21 Tanaman Indoor Kaya Manfaat yang Wajib Anda Miliki di Rumah

Eiji

Sobat Bertanam.com, Hello! Apakah kamu suka tanaman? Menanam tanaman adalah hobi yang sangat menyenangkan. Tanaman indoor adalah pilihan yang tepat jika kamu tinggal di apartemen atau rumah yang tidak memiliki halaman. Selain memberikan sentuhan hijau pada rumahmu, tanaman indoor juga memiliki banyak manfaat yang bisa membuat hidupmu lebih baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas 21 tanaman indoor yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Siap-siap untuk mengeksplorasi keajaiban alam dalam pot!

1. Lavender (Lavandula angustifolia)

Lavender bukan hanya indah, tapi juga memiliki aroma yang menenangkan. Tanaman ini membantu mengurangi stres dan memberikan tidur yang lebih nyenyak. Dengan meletakkan pot lavender di kamar tidur, kamu akan merasakan ketenangan yang luar biasa.

21 tanaman indoor yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah sumber kebahagiaan dan kesejahteraan bagi kita semua. Dari tanaman hias hingga tanaman obat, semuanya memberikan manfaat yang tak terhitung. Inilah kenapa menanam tanaman indoor begitu populer, selain tanaman outdoor.

2. Aloe Vera (Aloe barbadensis miller)

Aloe vera adalah tanaman yang multi-gunanya. Gel dari daunnya dapat digunakan untuk meredakan luka bakar, jerawat, dan merawat rambut. Menempatkan aloe vera di dalam ruangan adalah keputusan cerdas untuk kesehatan dan kecantikanmu.

Baca Juga :  Jenis Tanaman Hias dalam Pot yang Perlu Anda Coba Saat Ini!

3. Mint (Mentha)

Mint adalah tanaman yang segar dan harum. Daun mint bisa digunakan untuk membuat teh, minuman segar, atau bahkan untuk menyegarkan napasmu. Mint juga memiliki sifat antimikroba yang membantu menjaga kebersihan udara di sekitarmu.

4. Lavender (Lavandula angustifolia)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lavender memiliki manfaat menenangkan. Aromanya yang lembut bisa membantu meredakan kecemasan dan memberikan tidur yang lebih nyenyak. Selain itu, lavender juga bisa digunakan dalam berbagai resep masakan.

5. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant adalah salah satu tanaman pembersih udara terbaik. Tanaman ini dapat menghilangkan racun seperti formaldehida dan xilena. Cocok untuk diletakkan di dalam kamar tidur atau ruang keluarga.

6. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Snake plant adalah tanaman yang sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang tidak ideal. Ia dapat bertahan dalam cahaya rendah dan memurnikan udara dengan baik. Tanaman ini juga dijuluki “Mother-in-Law’s Tongue,” tetapi jangan biarkan julukannya membuatmu ragu untuk memiliki satu!

7. Peace Lily (Spathiphyllum wallisii)

Sobat Bertanam.com, Peace lily adalah tanaman yang memiliki bunga putih yang indah. Selain menambah keindahan ruangan, tanaman ini juga membantu menghilangkan berbagai jenis polutan udara. Peace lily adalah pilihan yang bagus untuk ruang tamu atau kantor.

8. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary adalah tanaman herbal yang bisa digunakan dalam masakan. Daunnya memiliki aroma yang khas dan memberikan hidanganmu sentuhan istimewa. Selain itu, rosemary juga dikaitkan dengan meningkatkan konsentrasi dan memori.

9. Philodendron (Philodendron spp.)

Philodendron adalah tanaman hias yang mudah perawatannya. Ia dapat hidup di berbagai kondisi cahaya dan memperindah ruangan dengan daun-daun hijau yang indah.

10. Basil (Ocimum basilicum)

Basil adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan Italia. Daunnya yang harum dapat meningkatkan cita rasa hidanganmu. Tanaman ini juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hias Pisang Pisangan yang Cocok untuk Rumah Anda

11. Kalanchoe (Kalanchoe blossfeldiana)

Kalanchoe adalah tanaman berbunga yang cantik. Bunga-bunga kecilnya akan mempercantik ruanganmu. Selain itu, Kalanchoe juga memiliki sifat penyembuhan dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

12. Cactus (Cactaceae)

Cactus adalah tanaman yang sangat tahan kekeringan. Ia memerlukan sedikit perawatan dan bisa hidup dalam kondisi lingkungan yang keras. Cocok untuk kamu yang sibuk atau sering lupa menyiram tanaman.

13. Lemon Tree (Citrus limon)

Menanam pohon lemon di dalam ruangan bisa memberikanmu akses ke buah segar sepanjang tahun. Selain itu, aroma lemon yang menyegarkan juga bisa meningkatkan suasana di rumah.

14. Jasmine (Jasminum)

Jasmine adalah tanaman yang harum dan memiliki bunga yang indah. Aroma bunganya dapat membantu meredakan stres dan menciptakan atmosfer yang romantis.

15. Pothos (Epipremnum aureum)

Pothos adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh. Ia cocok untuk pemula dalam dunia tanaman hias. Selain itu, pothos juga membantu membersihkan udara dari polusi.

16. Geranium (Pelargonium)

Geranium adalah tanaman yang sering digunakan dalam parfum dan minyak aromaterapi. Ia memiliki aroma yang manis dan dapat memberikan efek menenangkan.

17. Bay Leaf (Laurus nobilis)

Bay leaf adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya memiliki aroma yang khas dan memberikan rasa kaya pada hidangan. Selain itu, bay leaf juga digunakan dalam pengobatan tradisional.

18. Orchid (Orchidaceae)

Orchid adalah tanaman berbunga yang anggun. Bunga-bunganya memiliki berbagai warna yang indah. Menanam orchid dapat memberikan sentuhan elegan pada rumahmu.

19. Kalanchoe (Kalanchoe blossfeldiana)

Kalanchoe adalah tanaman berbunga yang cantik. Bunga-bunga kecilnya akan mempercantik ruanganmu. Selain itu, Kalanchoe juga memiliki sifat penyembuhan dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

20. Cactus (Cactaceae)

Cactus adalah tanaman yang sangat tahan kekeringan. Ia memerlukan sedikit perawatan dan bisa hidup dalam kondisi lingkungan yang keras. Cocok untuk kamu yang sibuk atau sering lupa menyiram tanaman.

Baca Juga :  Tanaman Hias Daun Terpopuler untuk Dekorasi Ruangan Anda

21. Lemon Tree (Citrus limon)

Menanam pohon lemon di dalam ruangan bisa memberikanmu akses ke buah segar sepanjang tahun. Selain itu, aroma lemon yang menyegarkan juga bisa meningkatkan suasana di rumah.

Menanam tanaman indoor atau tanaman hias dalam ruangan memiliki banyak manfaat, termasuk:

  1. Peningkatan Kualitas Udara: Tanaman indoor membantu membersihkan udara dari polusi dan toksin, seperti formaldehida dan benzena. Mereka juga dapat meningkatkan tingkat kelembaban ruangan.
  2. Peningkatan Kesejahteraan: Kehadiran tanaman indoor dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan atmosfer yang lebih santai dan damai di dalam ruangan.
  3. Peningkatan Produktivitas: Tanaman hias dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di lingkungan kerja atau belajar.
  4. Dekorasi dan Estetika: Tanaman indoor dapat menjadi elemen dekoratif yang menambah keindahan dan warna pada ruangan. Mereka dapat membantu menciptakan tampilan yang lebih hidup dan segar.
  5. Penghilang Suara: Beberapa tanaman indoor dapat meredakan suara dan getaran, menjadikannya pilihan yang baik untuk memperbaiki akustik di dalam ruangan.
  6. Pembasmi Stres: Menyaksikan tanaman tumbuh dan berkembang dapat memberikan rasa ketenangan dan mengurangi gejala stres.
  7. Pemurnian Udara: Beberapa tanaman indoor, seperti sansevieria dan pohon karet, memiliki kemampuan untuk menghilangkan senyawa berbahaya dari udara.
  8. Pengatur Suhu: Tanaman indoor dapat membantu mengatur suhu ruangan dengan melembabkan udara dan mengurangi suhu di lingkungan yang panas.
  9. Menumbuhkan Keterampilan Taman: Menanam dan merawat tanaman dalam ruangan adalah cara yang baik untuk memulai atau meningkatkan keterampilan taman Anda.
  10. Meningkatkan Fungsi Paru-paru: Dalam penelitian tertentu, menaruh tanaman di sekitar Anda dapat membantu meningkatkan kinerja paru-paru dan kapasitas oksigen di dalam tubuh.

Ingatlah bahwa setiap tanaman memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda, jadi penting untuk memilih tanaman yang sesuai dengan lingkungan dan kemampuan perawatan Anda. Selain itu, pastikan untuk memberikan perawatan yang tepat seperti penyiraman, cahaya, dan pupuk agar tanaman tetap sehat dan berfungsi sesuai yang diharapkan.

Dengan memiliki salah satu atau beberapa dari tanaman indoor ini, kamu tidak hanya memperindah rumahmu, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Jadi, jangan ragu untuk memulai koleksi tanaman indoormu sekarang juga! Dalam artikel berikutnya, kita akan membahas cara merawat tanaman ini dengan baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Bertanam.com!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags