15 Tanaman Hias Gantung yang Menakjubkan Untuk Dekorasi Rumah Anda

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Contoh Tanaman hias gantung adalah pilihan sempurna untuk menghias rumah atau ruang kerja Anda. Mereka tidak hanya memberikan sentuhan hijau yang menakjubkan, tetapi juga menghadirkan nuansa alam yang menenangkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 15 tanaman hias gantung yang bisa menjadi tambahan indah untuk dekorasi Anda. Mari kita mulai menggali lebih dalam!

1. Kokedama

Kokedama adalah gaya tanaman hias bunga gantung asal Jepang yang sedang populer. Tanaman ini dibungkus dalam bola kecil dari tanah dan lumut, menciptakan tampilan yang unik dan menawan. Beberapa tanaman yang cocok untuk kokedama adalah peperomia, fern, dan succulent.

2. Philodendron Heartleaf

Philodendron Heartleaf, atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “Tanaman Jantung Philodendron,” adalah tanaman hias populer yang dikenal dengan daun-daunnya yang berbentuk jantung yang indah. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman gantung dalam pot atau digunakan untuk menghiasi ruangan dalam.

Berikut beberapa tips untuk merawat tanaman Philodendron Heartleaf:

  1. Pencahayaan: Philodendron Heartleaf lebih suka mendapatkan cahaya yang terang, namun hindari sinar matahari langsung. Tempatkan tanaman ini di dekat jendela dengan cahaya yang tersebar atau di tempat yang mendapatkan cahaya teduh sepanjang hari.
  2. Air: Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah. Biarkan permukaan tanah mengering sebelum menyiram lagi. Seringkali, menyiram satu hingga dua kali seminggu cukup, tergantung pada kondisi lingkungan.
  3. Suhu dan Kelembaban: Tanaman Philodendron Heartleaf tumbuh baik pada suhu kamar yang nyaman, sekitar 18-24 derajat Celsius. Mereka juga tidak terlalu memerlukan tingkat kelembaban yang tinggi, tetapi semprotkan daun dengan air sembilan secara berkala untuk meningkatkan kelembaban sekitar tanaman.
  4. Pemupukan: Berikan pupuk cair atau pupuk batang yang dirancang khusus untuk tanaman daun hijau sekitar setiap 4-6 minggu selama musim pertumbuhan (biasanya musim semi hingga awal musim gugur).
  5. Perawatan Rutin: Periksa tanaman secara berkala untuk tanda-tanda serangga atau penyakit. Jika Anda melihat daun yang rusak atau infestasi, segera tangani masalah tersebut dengan menghapus daun yang terkena atau menggunakan insektisida yang sesuai.
  6. Pot dan Drainase: Pastikan pot yang digunakan memiliki lubang drainase untuk menghindari penumpukan air berlebihan di dalam pot. Ini akan membantu mencegah akar membusuk.
  7. Pemangkasan: Untuk menjaga bentuk dan keindahan tanaman, Anda dapat memangkas daun-daun yang mati atau tumbuh tidak seimbang.
Baca Juga :  20 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Mempercantik Akuarium

Dengan merawat Philodendron Heartleaf sesuai dengan panduan di atas, Anda dapat memiliki tanaman hias gantung yang indah dan sehat di rumah Anda. Pastikan untuk selalu memperhatikan perubahan dalam kondisi tanaman dan menyesuaikan perawatan sesuai kebutuhan.

3. String of Pearls

String of Pearls adalah tanaman hias gantung dengan daun seperti mutiara yang menggantung indah dari pot. Mereka memberikan sentuhan elegan dan menggemaskan pada setiap ruangan.

4. Spider Plant

Tanaman laba-laba atau spider plant adalah salah satu tanaman hias gantung yang sangat mudah dirawat. Mereka membersihkan udara dari polusi dan menambahkan nuansa segar pada ruangan Anda.

5. Ivy Variegata

Ivy Variegata adalah tanaman hias gantung dengan daun berwarna hijau dan putih yang kontras. Mereka tumbuh subur dan bisa diletakkan di tempat dengan cahaya yang teduh.

6. Senecio Rowleyanus (String of Beads)

Senecio Rowleyanus, juga dikenal sebagai String of Beads, memiliki daun bulat kecil yang tergantung seperti mutiara. Tanaman ini memberikan tampilan yang unik dan menarik dalam ruangan Anda.

7. Hoya Carnosa

Hoya Carnosa, atau lilin tanaman, memiliki daun berlapis dan bunga yang indah. Mereka adalah pilihan yang sempurna untuk menciptakan nuansa tropis dalam rumah Anda.

8. Ferns

Rumpun-rumpun pakis adalah tanaman hias gantung klasik yang tetap populer. Mereka menyukai kelembaban tinggi dan bisa menjadi tambahan indah di kamar mandi Anda.

9. Tradescantia Zebrina

Tanaman hias gantung ini memiliki daun berwarna ungu-kebiruan dengan garis-garis perak yang kontras. Mereka tumbuh subur dalam cahaya yang terang.

10. Air Plant (Tillandsia)

Tanaman hias gantung seperti Tillandsia, juga dikenal sebagai “Air Plant,” adalah pilihan yang populer untuk dekorasi dalam ruangan karena bentuknya yang unik dan perawatan yang relatif mudah. Berikut adalah beberapa informasi tentang tanaman hias gantung Tillandsia:

  1. Asal Usul: Tillandsia adalah anggota keluarga Bromeliaceae dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Mereka biasanya ditemukan di habitat epifitik, tumbuh di atas permukaan tanah atau substrat lainnya tanpa menyerap nutrisi dari tanah.
  2. Karakteristik Tanaman: Tillandsia memiliki bentuk yang unik dengan daun-daun yang panjang dan ramping. Mereka sering memiliki warna hijau atau abu-abu dengan rambut halus yang menutupi permukaan daun untuk menyerap kelembaban dari udara. Bunga Tillandsia biasanya berwarna cerah dan muncul dari tengah tanaman.
  3. Perawatan:
    • Pencahayaan: Tillandsia menyukai cahaya yang terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang dapat membakar daunnya. Tempatkan mereka di dekat jendela dengan cahaya yang tersebar baik.
    • Udara: Tillandsia adalah tanaman udara, yang berarti mereka tidak perlu tanah. Mereka mendapatkan nutrisi dan kelembaban dari udara. Penting untuk memberikan sirkulasi udara yang baik untuk menghindari penumpukan kelembaban di sekitar tanaman.
    • Perendaman: Anda harus merendam Tillandsia dalam air selama sekitar 20-30 menit setiap satu hingga dua minggu sekali. Pastikan untuk menggoyang-goyangkan tanaman untuk menghilangkan kelebihan air setelah merendam.
    • Suhu: Mereka suka suhu yang cukup stabil, di antara 15°C hingga 30°C.
  4. Kelembaban: Tillandsia memerlukan kelembaban relatif tinggi. Anda dapat menyemprotkan air ke daun-daun mereka setiap beberapa hari atau meletakkannya di dekat sumber kelembaban seperti wadah dengan kerikil yang basah.
  5. Pemupukan: Anda dapat memberi makan Tillandsia dengan pupuk yang dirancang khusus untuk tanaman Bromeliad sekitar setiap dua hingga tiga bulan sekali.
  6. Penampilan: Tillandsia adalah tanaman hias yang unik dan dapat digunakan dalam berbagai jenis dekorasi. Mereka cocok untuk ditempatkan dalam wadah gantung, terarium, atau di dinding vertikal.
  7. Perbanyak: Tillandsia dapat diperbanyak melalui tunas sampingan yang tumbuh di pangkal tanaman utama. Anda dapat memisahkan tunas ini dengan hati-hati dan menanamnya sebagai tanaman baru.
Baca Juga :  10 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Menambah Kecantikan Ruangan Anda

Tillandsia adalah tanaman hias yang menarik dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Pastikan Anda memahami kebutuhan perawatan mereka untuk menjaga mereka tetap sehat dan cantik.

11. Golden Pothos

Golden Pothos adalah tanaman hias gantung yang sangat tahan banting dan cocok untuk pemula. Mereka memiliki daun hijau yang mengkilap dan bisa tumbuh dengan cepat.

12. Burro’s Tail (Sedum Morganianum)

Burro’s Tail adalah tanaman hias gantung dengan daun berbentuk seperti koin yang menjulur panjang. Mereka memberikan tampilan yang menarik saat digantung di pot gantung.

13. Boston Fern

Boston Fern adalah salah satu varietas pakis yang sangat indah. Mereka memerlukan kelembaban tinggi dan cahaya yang terang, sehingga cocok untuk kamar mandi atau dapur.

14. Lipstick Plant (Aeschynanthus)

Lipstick Plant memiliki bunga merah yang menyerupai lipstik, memberikan sentuhan warna yang indah dalam ruangan Anda. Mereka tumbuh subur dalam kondisi cahaya yang terang.

15. Tradescantia Nanouk

Tradescantia Nanouk memiliki daun berwarna pink, ungu, dan hijau yang menciptakan tampilan yang cerah dan bersemangat. Mereka tumbuh subur dalam cahaya yang terang hingga sedang.

Sobat Bertanam.com, tanaman hias gantung bisa menjadi tambahan indah dalam dekorasi rumah atau ruang kerja Anda. Dengan berbagai pilihan yang telah kami bahas di atas, Anda dapat memilih tanaman yang cocok dengan kondisi cahaya dan perawatan Anda. Selamat berkebun dan jadikan rumah Anda lebih hijau dan segar dengan tanaman hias gantung yang menakjubkan ini!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Selamat bertanam!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags