20 Jenis Tanaman Hias Daun Varigata Paling Populer Untuk Mempercantik Halaman

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 20 jenis tanaman hias daun variegata paling populer yang mungkin bisa menjadi tambahan cantik di dalam ruangan atau taman Anda. Tanaman hias daun variegata memiliki daya tarik unik karena daunnya yang berwarna-warni, sehingga memberikan sentuhan indah dan menarik perhatian. Tanaman-tanaman ini juga relatif mudah perawatannya, cocok untuk pemula maupun penggemar tanaman berpengalaman. Mari kita simak bersama daftar tanaman hias daun variegata yang dapat menambah keindahan dan kesegaran di lingkungan sekitar kita!

1. Calathea Medallion (Calathea veitchiana)

Calathea Medallion adalah salah satu tanaman hias daun variegata paling populer dengan daun besar berwarna hijau gelap dan bintik-bintik kuning atau putih di bagian atasnya. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang tidak terlalu terik dan perawatan yang cukup lembab.

2. Pothos (Epipremnum aureum)

Tanaman pothos juga dikenal sebagai “rajan pucuk” memiliki daun hijau yang cantik dengan corak variegata berwarna putih atau kuning. Pothos merupakan tanaman hias yang cocok diletakkan dalam ruangan dengan pencahayaan yang sedang.

3. Philodendron Brasil (Philodendron hederaceum ‘Brasil’)

Tanaman Philodendron Brasil memiliki daun hijau tua dengan garis putih atau kuning di tengahnya. Tanaman ini mudah tumbuh dan cocok diletakkan di ruangan yang cahayanya disaring.

4. Aglaonema (Aglaonema spp.)

Aglaonema (Aglaonema spp.) adalah salah satu kelompok tanaman hias yang populer untuk ditanam di dalam ruangan. Jenis tanaman ini termasuk ke dalam genus Aglaonema yang tergolong dalam keluarga Araceae. Sebagai tanaman hias, Aglaonema terkenal karena daunnya yang indah dan beragam pola serta warna.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias Aglaonema yang populer:

  1. Aglaonema commutatum: Ini adalah salah satu spesies Aglaonema yang umum dan sering dijumpai di pasar tanaman hias. Daunnya biasanya berwarna hijau tua dengan pola putih atau keperakan. Varietas populer termasuk ‘Silver Queen’ dan ‘Silver King’.
  2. Aglaonema pictum: Spesies ini memiliki daun berukuran kecil hingga sedang dengan beragam pola seperti silver, kuning, atau merah muda. Varian yang populer termasuk ‘Tricolor’ dengan daun berpola merah muda, hijau, dan perak.
  3. Aglaonema ‘Red Siam’: Jenis ini memiliki daun berwarna hijau tua hingga merah muda cerah dengan vena merah yang mencolok. Daun yang berwarna merah cerah sering kali menjadi daya tarik utama tanaman ini.
  4. Aglaonema crispum: Jenis ini memiliki daun yang lebih panjang dan berwarna hijau tua. Pola putih atau kuning berbentuk garis atau bintik-bintik mencolok pada daunnya.
  5. Aglaonema ‘Maria’: Tanaman hias ini memiliki daun dengan warna dasar hijau tua hingga merah muda dengan vena putih. Daunnya agak lebar dan berbentuk oval.
  6. Aglaonema ‘Emerald Beauty’: Jenis ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan pola silver yang mencolok di tengah daun.
Baca Juga :  Tanaman Rambat Gantung Langka yang Akan Membuat Taman Anda Tampil Beda

Itu hanya beberapa contoh jenis tanaman hias Aglaonema yang populer dan ada banyak variasi lainnya dengan kombinasi warna dan pola yang menarik. Setiap jenis Aglaonema memiliki ciri khasnya sendiri, dan keindahan mereka membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk menghiasi ruangan dalam rumah atau kantor.

5. Dieffenbachia (Dieffenbachia spp.)

Tanaman Dieffenbachia memiliki daun besar dengan corak variegata yang mencolok. Beberapa spesiesnya memiliki kombinasi warna putih, hijau, dan kuning. Perlu diingat, tanaman ini harus ditempatkan di tempat teduh sebagian karena sinar matahari langsung dapat merusak daunnya.

6. Sansevieria Trifasciata ‘Laurentii’

Sansevieria Trifasciata ‘Laurentii’ atau lidah mertua memiliki daun berbentuk pedang dengan tepi kuning yang elegan. Tanaman ini tahan kekeringan dan cocok diletakkan di lingkungan dengan cahaya sedang hingga rendah.

7. Fittonia (Fittonia spp.)

Fittonia, juga dikenal sebagai “nerve plant,” memiliki daun berwarna hijau muda dengan urat daun berwarna merah muda, merah, atau putih. Tanaman ini senang berada di tempat lembap dan cahaya yang tidak terlalu terang.

8. Anthurium (Anthurium andraeanum)

Anda pasti mengenal Anthurium dengan bunga berbentuk hati yang cantik, tetapi beberapa varietasnya juga memiliki daun berwarna hijau gelap dengan variegasi putih yang menarik perhatian. Tanaman ini menyukai kelembapan tinggi dan cahaya yang terang.

9. Peperomia Obtusifolia

Peperomia Obtusifolia adalah tanaman hias daun tebal berwarna hijau dengan corak variegata putih atau kuning. Tanaman ini relatif mudah dirawat dan menyukai cahaya sedang hingga rendah.

10. Syngonium (Syngonium podophyllum)

Tanaman Syngonium memiliki daun berbentuk hati dengan corak variegata berwarna putih, krem, atau kuning. Tanaman ini dapat tumbuh baik di tempat teduh hingga cahaya yang terang.

Baca Juga :  Menghadirkan Keindahan Alam: 11 Inspirasi Tanaman Hias Mini yang Cocok untuk Meja Kerja Anda

11. Maranta Leuconeura (Maranta leuconeura)

Maranta Leuconeura, juga dikenal sebagai “prayer plant,” memiliki daun berwarna hijau gelap dengan corak variegata merah muda atau merah. Tanaman ini membutuhkan kelembapan tinggi dan pencahayaan yang cerah tapi tidak langsung terkena sinar matahari.

12. Croton (Codiaeum variegatum)

Croton memiliki daun beraneka warna dan bentuk, termasuk varietas variegata dengan kombinasi warna kuning, oranye, merah, dan hijau yang mencolok. Tanaman ini menyukai sinar matahari yang terang.

13. Alocasia (Alocasia spp.)

Alocasia atau “telinga gajah” memiliki daun besar berbentuk segitiga dengan corak variegata menarik. Beberapa varietasnya memiliki warna putih atau kuning yang mencolok di daunnya. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang terang.

14. Tradescantia (Tradescantia spp.)

Tanaman Tradescantia memiliki daun berwarna hijau muda dengan corak variegata unik berwarna putih atau perak. Tanaman ini menyukai pencahayaan yang terang tetapi tidak langsung terkena sinar matahari.

15. Dracaena (Dracaena spp.)

Dracaena adalah tanaman hias daun variegata yang memiliki beragam bentuk dan warna daun. Beberapa varietasnya memiliki daun berwarna hijau dengan garis putih atau kuning, sementara yang lain memiliki corak bercak-bercak menarik. Tanaman ini cocok diletakkan di tempat cahaya sedang hingga rendah.

16. Chlorophytum Comosum (Chlorophytum comosum)

Chlorophytum Comosum atau spider plant memiliki daun berwarna hijau dengan variegasi putih atau kuning yang mencolok. Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya sedang hingga terang dan suka dengan kelembapan.

17. Ficus elastica ‘Tineke’

Ficus elastica ‘Tineke’ memiliki daun hijau gelap dengan garis-garis putih atau krem yang menciptakan tampilan yang elegan. Tanaman ini menyukai cahaya terang tapi tidak langsung terkena sinar matahari.

18. Peperomia Raindrop (Peperomia polybotrya)

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Purbalingga

Tanaman Peperomia Raindrop memiliki daun tebal berbentuk air mata dengan corak variegata berwarna kuning atau putih. Tanaman ini menyukai cahaya sedang hingga terang dan perawatan yang mudah.

19. Coleus (Solenostemon scutellarioides)

Tanaman Coleus memiliki daun berwarna cerah dengan corak variegata yang beragam. Beberapa varietasnya memiliki kombinasi warna kuning, merah, oranye, dan hijau yang menarik. Tanaman ini menyukai cahaya terang hingga terik.

20. Begonia (Begonia spp.)

Begonia adalah tanaman hias daun variegata dengan beragam bentuk dan warna daun. Beberapa varietasnya memiliki daun berwarna hijau dengan corak putih, krim, atau merah muda yang menawan. Tanaman ini menyukai kelembapan tinggi dan cahaya sedang hingga terang.

Demikianlah 20 jenis tanaman hias daun variegata paling populer yang dapat Anda pertimbangkan untuk menghiasi rumah atau taman Anda. Tanaman-tanaman ini tidak hanya memberikan keindahan visual dengan corak warna yang menarik, tetapi juga memiliki manfaat menyegarkan udara di sekitar kita. Sebagai pecinta tanaman, jangan ragu untuk mencoba menanam dan merawat tanaman-tanaman ini agar tumbuh dengan subur dan cantik. Selamat berkebun, Sobat Bertanam.com, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags