Eksplorasi Jenis-Jenis Bunga Calathea yang Menakjubkan: Pilih yang Tepat untuk Taman atau Interior Anda

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang beberapa jenis bunga Calathea yang cantik dan menawan. Jika Anda pecinta tanaman hias, tentu tidak asing lagi dengan bunga-bunga indah dari keluarga Calathea ini. Mari kita eksplorasi bersama beberapa varietas menarik dari tanaman hias yang populer ini!

1. Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia memiliki daun yang lebar dan bulat dengan pola daun yang sangat indah, yaitu warna hijau pekat dengan garis-garis putih atau perak yang mempesona. Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan karena ia dapat tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Keindahan daunnya membuatnya menjadi salah satu favorit bagi para pecinta tanaman hias.

2. Calathea Medallion

Calathea Medallion memiliki pola daun yang memikat hati dengan corak unik berwarna hijau tua di tengah daun dan dikelilingi oleh warna hijau lebih terang di pinggirannya. Ketika dedaunan ini bergerak, Anda akan melihat bagian bawah daun berwarna merah muda yang menakjubkan. Bunga-bunga kecil yang tidak terlalu mencolok juga muncul di musim semi, menambah pesona tanaman ini.

3. Calathea Zebrina

Calathea Zebrina adalah salah satu jenis Calathea yang paling ikonik karena garis-garis unik seperti zebra yang ada di bagian bawah daunnya. Daunnya sendiri berwarna hijau keabu-abuan dengan garis-garis berwarna ungu gelap. Tanaman ini juga dikenal tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pemula dalam dunia tanaman hias.

4. Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta, atau sering disebut juga sebagai Calathea Dottie, menampilkan daun berwarna hijau gelap dengan bintik-bintik merah muda di bagian atasnya. Bagian bawah daunnya berwarna merah marun. Tanaman ini membutuhkan sedikit perhatian ekstra karena ia lebih memilih tempat yang teduh dan lembab, namun hasilnya sebanding dengan keindahannya.

Baca Juga :  Tanaman Hias Langka yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Bisnis Anda

5. Calathea Lancifolia

Calathea Lancifolia memiliki daun yang lebih kecil dan ramping dengan garis-garis hijau tua yang memanjang di atas daun hijau pucatnya. Tanaman ini memberikan tampilan elegan dan menyegarkan di lingkungan rumah atau kantor Anda. Perawatannya cukup mudah, selama Anda memberikan cukup air dan menjaga kelembaban udara di sekitarnya.

6. Calathea Makoyana

Calathea Makoyana, atau yang sering disebut sebagai Calathea Peacock, memiliki daun yang lebar dengan corak hijau muda dan garis-garis gelap seperti kipas. Ketika dedaunan ini bergerak, Anda akan melihat efek “mengkilap” yang menyerupai bulu-bulu ekor burung merak yang cantik. Tanaman ini memberikan sentuhan tropis yang menawan di area manapun ia ditempatkan.

7. Calathea Rattlesnake

Calathea Rattlesnake memiliki pola daun yang menarik dengan garis-garis gelap seperti sisik ular yang berjajar di atas daun berwarna hijau muda. Bagian bawah daunnya berwarna merah marun, memberikan kontras yang menarik. Tanaman ini tumbuh dengan baik di lingkungan dengan kelembaban tinggi dan cahaya yang terang, namun hindari sinar matahari langsung yang dapat merusak daunnya.

8. Calathea Warscewiczii

Calathea Warscewiczii memiliki daun yang besar dengan corak unik berwarna hijau gelap hingga ungu dengan garis-garis putih dan kuning yang berbentuk seperti jari tangan. Tanaman ini memberikan sentuhan eksotis di taman atau ruangan Anda, dan perawatannya relatif mudah karena ia termasuk tanaman yang cukup tahan terhadap berbagai kondisi.

9. Calathea White Fusion

Calathea White Fusion menampilkan keindahan daun dengan kombinasi warna hijau, putih, hingga merah muda. Pola daunnya sangat unik dan memukau, sehingga menjadi salah satu varietas Calathea yang paling populer. Agar tetap tumbuh dengan baik, pastikan Anda menyediakan lingkungan yang lembab dan tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung.

10. Calathea Freddie

Calathea Freddie memiliki daun yang lebih kecil dan berbentuk lebih oval dengan warna hijau gelap dan garis-garis gelap di sepanjang tulang daun. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di dalam ruangan dengan pencahayaan sedang hingga rendah. Dengan perawatan yang tepat, Calathea Freddie akan tumbuh subur dan memberikan sentuhan keindahan di sudut ruangan Anda.

Baca Juga :  Pilihannya Tepat! Jenis Tanaman untuk Ikan Guppy Yang terbaik

11. Calathea Fasciata

Calathea Fasciata, atau yang dikenal juga sebagai Calathea Bicajoux, memiliki daun berbentuk lancip dengan pola unik yang berwarna hijau gelap dengan garis-garis putih seperti pita yang mengelilingi daun. Tanaman ini memiliki daya tarik visual yang tinggi dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias meja atau rak dinding. Pastikan untuk menjaga kelembaban udara di sekitarnya agar tanaman ini tetap tumbuh subur dan sehat.

12. Calathea Crocata

Calathea Crocata, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Calathea Tangerine, adalah salah satu varietas Calathea yang memiliki bunga cantik berwarna oranye seperti tangerine. Selain daun-daunnya yang menarik, bunga-bunga tangerine ini menambah daya tarik bagi tanaman hias ini. Tanaman ini memerlukan perawatan ekstra agar dapat menghasilkan bunga yang indah, seperti menyediakan cahaya yang cukup dan menyiram dengan air yang tepat.

13. Calathea Beauty Star

Calathea Beauty Star memiliki daun berbentuk oval dengan pola daun yang menarik, yaitu warna hijau tua dengan garis-garis putih dan merah muda yang membentuk bintang. Tanaman ini memberikan nuansa elegan dan menawan di lingkungan rumah atau kantor Anda. Pastikan untuk menjaga suhu dan kelembaban udara yang tepat untuk mendukung pertumbuhan Calathea Beauty Star secara optimal.

14. Calathea Makoyana ‘Peacock Plant’

Calathea Makoyana yang sering disebut juga dengan nama Peacock Plant adalah varietas Calathea yang paling dikenal karena corak daunnya yang menyerupai bulu ekor burung merak. Pola garis-garis hijau gelap yang memanjang di atas daun hijau pucat membuatnya menjadi tanaman hias yang mengagumkan. Jika Anda mencari tanaman yang menonjolkan unsur alam dalam desain interior Anda, Calathea Makoyana adalah pilihan yang sempurna.

15. Calathea Jungle Rose

Calathea Jungle Rose memiliki corak daun yang cantik dengan kombinasi warna merah muda, hijau, dan ungu. Daun-daunnya berbentuk lancip dan menampilkan keindahan yang mengagumkan ketika terlihat dari berbagai sudut. Tanaman ini dapat menambah sentuhan eksotis dan ceria di rumah atau kantor Anda. Pastikan untuk menyediakan lingkungan yang cukup lembab agar tanaman ini tetap subur dan berwarna cerah.

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Karawang

16. Calathea Makoyana ‘Maranta Leuconeura’

Calathea Makoyana juga sering disebut dengan nama Maranta Leuconeura atau Prayer Plant karena daun-daunnya yang mampu bergerak dengan menutup pada malam hari dan membuka pada siang hari. Tanaman ini memiliki pola unik dengan warna hijau gelap di tengah daun dan garis-garis berwarna merah muda di pinggirnya. Selain keindahan daunnya, kemampuan bergeraknya menjadikan Calathea Makoyana menjadi salah satu tanaman hias yang menarik untuk diamati.

17. Calathea Louisae ‘Freddy’

Calathea Louisae, yang akrab disebut sebagai Calathea Freddy, memiliki daun berbentuk oval dengan corak unik berwarna hijau gelap dan garis-garis gelap di sepanjang tulang daun. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di dalam ruangan dengan pencahayaan sedang hingga rendah. Dengan perawatan yang tepat, Calathea Freddy akan tumbuh subur dan memberikan sentuhan keindahan di sudut ruangan Anda.

18. Calathea Warscewiczii ‘Elger Grass’

Calathea Warscewiczii ‘Elger Grass’ memiliki daun yang besar dengan corak unik berwarna hijau gelap hingga ungu dengan garis-garis putih dan kuning yang berbentuk seperti jari tangan. Tanaman ini memberikan sentuhan eksotis di taman atau ruangan Anda, dan perawatannya relatif mudah karena ia termasuk tanaman yang cukup tahan terhadap berbagai kondisi.

19. Calathea Rufibarba

Calathea Rufibarba dikenal juga dengan nama Velvet Calathea karena tekstur daunnya yang lembut seperti beludru. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis-garis merah muda yang indah. Tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri dan akan memberikan sentuhan kelembutan di ruangan Anda. Pastikan untuk menjaga kelembaban udara di sekitarnya agar daun-daunnya tetap cantik dan menawan.

20. Calathea Freddie ‘Triostar’

Calathea Freddie ‘Triostar’ merupakan salah satu varietas Calathea yang paling menarik karena memiliki kombinasi warna hijau, putih, hingga merah muda yang spektakuler. Pola daunnya sangat unik dan memukau, sehingga menjadi salah satu pilihan favorit bagi para pecinta tanaman hias. Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang lembab dan cahaya yang terang namun tidak langsung terkena sinar matahari.

Terima kasih telah menemani kami dalam menjelajahi dunia menakjubkan dari berbagai jenis bunga Calathea. Setiap varietas Calathea memiliki pesona dan keunikan sendiri, sehingga menjadikan mereka pilihan yang populer sebagai tanaman hias. Jangan ragu untuk mengoleksi beberapa varietas Calathea di rumah atau ruangan Anda untuk menambahkan keindahan alam dan nuansa segar di sekitar Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang menyukai jenis jenis tanaman hias daun menginspirasi untuk menanam lebih banyak jenis Calathea di kebun atau taman rumah Anda. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Bertanam.com. Selamat berkebun dan semoga memiliki waktu yang menyenangkan bersama tanaman-tanaman cantik Anda!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags