wadahnya, pertimbangkan untuk me-repot tanaman ke wadah yang lebih besar. Ini membantu pertumbuhan yang lebih baik.

7. Cinta dan Perhatian: Tanaman juga memerlukan perhatian Anda. Obrolan, nyanyian, atau sekadar perhatian kasih sayang bisa membantu tanaman tumbuh lebih baik.

Sesudah Anda mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki tanaman hias yang sehat dan indah di rumah Anda, siap untuk membawa keberuntungan dan keceriaan.

Tanaman apa saja yang tidak boleh di tanam di depan rumah?

Ada beberapa tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di depan rumah. Sebagai pertimbangan, tanaman-tanaman ini dapat menciptakan masalah tertentu, seperti:

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias di Kabupaten Buol Daftar Lengkap dengan Nomor Telepon

1. Pohon Besar: Pohon yang tumbuh besar di depan rumah dapat menjadi ancaman jika akarnya merusak fondasi atau menimbulkan kerusakan struktural.

2. Tanaman Berduri: Tanaman berduri seperti semak berduri dapat menjadi potensi risiko cedera jika ada anak-anak kecil di sekitar.

3. Tanaman Beracun: Beberapa tanaman beracun bisa berbahaya jika tertelan atau menyentuh kulit, sehingga sebaiknya dihindari di area yang dapat diakses oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

4. Tanaman yang Cepat Menyebar: Tanaman yang tumbuh cepat dan menyebar, seperti bambu, dapat dengan cepat mengambil alih area dan sulit untuk dikendalikan.

5. Tanaman yang Berpotensi Menyebabkan Alergi: Beberapa tanaman menghasilkan serbuk sari yang bisa menyebabkan alergi pada beberapa individu, sehingga sebaiknya dipertimbangkan dengan hati-hati.

Penting untuk mempertimbangkan keamanan, estetika, dan kepraktisan ketika memilih tanaman untuk ditanam di depan rumah. Ini akan membantu menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh keluarga.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags