Eksplorasi 14 Jenis Tanaman Hias Terkini yang Bisa Mencerahkan Ruangan Anda

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Kita semua tahu bahwa tanaman hias adalah salah satu cara terbaik untuk meramaikan ruangan dan memberikan nuansa segar di rumah. Tahun 2023 membawa berbagai jenis tanaman hias yang sedang tren, dan dalam artikel ini, kita akan membahas 14 jenis tanaman hias yang akan mendominasi tahun ini. Jika Anda seorang pecinta tanaman, pastikan untuk mengikuti tren ini dan menghiasi rumah Anda dengan keindahan alam.

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa, atau biasa disebut Swiss Cheese Plant, adalah salah satu tanaman hias yang sedang naik daun. Tanaman ini dikenal dengan daunnya yang besar dan berlubang, memberikan sentuhan tropis pada ruangan Anda. Monstera Deliciosa juga mudah dirawat, sehingga cocok untuk pemula dalam dunia tanaman hias.

2. Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia adalah pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari tanaman dengan daun berpola yang indah. Daunnya yang besar dengan pola hijau dan putih membuatnya menjadi tanaman yang sangat estetis. Selain itu, Calathea Orbifolia juga dikenal sebagai tanaman yang menambah kelembapan udara di dalam ruangan.

3. Hoya Carnosa Compacta

Hoya Carnosa Compacta, atau Wax Plant, adalah tanaman hias yang memiliki daun berbentuk lilin yang unik. Tanaman ini juga menghasilkan bunga indah yang berwarna putih atau merah muda. Hoya Carnosa Compacta adalah pilihan yang bagus untuk ditempatkan di rak atau gantungan pot.

4. Snake Plant (Sansevieria)

Tanaman Sansevieria, atau yang lebih dikenal dengan Snake Plant, adalah tanaman hias yang tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Snake Plant memiliki bentuk daun yang khas, seperti ular, dan bisa menjadi tanaman indoor yang sangat menarik.

Baca Juga :  Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat untuk Pemula

5. Pilea Peperomioides

Pilea Peperomioides, atau Chinese Money Plant, adalah tanaman hias yang memiliki daun bundar dan menggemaskan. Tanaman ini sering dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan. Menempatkan Pilea di rumah Anda dapat membawa nuansa positif.

6. Aglaonema

Aglaonema adalah tanaman hias yang sangat populer karena berbagai warna daunnya yang menarik. Ada berbagai varietas Aglaonema dengan pola daun yang berbeda, seperti Silver Bay, Red Lipstick, dan Golden Bay. Ini adalah tanaman hias yang sempurna untuk memberikan sentuhan warna pada ruangan Anda.

7. Ficus lyrata

Ficus lyrata, atau Fiddle Leaf Fig, adalah tanaman hias dengan daun besar berbentuk biola. Tanaman ini memberikan nuansa alam tropis dan elegan di dalam ruangan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa Ficus lyrata memerlukan perawatan ekstra agar tetap sehat.

8. String of Pearls (Senecio Rowleyanus)

String of Pearls adalah tanaman hias dengan potongan panjang yang berbentuk seperti mutiara. Tanaman ini sangat cocok untuk digantung dan menciptakan tampilan yang unik di rumah Anda. String of Pearls juga mudah dirawat, sehingga cocok untuk pemula.

9. Peperomia Obtusifolia

Peperomia Obtusifolia adalah tanaman hias dengan daun tebal dan hijau yang cantik. Tanaman ini cocok untuk ditempatkan di meja atau rak. Peperomia juga dikenal sebagai tanaman yang mudah dirawat dan tahan terhadap berbagai kondisi.

10. Alocasia Polly

Alocasia Polly, atau African Mask Plant, adalah tanaman hias dengan daun berbentuk segitiga yang unik. Tanaman ini memberikan nuansa eksotis pada ruangan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa Alocasia Polly memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat.

11. ZZ Plant (Zamioculcas Zamiifolia)

ZZ Plant, atau Zamioculcas Zamiifolia, adalah tanaman hias yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi, termasuk kurangnya cahaya. Ini adalah tanaman yang sempurna untuk mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk perawatan tanaman.

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Pati

12. Philodendron Birkin

Philodendron Birkin adalah tanaman hias dengan daun berpola yang unik, berwarna hijau gelap dengan strip putih. Tanaman ini dapat menjadi pilihan yang indah untuk ditempatkan di dalam pot atau digantung. Philodendron Birkin juga mudah dirawat.

13. Maranta Leuconeura

Maranta Leuconeura, atau Prayer Plant, adalah tanaman hias dengan daun berpola yang menarik. Daunnya akan terbuka pada siang hari dan menutup pada malam hari seperti berdoa. Ini adalah tanaman yang menarik untuk diobservasi.

14. Anthurium

Terakhir, Anthurium adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga yang cantik dan tahan lama. Bunga Anthurium memiliki bentuk hati yang khas. Tanaman ini akan memberikan sentuhan elegan pada rumah Anda.

Merawat tanaman hias dengan baik adalah kunci untuk menjaga tanaman tetap sehat dan indah. Berikut adalah beberapa tips umum untuk merawat tanaman hias dengan baik:

  1. Penyiraman yang Tepat: Setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda. Pastikan untuk mengetahui kebutuhan penyiraman tanaman Anda. Sebagian besar tanaman lebih suka disiram ketika tanah di permukaan mulai mengering. Jangan biarkan tanaman tergenang air, karena ini dapat mengakibatkan akar busuk.
  2. Pencahayaan yang Cukup: Setiap tanaman memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda pula. Beberapa tanaman memerlukan sinar matahari langsung, sementara yang lain lebih baik ditempatkan di tempat yang teduh. Pastikan untuk menempatkan tanaman sesuai dengan kebutuhan pencahayaannya.
  3. Pemupukan Teratur: Tanaman hias memerlukan nutrisi tambahan dari waktu ke waktu. Gunakan pupuk yang dirancang khusus untuk tanaman hias dan ikuti petunjuk pemupukan yang dianjurkan pada label.
  4. Pemangkasan: Pemangkasan bisa diperlukan untuk merawat bentuk dan ukuran tanaman. Ini juga dapat membantu tanaman tumbuh lebih baik. Hapus daun atau cabang yang mati atau rusak.
  5. Perawatan Kebersihan: Bersihkan daun tanaman secara teratur dengan lap lembab untuk menghilangkan debu yang dapat menghambat fotosintesis. Ini juga dapat membantu mencegah serangan hama.
  6. Pengendalian Hama dan Penyakit: Perhatikan tanda-tanda serangan hama atau penyakit pada tanaman Anda. Tindak cepat jika Anda melihat masalah ini. Penggunaan insektisida alami atau sabun serangga bisa membantu.
  7. Pot yang Sesuai: Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki lubang drainase untuk mencegah genangan air di dalam pot. Ini akan membantu mencegah akar tanaman dari pembusukan.
  8. Pemindahan yang Bijak: Jika tanaman Anda tumbuh terlalu besar untuk potnya, pertimbangkan untuk memindahkannya ke pot yang lebih besar. Ini akan memberikan ruang yang lebih baik bagi akar tanaman untuk tumbuh.
  9. Monitoring Kelembapan: Beberapa tanaman hias memerlukan tingkat kelembapan yang lebih tinggi. Anda bisa menggunakan semprotan air atau humidifier untuk meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman.
  10. Cintai Tanaman Anda: Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, berikan perhatian dan cinta kepada tanaman Anda. Sentuhan kasih sayang Anda dapat membuat tanaman tumbuh lebih baik.
Baca Juga :  Tanaman yang Cocok untuk Hidrogel: Panduan Lengkap

Ingatlah bahwa setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi selalu baik untuk melakukan penelitian tentang jenis tanaman hias yang Anda miliki dan memahami kebutuhan khususnya. Dengan merawat tanaman dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa mereka akan tetap indah dan sehat selama bertahun-tahun.

Dengan berbagai jenis tanaman hias yang sedang tren di tahun 2023, Anda memiliki banyak pilihan untuk menghiasi rumah Anda. Jangan ragu untuk mencoba beberapa dari tanaman-tanaman ini dan buatlah rumah Anda lebih segar dan indah. Ingatlah untuk merawat tanaman Anda dengan baik agar tetap sehat dan cantik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Bertanam.com!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags