12 Jenis Tanaman Dalam Ruangan yang Cocok untuk Dekorasi Rumah Anda

Eiji

Hello, Sobat Bertanam! Dalam era urbanisasi saat ini, banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam ruangan. Namun, tidak ada alasan untuk tidak memiliki sedikit hijau di dalam rumah Anda. Tanaman dalam ruangan bukan hanya hiasan, tetapi juga membawa manfaat kesehatan dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Dalam artikel ini, kita akan mengenal 12 jenis tanaman dalam ruangan yang cocok untuk Anda tanam. Mari kita mulai!

1. Monstera Deliciosa

Tanaman hias Monstera deliciosa, juga dikenal sebagai “Monstera” atau “Swiss cheese plant,” adalah pilihan yang populer untuk tanaman hias indoor. Tanaman ini memiliki daun yang besar dan berlobus dengan lubang-lubang yang khas, yang membuatnya terlihat unik dan menarik. Berikut beberapa informasi penting tentang perawatan Monstera Deliciosa di dalam ruangan:

  1. Pencahayaan: Monstera deliciosa menyukai cahaya terang hingga sedang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang dapat merusak daunnya. Tempatkan tanaman ini di dekat jendela dengan cahaya yang tersebar atau di tempat dengan pencahayaan buatan yang cukup.
  2. Suhu: Suhu ideal untuk Monstera deliciosa adalah antara 18-24 derajat Celsius (65-75°F). Hindari perubahan suhu yang ekstrem dan draft yang kuat.
  3. Tanah: Tanaman ini membutuhkan tanah yang baik drainase. Campuran potting soil untuk tanaman hias yang baik akan berfungsi dengan baik. Anda juga dapat menambahkan sedikit serbuk gergaji atau serat kelapa ke dalam campuran tanah untuk meningkatkan drainasenya.
  4. Penyiraman: Biarkan tanahnya mengering sedikit sebelum disiram kembali. Monstera deliciosa lebih suka tanah yang sedikit kering daripada terlalu basah. Selalu periksa kelembaban tanah sebelum menyiram. Pada umumnya, penyiraman setiap 1-2 minggu sekali cukup, tergantung pada kondisi lingkungan.
  5. Kelembaban: Monstera deliciosa menyukai kelembaban tinggi. Untuk meningkatkan kelembaban, Anda dapat menyemprot daunnya secara teratur atau meletakkan tanaman di dekat pelembab udara.
  6. Pemupukan: Beri pupuk cair atau pupuk pelet dengan kandungan nutrisi seimbang sekitar sekali sebulan selama musim tumbuh (biasanya musim semi dan musim panas). Jangan memberi pupuk selama musim dingin atau ketika tanaman tidak aktif.
  7. Perawatan: Monstera deliciosa cenderung tumbuh besar, jadi pastikan untuk memberikan dukungan seperti tiang atau trellis agar tanaman tetap tegak. Juga, pot ulang tanaman jika akarnya mulai mengisi pot saat ini.
  8. Perawatan ekstra: Bersihkan daun dengan lap lembap untuk menghilangkan debu dan memungkinkan daun untuk fotosintesis dengan baik. Juga, potong daun yang mati atau rusak untuk menjaga tampilan tanaman yang rapi.
Baca Juga :  20 Jenis Tanaman Hias Daun Varigata Paling Populer Untuk Mempercantik Halaman

Ingatlah bahwa Monstera deliciosa adalah tanaman yang tumbuh dengan lambat, jadi bersabarlah dalam melihat perkembangan tanaman Anda. Dengan perawatan yang tepat, Monstera deliciosa bisa menjadi tanaman hias indoor yang indah dan menarik.

2. Pothos (Epipremnum Aureum)

Tanaman hias indoor seperti Pothos (Epipremnum aureum), juga dikenal sebagai Devil’s Ivy atau Golden Pothos, adalah pilihan populer untuk dekorasi interior karena mereka relatif mudah dirawat dan toleran terhadap berbagai kondisi tumbuh di dalam ruangan. Berikut adalah beberapa informasi penting tentang tanaman Pothos:

  1. Pencahayaan: Pothos tumbuh baik dalam kondisi pencahayaan yang beragam, mulai dari cahaya rendah hingga cahaya terang langsung. Mereka akan tetap hidup dengan baik bahkan di tempat-tempat dengan sedikit cahaya, meskipun pertumbuhannya mungkin lebih lambat.
  2. Air dan Kelembaban: Pothos tidak memerlukan kelembaban udara yang tinggi dan dapat beradaptasi dengan baik pada tingkat kelembaban biasa di dalam rumah.
  3. Suhu: Mereka tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 20-30 derajat Celsius, yang umumnya sesuai dengan kondisi rumah tangga.
  4. Media Tanam: Pothos tumbuh dengan baik dalam berbagai jenis media tanam, termasuk tanah pot, campuran tanah pot, dan substrat berbasis serat seperti sphagnum moss. Pastikan pot memiliki lubang drainase agar akar tidak terendam dalam air berlebih.
  5. Penyiraman: Biarkan tanah di pot mengering sebelum menyiram kembali. Jangan biarkan tanaman dalam pot terendam dalam air, karena ini dapat menyebabkan akar membusuk. Sering kali, lebih baik menyiram secara konsisten dalam jumlah sedikit daripada menyiram berlebihan.
  6. Pemupukan: Anda bisa memberi makan Pothos dengan pupuk cair atau butiran sekitar sekali sebulan selama musim pertumbuhan (biasanya musim semi dan musim panas). Jangan pupuk di musim dingin ketika tanaman tidak aktif tumbuh.
  7. Perawatan: Pothos sering tumbuh menjuntai, dan Anda dapat memangkasnya untuk menjaga bentuk yang rapi. Potong di bagian atas atau pangkal batang untuk merangsang pertumbuhan cabang baru.
  8. Pengelolaan Hama dan Penyakit: Pothos jarang diserang oleh hama atau penyakit. Namun, jika Anda melihat tanda-tanda masalah, seperti daun yang kuning atau berlubang, segera tangani dengan langkah-langkah yang sesuai.
Baca Juga :  Keindahan Menakjubkan 10 Tanaman Hias Merambat yang Belum Banyak Dikena

Pothos adalah tanaman yang bagus untuk pemula karena daya tahan mereka terhadap kondisi yang beragam. Selain itu, mereka bisa menjadi tanaman hias yang cantik dan dekoratif untuk berbagai jenis interior.

3. Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria, atau lidah mertua, adalah tanaman yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi. Anda bisa melupakan penyiraman selama beberapa minggu dan tanaman ini masih akan tetap segar.

4. Spider Plant (Klorophitum)

Klorophitum adalah tanaman yang sangat mudah dirawat dan efektif dalam membersihkan udara di dalam ruangan. Ia juga dapat dengan cepat berkembang dan menghasilkan anak tanaman baru.

5. Ficus (Pohon Beringin)

Tanaman ficus memiliki berbagai variasi, salah satunya adalah pohon beringin. Pohon ini memberikan sentuhan elegan dan tropis pada interior rumah Anda.

6. Snake Plant (Sansevieria Trifasciata)

Variasi lain dari sansevieria, snake plant memiliki daun yang menjulur tegak ke atas, menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

7. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace lily adalah tanaman dengan bunga yang indah dan menghasilkan oksigen ekstra di malam hari. Ini adalah tanaman yang sempurna untuk tidur yang lebih baik.

8. ZZ Plant (Zamioculcas Zamiifolia)

ZZ plant adalah tanaman dalam ruangan yang tahan terhadap berbagai kondisi, termasuk cahaya rendah. Ini adalah pilihan sempurna untuk ruangan dengan sedikit jendela.

9. Rubber Plant (Ficus Elastica)

Tanaman karet memiliki daun tebal dan mengkilap. Ini adalah tanaman yang tahan lama dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

10. Aloe Vera

Aloe vera tidak hanya berguna untuk merawat luka kulit, tetapi juga mudah dirawat sebagai tanaman dalam ruangan. Ini adalah tanaman yang cantik dan bermanfaat.

11. Chinese Money Plant (Pilea Peperomioides)

Baca Juga :  Tanah Kering? Tidak Masalah! Ini Dia 10 Tanaman Hias yang Tetap Berkembang Subur

Tanaman uang China memiliki daun bundar dan unik yang membuatnya menjadi fokus perhatian di dalam ruangan Anda.

12. Jade Plant (Crassula Ovata)

Tanaman jade adalah tanaman sukulen yang membawa keberuntungan dan kekayaan. Ini adalah pilihan yang bagus untuk diletakkan di dalam pot hias.

Dengan menambahkan salah satu atau beberapa dari 12 jenis tanaman dalam ruangan di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk, bersih, dan menyegarkan di dalam rumah Anda. Selain memberikan estetika yang indah, tanaman-tanaman ini juga membantu meningkatkan kualitas udara dan suasana hati. Jadi, segera tambahkan tanaman-tanaman ini ke dalam rumah Anda dan nikmati manfaatnya!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Tetaplah bersama kami untuk informasi lebih lanjut tentang dunia taman dan tanaman dalam ruangan. Terima kasih, Sobat Bertanam!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags