20 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Mempercantik Akuarium

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Jika kamu seorang pecinta akuarium, pasti tahu betapa menakjubkannya aquascape dalam dunia hobi ini. Aquascape adalah seni menciptakan lanskap bawah air yang indah menggunakan tanaman air, batu, dan dekorasi lainnya. Di dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan 20 jenis tanaman aquascape yang bagus untuk akuariummu. Tanaman-tanaman ini akan memberikan tampilan yang menakjubkan dan sekaligus menjaga kualitas air dalam akuariummu. Mari kita mulai!

1. Eleocharis Parvula (Dwarf Hairgrass)

Tanaman ini memiliki tampilan rumput kecil yang indah dan cocok untuk memberikan tampilan alami pada akuarium aquascape. Eleocharis Parvula tumbuh subur dengan cahaya yang cukup dan sering dipilih untuk membuat lanskap seperti padang rumput.

2. Hemianthus Callitrichoides (HC Cuba)

Jika kamu ingin menciptakan area berumput yang lebih kecil, HC Cuba adalah pilihan yang bagus. Tanaman ini tumbuh merayap dan menciptakan lapisan hijau yang tebal di dasar akuarium.

3. Anubias Nana

Anubias Nana adalah tanaman aquascape yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi air. Daun-daunnya yang hijau gelap dan mengkilap akan memberikan sentuhan eksotis pada akuariummu.

4. Bucephalandra

Tanaman ini berasal dari Kalimantan, Indonesia, dan memiliki berbagai variasi warna dan bentuk daun yang unik. Bucephalandra tumbuh lambat, sehingga memerlukan perawatan minimal.

5. Cryptocoryne Wendtii

Salah satu tanaman populer dalam aquascape adalah Cryptocoryne Wendtii. Tanaman ini tahan terhadap variasi kondisi air dan tumbuh dengan daun berwarna hijau gelap yang cantik.

6. Staurogyne Repens

Tanaman ini memiliki daun berbentuk panah yang rimbun dan cocok untuk mengisi bagian depan akuarium. Staurogyne Repens tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya sedang hingga terang.

Baca Juga :  Memahami Keindahan Jenis Bunga Wijaya Kusuma yang Wajib Diketahui!

7. Ludwigia Repens

Ludwigia Repens memiliki daun merah cerah yang kontras dengan tanaman aquascape lainnya. Ini adalah pilihan yang bagus jika kamu ingin menambahkan warna pada akuariummu.

8. Rotala Rotundifolia

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau cerah dan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya tinggi. Rotala Rotundifolia memberikan tekstur yang menarik pada akuarium.

9. Hygrophila Pinnatifida

Tanaman ini memiliki daun berbentuk seperti pita dengan warna merah dan hijau. Hygrophila Pinnatifida memberikan tampilan yang unik pada akuarium aquascape.

10. Monte Carlo

Monte Carlo adalah tanaman karpet yang tumbuh merayap dengan daun kecil. Ini adalah pilihan populer untuk menciptakan lanskap yang halus di dasar akuarium.

11. Alternanthera Reineckii

Tanaman ini memiliki daun merah yang menarik dan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya yang cukup. Alternanthera Reineckii memberikan kontras yang indah dalam akuariummu.

12. Java Moss

Java Moss (Taxiphyllum barbieri) adalah tanaman air yang populer dalam akuarium. Tanaman ini memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya diminati oleh hobiis akuarium, terutama karena pertumbuhannya yang relatif mudah dan penampilannya yang menarik. Berikut adalah beberapa informasi penting tentang Java Moss:

  1. Penampilan: Java Moss memiliki daun-daun kecil berwarna hijau tua yang tumbuh secara merata dan membentuk padatan seperti lumut. Ini memberikan tampilan yang menarik pada batu, akar, atau dekorasi dalam akuarium.
  2. Pertumbuhan: Java Moss adalah tanaman yang tumbuh lambat, dan pertumbuhannya tergantung pada kondisi lingkungan yang diberikan. Ini bisa tumbuh baik dalam cahaya rendah hingga sedang dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.
  3. Perawatan: Untuk menjaga Java Moss tetap sehat, pastikan menyediakan cahaya yang cukup dan memelihara kondisi air yang baik. Dalam akuarium, tanaman ini dapat melekat pada berbagai permukaan seperti batu, kayu, atau dekorasi. Anda juga dapat menanamnya dalam substrat atau menyematkannya pada jaring atau kisi.
  4. Penyebaran: Java Moss dapat tumbuh secara merambat, membentuk tanaman yang lebih besar seiring berjalannya waktu. Anda dapat memotong dan mengatur ulang tanaman ini sesuai keinginan.
  5. Manfaat: Selain memberikan estetika yang menarik, Java Moss juga dapat memberikan tempat perlindungan bagi ikan kecil dan larva. Ini adalah tempat yang bagus bagi telur ikan untuk menetas dan bersembunyi dari pemangsa.
  6. Reproduksi: Java Moss dapat berkembang biak melalui pembelahan diri atau dengan merambatkan cabang-cabangnya. Ini adalah tanaman yang mudah untuk dibiakkan dan ditempatkan di berbagai area dalam akuarium.
  7. Kebutuhan Air: Java Moss tumbuh baik dalam air lunak hingga sedang dengan suhu sekitar 21-26°C. Perlu juga diperhatikan agar kadar amonia dan nitrit dalam air tetap rendah.
Baca Juga :  Mewah dan Memukau: 9 Tanaman Hias Termahal yang Menjadi Primadona di Indonesia

Java Moss adalah pilihan yang baik untuk pemula dalam merawat tanaman akuarium karena ketahanannya yang tinggi dan tampilan yang indah. Tetapi, seperti semua tanaman akuarium, perhatikan dan pertahankan kondisi lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan yang sehat.

13. Amazon Sword

Tanaman ini memiliki daun panjang dan lebar yang memberikan tampilan yang megah pada akuarium besar. Amazon Sword memerlukan ruang yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

14. Christmas Moss

Christmas Moss adalah jenis lumut yang tumbuh merayap dan menciptakan tekstur yang menarik pada batu dan kayu dalam akuarium.

15. Vallisneria

Tanaman ini memiliki daun panjang dan tipis yang menciptakan gerakan yang indah di dalam akuarium. Vallisneria cocok untuk akuarium besar.

16. Java Fern

Java Fern (Microsorum pteropus) adalah tanaman akuatik yang populer dalam hobi akuarium. Ini adalah jenis tanaman air yang berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Malaysia. Java Fern dikenal dengan berbagai nama lain, seperti Javanese Fern, Needle Leaf Java Fern, dan Windelov Java Fern, yang mengacu pada varietas atau bentuk tertentu dari tanaman ini.

Berikut beberapa informasi penting tentang Java Fern:

  1. Penampilan: Java Fern memiliki daun hijau gelap yang berbentuk panjang dan beruas. Daunnya cukup tebal dan tahan lama. Ada juga varietas yang memiliki daun yang lebih halus dan lebih bercabang seperti Windelov Java Fern.
  2. Perawatan: Java Fern adalah salah satu tanaman akuatik yang relatif mudah dipelihara. Mereka tumbuh baik dalam kondisi pencahayaan rendah hingga sedang, sehingga cocok untuk akuarium pemula. Tanaman ini dapat tumbuh baik di substrat maupun di batu atau kayu yang diikatkan.
  3. Pemeliharaan: Salah satu hal yang penting adalah jangan tanam Java Fern terlalu dalam di dalam substrat karena mereka dapat membusuk jika rimpangnya tertutupi. Sebaliknya, lebih baik mengikat mereka ke batu atau kayu dengan benang atau tali ikat. Java Fern juga tumbuh lebih baik jika mendapatkan nutrisi dari air akuarium, jadi pemupukan tambahan tidak selalu diperlukan.
  4. Perkembangbiakan: Java Fern dapat berkembangbiak dengan baik melalui pembagian rumpun. Anda dapat memisahkan rumpun-rumpun tanaman yang telah tumbuh besar dan menanamnya sebagai tanaman baru.
  5. Fungsi dalam akuarium: Java Fern bukan hanya sekadar tanaman hias, tetapi juga memberikan tempat perlindungan untuk ikan kecil dan invertebrata akuatik. Mereka juga membantu memperbaiki kualitas air dengan menyerap nutrisi berlebih dan meminimalkan pertumbuhan alga.
  6. Kepopuleran: Java Fern adalah salah satu tanaman akuatik paling populer dalam hobi akuarium karena daya tahan dan penampilannya yang menarik.
Baca Juga :  Inilah Jenis Tanaman Penyerap Lembap yang Dapat Mengubah Atmosfer Rumah Anda

Penting untuk memahami kebutuhan dan karakteristik tanaman ini sebelum menambahkannya ke akuarium Anda. Pastikan untuk memeriksa parameter air seperti suhu, pH, dan kekerasan air yang sesuai dengan kebutuhan Java Fern agar tanaman ini tetap sehat dan tumbuh dengan baik dalam akuarium Anda.

17. Cryptocoryne Parva

Tanaman ini memiliki daun kecil yang cocok untuk mengisi bagian depan akuarium. Cryptocoryne Parva tumbuh dengan baik dalam cahaya sedang.

18. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears adalah tanaman karpet yang tumbuh sangat rimbun dengan daun kecil. Ini adalah pilihan yang menakjubkan untuk lanskap akuarium yang halus.

19. Hairgrass

Hairgrass adalah tanaman rumput yang tumbuh merayap dan menciptakan lanskap yang alami. Ini adalah pilihan yang bagus untuk menciptakan tampilan seperti padang rumput di dalam akuarium.

20. Hygrophila Corymbosa

Tanaman ini memiliki daun panjang dan lebar dengan warna hijau cerah. Hygrophila Corymbosa memberikan tampilan yang subur pada akuariummu.

Itulah 20 jenis tanaman aquascape yang bagus untuk akuariummu, Sobat Bertanam.com! Dengan memilih tanaman-tanaman ini, kamu dapat menciptakan lanskap bawah air yang indah dan sekaligus menjaga kualitas air dalam akuarium. Jangan lupa untuk merawat dan memberikan cahaya yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags