15 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Efektif

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com!

Selamat datang di artikel ini, di mana kami akan membahas tentang 15 tanaman hias yang efektif dalam mengusir nyamuk. Nyamuk seringkali menjadi hama yang mengganggu kenyamanan kita di rumah atau di halaman. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Mari kita lihat beberapa tanaman hias yang efektif dalam mengusir nyamuk dan pada saat yang sama, memberikan keindahan pada ruangan atau taman kita.

1. Lavender (Lavandula)

Lavender adalah tanaman hias yang populer dengan aroma yang harum dan menenangkan. Namun, nyamuk tidak menyukai aromanya yang kuat. Anda dapat menanam lavender di pot atau di taman Anda. Selain memberikan efek pengusir nyamuk, lavender juga dapat memberikan nuansa yang menenangkan pada ruangan atau taman Anda.

2. Citronella (Cymbopogon)

Citronella adalah tanaman yang terkenal karena kemampuannya dalam mengusir nyamuk. Minyak yang dihasilkan dari daunnya sering digunakan dalam produk pengusir nyamuk. Anda dapat menanam citronella di pot atau di taman Anda, dan memanfaatkan aroma segarnya untuk menjauhkan nyamuk.

3. Peppermint (Mentha piperita)

Peppermint adalah tanaman herbal yang memiliki aroma yang menyegarkan. Nyamuk tidak menyukai aroma mint yang kuat, sehingga tanaman ini bisa menjadi pengusir alami yang efektif. Anda dapat menanam peppermint di halaman atau menjaga pot peppermint di dalam rumah untuk menjaga nyamuk tetap menjauh.

4. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary adalah tanaman herbal yang sering digunakan dalam masakan. Aroma kuat yang dihasilkannya ternyata juga tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat menanam rosemary di taman atau di pot, dan menikmati manfaatnya sebagai pengusir nyamuk yang efektif.

Baca Juga :  Jenis Tanaman Hias dalam Pot yang Perlu Anda Coba Saat Ini!

5. Basil (Ocimum basilicum)

Tanaman Hias Basil (Ocimum basilicum) adalah tumbuhan herbal yang populer dan sering digunakan dalam masakan. Ini adalah anggota keluarga Labiatae dan berasal dari wilayah tropis Asia, seperti India dan Indonesia. Basil memiliki daun hijau yang harum dan sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan, termasuk pasta, sup, salad, dan saus.

Basil memiliki aroma yang kuat dan khas, dengan sentuhan manis dan sedikit pedas. Ada beberapa varietas basil yang berbeda, termasuk Sweet Basil (Basil Manis), Thai Basil (Basil Thailand), dan Holy Basil (Basil Suci). Masing-masing varietas memiliki sedikit perbedaan dalam rasa dan aroma mereka.

Selain digunakan dalam masakan, basil juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Basil diketahui memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa basil dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk menumbuhkan tanaman basil, Anda dapat menggunakan biji atau bibit yang tersedia di pusat kebun atau toko pertanian. Basil adalah tanaman yang relatif mudah tumbuh dan dapat ditanam di dalam pot atau di kebun. Mereka membutuhkan sinar matahari yang cukup, tanah yang baik drainasenya, dan penyiraman yang teratur.

Anda dapat memanen daun basil saat tanaman mencapai ketinggian yang cukup, biasanya sekitar 15-30 cm. Anda bisa memetik daun secara individu atau memangkas seluruh cabang. Penting untuk memastikan bahwa Anda tidak memetik terlalu banyak daun pada saat yang sama sehingga tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik.

Sebagai catatan, penjelasan di atas berlaku untuk Basil (Ocimum basilicum) yang merupakan jenis basil yang paling umum dan sering digunakan dalam masakan. Ada juga beberapa jenis basil lainnya dengan karakteristik dan penggunaan yang sedikit berbeda.

6. Lemongrass (Cymbopogon citratus)

Lemongrass memiliki aroma yang segar dan sitronela yang kuat. Minyak lemongrass sering digunakan dalam produk pengusir nyamuk. Anda dapat menanam lemongrass di taman atau di pot, dan menikmati manfaatnya sebagai tanaman pengusir nyamuk yang efektif.

Baca Juga :  Explore Ragam Jenis Flora di Pulau Kalimantan yang Wajib Kamu Ketahui!

7. Marigold (Tagetes)

Marigold adalah tanaman hias yang indah dengan bunga berwarna cerah. Ternyata, nyamuk juga tidak menyukai aroma yang dihasilkannya. Menanam marigold di taman atau di sekitar area tempat duduk akan membantu menjaga nyamuk tetap menjauh.

8. Mint (Mentha)

Mint adalah tanaman yang populer karena aroma segarnya. Tanaman ini juga memiliki sifat pengusir nyamuk alami. Anda dapat menanam mint di taman atau di dalam pot, dan memanfaatkan daunnya yang harum untuk menjauhkan nyamuk.

9. Geranium (Pelargonium)

Geranium adalah tanaman hias yang cantik dengan bunga berwarna-warni. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Menanam geranium di taman atau di dalam pot akan membantu menjaga nyamuk tetap menjauh dari area sekitarnya.

10. Lavender Cotton (Santolina chamaecyparissus)

Lavender cotton adalah tanaman hias dengan daun abu-abu yang halus dan bunga kuning kecil. Ternyata, tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat menanam lavender cotton di taman atau di pot dan menikmati manfaatnya sebagai pengusir nyamuk alami.

11. Lemon Balm (Melissa officinalis)

Lemon balm, atau melissa, adalah tanaman herbal dengan aroma lemon yang kuat. Nyamuk tidak menyukai aroma yang dihasilkannya, sehingga tanaman ini bisa menjadi pengusir nyamuk yang efektif. Anda dapat menanam lemon balm di taman atau di pot dan menikmati manfaatnya sebagai tanaman hias pengusir nyamuk.

12. Catnip (Nepeta cataria)

Tanaman hias pengusir nyamuk Catnip (Nepeta cataria) adalah tanaman herbal yang dikenal dengan kemampuannya untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki daun hijau abu-abu yang berbulu dan bunga kecil berwarna putih atau ungu pucat. Tanaman Catnip berasal dari Eropa dan Asia Barat Daya, tetapi sekarang tersebar di berbagai belahan dunia.

Catnip mengandung zat yang disebut nepetalactone, yang memberikan aroma khas dan menarik bagi kucing. Banyak kucing sangat terpikat oleh aroma ini dan merespons dengan ekstase dan kegembiraan. Namun, pada manusia, nepetalactone memiliki efek yang berbeda. Aroma dari Catnip dikenal memiliki sifat pengusir nyamuk alami yang efektif.

Baca Juga :  Tanaman Hias yang Cocok di Lahan Sempit

Untuk menanam Catnip, Anda bisa mendapatkan bibitnya dari pusat kebun atau toko pertanian. Tanaman ini relatif mudah tumbuh dan dapat ditanam di dalam pot atau di kebun. Catnip membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang baik drainasenya. Perlu diingat bahwa tanaman ini termasuk dalam keluarga mint, sehingga cenderung tumbuh subur dan bisa memperluas wilayah pertumbuhannya.

Anda dapat memanen daun Catnip ketika tanaman mencapai ukuran yang cukup untuk dipetik. Anda bisa memetik daun secara individu atau memangkas seluruh bagian tanaman. Setelah memetik daun, Anda dapat mengeringkannya untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk. Anda bisa menggantungkannya dalam kantong kain atau membuat campuran minyak esensial dengan daun kering Catnip.

Perlu diingat bahwa meskipun Catnip efektif dalam mengusir nyamuk, respons nyamuk terhadap tanaman ini dapat bervariasi. Beberapa nyamuk mungkin tetap tertarik pada manusia meskipun ada Catnip di sekitar. Jadi, meskipun Catnip bisa membantu mengurangi jumlah nyamuk, mungkin juga perlu menggunakan metode pengendalian nyamuk lainnya untuk mencapai perlindungan yang lebih baik.

13. Lemon Thyme (Thymus × citriodorus)

Lemon thyme adalah tanaman herbal dengan aroma lemon yang kuat. Nyamuk tidak menyukai aroma tersebut, sehingga menanam lemon thyme dapat membantu menjaga nyamuk tetap menjauh. Anda dapat menanam lemon thyme di taman atau di dalam pot sebagai pengusir nyamuk alami.

14. Pennyroyal (Mentha pulegium)

Pennyroyal adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan sebagai pengusir nyamuk. Aroma khas yang dihasilkannya tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat menanam pennyroyal di taman atau di pot sebagai pengusir nyamuk alami.

15. Geranium Citronella (Pelargonium citrosum)

Geranium citronella adalah varietas geranium yang menghasilkan aroma sitronela yang kuat. Nyamuk tidak menyukai aroma tersebut, sehingga menanam geranium citronella akan membantu menjaga nyamuk tetap menjauh dari area sekitarnya. Anda dapat menanam geranium citronella di taman atau di dalam pot sebagai pengusir nyamuk yang efektif.

Itulah 15 tanaman hias yang efektif dalam mengusir nyamuk. Dengan menanam tanaman-tanaman ini di taman atau di dalam pot, Anda dapat menikmati keindahan alam dan pada saat yang sama menjaga nyamuk tetap menjauh dari ruangan atau area terbuka Anda. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags