Alat Pertanian Modern Yang Wajib Kamu Ketahui

Eiji

Alat Pertanian Modern – Salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan di dalam bercocok tanam, yaitu adanya ketersediaan alat pertanian baik itu dalam ukuran yang kecil ataupun yang besar. Seiring dengan perkembangan teknologi, terciptalah suatu alat pertanian yang modern yang dapat memudahkan para petani untuk melakukan berbagai tugasnya.

Indonesia adalah salah satu negara agraris yang sebagian besar dari penduduknya yaitu bertani. Meskipun adaa sebagian petani yang masih menggunakan alat-alat pertanian tradisional. Namun kamu tetap harus mengetahui alat pertanian modern apa saja yang ada agar mampu untuk bersaing dengan negara yang lainnya. Berdasarkan dengan fungsinya, alat pertanian modern ini dapat dibedakan menjadi 3 kategori.

Pertama yaitu sebagai alat pengolah tanah, kedua yaitu sebagai alat penanaman modern, ketiga yaitu sebagai alat pemanenan.  Untuk bisa mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa alat pertanian modern,

Alat Pengolah Tanah

Alat-alat pengolahan tanah dapat digunakan untuk bisa menyuburkan serta untuk menggemburkan tanah sebelum nantinya masuk ke dalam proses penanaman.

Traktor

Traktor ini merupakan alat yang modern yang seringkali digunakan oleh banyak para petani untuk digunakan sebagai mengolah tanah. Terdapat traktor besar dan juga kecil dengan mempunyai dua jenis roda.

Jenis traktor yang beroda rantai dapat digunakan untuk tanah yang berlumpur, sedangkan untuk yang roda dua biasa digunakan untuk tanah yang kering.

Rotavator

Rotavator ini adalah salah satu alat pengolah tanah yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu pengolahan diolah dan juga dilakukan dengan membolak-balikkan tanah, memotong serta mencacah tanah.

Baca Juga :  Kiat Memilih Alat Pasca Panen Padi untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Tani

Sedangkan untuk mengolah tanah pada tahap kedua yaitu tanah bisa menjadi rapi, hama-hama dalam tanaman hilang, serta tata air yang menjadi rapi.

Garu Sisir

Penggunaan alat garu sisir ini dilakukan setelah mengolah tanah dengan menggunakan  bajak singkal. Umumnya, para petani tersebut membawa alat satu ini ketika sawah sedang dalam kondisi basah, supaya tanah nantinya menjadi gembur.

Bajak singkal

Bajak singkal  merupakan salah satu alat untuk bisa mengolah tanah sawah cara modern. Alat ini juga mempunyai dua jenis, yaitu bajak singkal dengan satu arah serta bajak singkal dengan mempunyai dua arah. Alat ini sangat berguna untuk bisa membolak-balikkan tanah.

Bajak Subsoil

Alat pertanian modern yang  satu ini sudah ada di Indonesia yaitu bajak subsoil. Alat ini sangat berfungsi agar tanah bisa pecah dengan kedalaman 20-36 inci, untuk bisa membuat parit dan lahan tanam.

Garu Piring

Garu piring ini merupakan alat modern yang mempunyai berfungsi untuk mengelola tanah sebelum dilakukan penanaman. Alat ini juga bisa untuk membersihkan lahan tanam dari rumput yang sangat bala. Setelah kamu melakukan penanaman, gunakanlah Garu piring kembali untuk bisa menutupi bibit yang ada dalam tanah.

Alat Penanaman dan Perawatan Modern

Jika biasanya para petani akan melakukan penanaman dengan cara manual ataupun dengan menggunakan tenaga manusia, kini berbeda halnya dengan telah hadirnya alat penanaman modern ini.

Dimana alat-alat yang satu ini memudahkan para petani untuk bisa bercocok tanam. Cara kerja dari mesin penanaman modern ini yakni dengan cara memasukkan benih atau bibit ke dalam tanah yang sudah gembur.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat penanaman modern yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu :

  • Mesin Penanam Padi
Baca Juga :  Mengenal Mesin Panen Padi dan Jenisnya untuk memilih mesin padi yang tepat

Kehadiran pertama kali mesin tanam padi ini mampu untuk mempersingkat para petani dalam proses penanaman. Jika yang sebelumnya harus membutuhkan waktu panjang dan juga tenaga yang banyak dengan melalui proses yang manual, tentunya biaya nya juga akan semakin besar. Dengan menggunakan alat tanam padi moderen ini dianggap penemuan yang sangat sangat membantu sekali para petani.

  • Mesin Penanam Jagung

Penanaman jagung ini dapat untuk dibantu dengan menggunakan BW2BJG-4. Alat ini akan melakukan proses dari penempatan benih atau pun biji dengan menggunakan kedalaman tertentu. Jika alat ini dibandingkan dengan tenaga dari manusia, tentu alat penanam jagung moderen BW2BJG-4 ini mampu untuk bekerja dengan lebih cepat.

Setelah kamu selesai melakukan proses penanaman, langkah yang selanjutnya yaitu kamu bisa untuk memelihara tanaman hingga masa panen. Ada juga alat-alat perawatan tanaman yang berfungsi untuk bisa memudahkan dalam membantu proses pemupukan dan serta pengairan.

  • Mesin Penanam kentang otomatis

Kentang merupakan suatu komoditas pertanian yang terbilang penting, karena itu banya sekali permintaan suatu kentang yang berkualitas terus meningkat. Untuk bisa menanamnya, para petani harus bisa menyebarkan kentang di lahan pertanian dengan satu persatu dan juga harus menyiapkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Untuk bisa mengatasi hal ini kamu bisa untuk menggunakan mesin penanam kentang otomatis ini.

Berikut ini adalah beberapa macam alat perawatan tanaman modern yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Mesin Penebar Pupuk
  2. Mesin Penyemprot Air
  3. Mesin Irigasi
  4. Mesin Penutup Tanah

Alat Pemanenan Modern

Kehadiran dari alat pemanenan modern ini dapat untuk memudahkan para petani untuk mengumpulkan hasil panennya dalam jumlah yang cukup besar. Dengan menggunakan alat ini, para petani bisa untuk menghemat biaya waktu, serta tenaga yang petani diperlukan.

Baca Juga :  Inovasi Alat Penyimpanan Produk Hortikultura: Meningkatkan Keberlanjutan dan Kualitas Produk Pertanian

Berikut ini adalah beberapa alat pemanenan modern yang harus para petani iketahui, diantaranya yaitu:

  1. Mesin Pemanen Gandum
  2. Mesin Pemetik Kapas
  3. Mesin Pemanen Kentang
  4. Mesin Pemanen Jagung
  5. Mesin Pemanen Padi
  6. Mesin Pemanen Tebu

Manfaat Dari Alat – Alat Pertanian Modern

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa mesin pertanian modern ini sangat berat, dan membutuhkan penyimpanan dan juga perawatan khusus, serta mahal. Namun, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan yang bisa melebihi modal yang sudah kamu keluarkan. Berikut ini ada beberapa manfaatnya.

  • Menghemat Waktu

Dengan menggunakan mesin pertanian modern, kamu dapat untuk menghemat waktu dan juga bisa untuk mempercepat pengolahan hasil dari pertanian. Untuk pertanian yang berskala besar, ini sangatlah bermanfaat dan juga bisa untuk memberikan keuntungan yang bahkan keuntungannya berlipat ganda.

  • Membuat Hasil Yang Lebih Baik

Karena mesin tersebut telah dibuat dengan menggunakan riset dan juga kontrol kualitas ketat, produk dalam pertanian yang dihasilkanpun akan lebih konsisten dan juga lebih rapi. Contohnya saja seperti combine harvester yang mampu untuk memanen dengan rapi dan juga untuk mengupas dengan jeli.

  • Menghemat Tenaga

Menanam tanaman varietas tertentu, contohnya saja seperti padi misalnya, memanglah cenderung cukup melelahkan. Itulah alasan dari mengapa banyak sekali orang yang menyerah dengan proses ini. Nah, untuk kamu yang merasa butuh sekali bantuan tenaga besar, mesin pertanian modern ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Demikian artikel tentang daftar alat pertanian modern yang perlu kamu ketahui. Tidak bisa untuk dipungkiri lagi, bahwa perkembangan teknologi pertanian jaman sekarang nantinya bakal terus maju. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa para petani tersebuat akan menggunakan alat pertanian yang jauh lebih modern dan juga lebih variatif.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags