15 Tanaman Hias Tahan Hujan: Kokoh dan Tetap Menawan Meski Terkena Hujan Lebat

Hello, Sobat Bertanam.com! Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang tanaman hias yang tahan hujan. Bagi para pecinta tanaman, hujan sering kali menjadi momok yang menakutkan karena dapat merusak keindahan tanaman yang sudah dirawat dengan susah payah. Namun, jangan khawatir! Kami telah merangkum 15 tanaman hias yang kokoh dan tetap menawan meski terkena hujan lebat. Mari kita simak bersama!

1. Monstera Deliciosa

Tanaman Monstera Deliciosa atau dikenal juga sebagai daun tahi ayam merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tangguh. Daunnya yang besar dan berlubang-lubang memberikan kesan elegan pada taman Anda. Meski terkena hujan lebat, Monstera Deliciosa tetap kokoh dan tidak mudah rusak.

2. Aglaonema

Aglaonema adalah salah satu tanaman hias yang populer karena daunnya yang indah dan tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh. Meskipun Aglaonema tidak secara khusus dikategorikan sebagai tanaman hias tahan hujan, beberapa varietas Aglaonema memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembapan dan tetap dapat bertahan di luar ruangan dalam kondisi tertentu.

Berikut adalah beberapa varietas Aglaonema yang relatif tahan terhadap hujan dan cocok untuk ditanam di luar ruangan:

  1. Aglaonema ‘Silver Bay’: Tanaman ini memiliki daun hijau tua dengan corak perak. Varian ini relatif tahan terhadap hujan dan cahaya matahari langsung yang lembut.
  2. Aglaonema ‘Red Gold’: Aglaonema ini memiliki daun dengan corak merah dan emas. Tanaman ini mampu bertahan di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung yang terbatas dan tahan terhadap kondisi lembap.
  3. Aglaonema ‘Emerald Beauty’: Varian ini memiliki daun hijau gelap yang berkilau. Meskipun lebih cocok untuk ditanam di dalam ruangan, tanaman ini juga bisa bertahan di luar ruangan jika mendapatkan perlindungan dari sinar matahari langsung yang terlalu kuat dan terlindung dari hujan langsung.

Penting untuk diingat bahwa meskipun beberapa varietas Aglaonema bisa bertahan di luar ruangan dalam kondisi tertentu, mereka masih membutuhkan perawatan yang tepat. Pastikan tanaman Aglaonema mendapatkan drainase yang baik, perlindungan dari sinar matahari langsung yang terlalu kuat, serta perhatian terhadap kelembapan dan kebutuhan air yang tepat. Selalu pantau kondisi tanaman dan lindungi mereka jika cuaca menjadi ekstrem atau jika hujan terlalu deras.

3. Philodendron

Philodendron merupakan tanaman hias dengan bentuk daun yang unik dan menarik. Tanaman ini memiliki daya tahan yang baik terhadap hujan lebat. Warna hijau daunnya akan tetap terlihat segar dan menciptakan suasana tropis yang indah di taman Anda.

4. Sansevieria

Sansevieria atau lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang sangat tahan terhadap segala kondisi cuaca, termasuk hujan lebat. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyimpan air sehingga dapat bertahan dalam keadaan basah.

5. Zamioculcas

Tanaman Zamioculcas atau biasa disebut dengan ZZ Plant adalah tanaman hias yang memiliki daun tebal dan mengkilap. Selain memiliki penampilan yang menarik, ZZ Plant juga tahan terhadap air hujan yang deras, menjadikannya pilihan yang ideal untuk taman Anda.

6. Bromelia

Bromelia adalah tanaman hias yang memiliki bunga-bunga hias yang indah dan warna-warni. Tanaman ini juga tahan terhadap hujan lebat. Bromelia dapat memberikan sentuhan eksotis pada taman Anda, baik saat basah maupun kering.

7. Pothos

Pothos merupakan tanaman hias yang populer dan mudah tumbuh. Selain itu, Pothos juga tahan terhadap hujan lebat. Tanaman ini cocok untuk ditempatkan di area yang terkena cahaya matahari langsung maupun tidak langsung.

8. Calathea

Tanaman Calathea memiliki beragam varietas dengan pola daun yang indah dan menarik. Calathea tahan terhadap air hujan yang deras dan tetap tampak segar meski terkena air. Tanaman ini akan menjadi pemandangan yang menawan di taman Anda.

9. Maranta

Tanaman Maranta memiliki daun yang cantik dengan pola yang khas. Tanaman ini memiliki ketahanan yang baik terhadap hujan lebat. Anda dapat menanam Maranta di taman atau dalam pot untuk mempercantik sudut ruangan Anda.

10. Fittonia

Fittonia, juga dikenal sebagai “nerve plant” atau “mosaic plant,” adalah tanaman hias yang populer karena daunnya yang indah dengan pola unik seperti sarang laba-laba. Meskipun Fittonia lebih cocok untuk tumbuh di dalam ruangan dengan kondisi lembap, ada beberapa varietas yang bisa tahan terhadap hujan jika ditanam di luar ruangan dengan perlindungan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menanam Fittonia di luar ruangan dengan ketahanan terhadap hujan:

  1. Pilih varietas yang lebih tahan terhadap kelembapan dan kondisi luar ruangan. Ada beberapa varietas Fittonia yang lebih toleran terhadap kelembapan dan dapat bertahan di luar ruangan dalam kondisi yang lembap. Pastikan untuk memilih varietas yang memiliki ketahanan terhadap hujan yang cukup.
  2. Berikan perlindungan dari hujan yang terlalu deras. Fittonia lebih menyukai kelembapan, tetapi hujan yang terlalu deras dapat merusak daun dan batang tanaman. Tempatkan tanaman di area yang terlindung, seperti di bawah kanopi atau pohon yang memberikan perlindungan dari hujan langsung.
  3. Pastikan ada drainase yang baik. Fittonia membutuhkan tanah yang lembab, tetapi tidak boleh tergenang air. Pastikan pot atau tempat penanaman memiliki lubang drainase yang memadai agar kelebihan air dapat keluar. Juga, pastikan tempat penanaman memiliki lapisan kerikil atau batu di bagian bawah untuk meningkatkan drainase.
  4. Pantau kelembapan tanah secara teratur. Fittonia membutuhkan tanah yang lembab, jadi pastikan untuk menjaga kelembapan tanah tetap stabil. Selalu periksa kelembapan tanah sebelum menyiram tanaman dan hindari kelebihan atau kekurangan air.
  5. Pertimbangkan untuk menggunakan pot berongga. Jika Anda ingin menanam Fittonia di luar ruangan, pertimbangkan menggunakan pot berongga atau wadah bertekstur yang memungkinkan tanaman mengalami sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan membantu menghindari tergenangnya air di sekitar akar.

Meskipun Fittonia bisa bertahan di luar ruangan dengan perlindungan yang tepat, perlu diingat bahwa setiap tanaman memiliki toleransi yang berbeda terhadap kondisi lingkungan. Pantau dengan cermat kondisi tanaman dan sesuaikan perawatan jika diperlukan.

11. Dieffenbachia

Dieffenbachia memiliki daun berukuran besar dengan pola yang menarik. Tanaman ini juga tahan terhadap air hujan yang deras. Dieffenbachia dapat menjadi fokus perhatian di taman Anda.

12. Spider Plant

Tanaman Spider Plant atau klorofil merupakan tanaman hias yang tahan terhadap hujan lebat. Daunnya yang panjang dan menjuntai akan tetap segar dan menawan ketika terkena air hujan. Spider Plant dapat menjadi pilihan yang bagus untuk menghiasi taman Anda.

13. Asparagus Fern

Asparagus Fern adalah tanaman hias dengan daun yang berbentuk seperti daun paku. Tanaman ini memiliki ketahanan yang baik terhadap hujan lebat. Asparagus Fern dapat memberikan nuansa hijau yang menyejukkan pada taman Anda.

14. Dracaena

Dracaena adalah tanaman hias dengan berbagai varietas yang indah. Tanaman ini tahan terhadap cuaca buruk, termasuk hujan lebat. Dracaena dapat menjadi pilihan yang menarik untuk ditanam di taman Anda.

15. Alocasia

Alocasia atau daun kuping gajah memiliki daun yang besar dan mencolok. Tanaman ini memiliki ketahanan yang baik terhadap hujan lebat. Alocasia akan memberikan kesan eksotis pada taman Anda, terutama saat daunnya basah oleh air hujan.

Sekian artikel kami tentang 15 tanaman hias tahan hujan yang kokoh dan tetap menawan meski terkena hujan lebat. Dengan memilih tanaman-tanaman tersebut, Anda dapat memiliki taman yang indah dan tetap terjaga keindahannya meski terkena hujan. Jangan biarkan hujan merusak kegembiraan Anda dalam berkebun! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Selamat berkebun, Sobat Bertanam.com!

Leave a Comment