Inilah 10 Tren Tanaman Hias di Tahun 2023 Yang Sedang Naik Daun

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.com! Tanaman hias tidak hanya menjadi elemen dekoratif yang mempercantik rumah kita, tetapi juga menjadi gaya hidup yang semakin populer. Tahun 2023 akan membawa banyak perubahan menarik dalam dunia tanaman hias. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh prediksi tren tanaman hias yang akan mendominasi tahun ini.

1. Tanaman Hias Berdaun Besar

Tren tanaman hias berdaun besar bisa bervariasi dari tahun ke tahun, tetapi beberapa tanaman tertentu cenderung populer dalam berbagai periode. Pada tahun 2023, beberapa jenis tanaman hias berdaun besar yang mungkin menjadi tren termasuk:

  1. Monstera Deliciosa: Tanaman ini memiliki daun besar dengan potongan lob atau lubang di tengahnya. Monstera Deliciosa telah menjadi salah satu tanaman hias yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dan tampaknya akan tetap menjadi tren pada tahun 2023.
  2. Calathea: Tanaman Calathea memiliki daun yang indah dengan berbagai pola dan warna yang menarik. Beberapa varietas seperti Calathea Orbifolia dan Calathea Medallion sangat diminati karena keindahan daunnya.
  3. Ficus lyrata (Fiddle Leaf Fig): Tanaman ini memiliki daun besar, hijau tua, dan bentuk yang unik. Fiddle Leaf Fig telah menjadi salah satu tanaman hias paling populer dan ikonik dalam beberapa tahun terakhir.
  4. Alocasia: Tanaman ini memiliki daun besar dengan pola yang mencolok dan tampilan yang eksotis. Beberapa varietas yang populer termasuk Alocasia Polly dan Alocasia Amazonica.
  5. Begonia Rex: Begonia Rex memiliki daun yang indah dengan berbagai warna dan pola, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk tanaman hias berdaun besar.
  6. Philodendron: Selain Monstera, tanaman ini juga termasuk dalam keluarga Araceae dan memiliki banyak varietas yang populer seperti Philodendron Birkin dan Philodendron Pink Princess.
  7. Pilea Peperomioides: Tanaman ini memiliki daun bulat dan sering disebut sebagai “Chinese Money Plant.” Itu telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir dan masih diminati.
  8. Alocasia Stingray: Varian Alocasia ini memiliki daun yang unik dengan bentuk menyerupai badak laut. Ini bisa menjadi tanaman hias yang menarik dan populer pada tahun 2023.
Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Wonosobo

Pastikan untuk memeriksa persyaratan perawatan masing-masing tanaman ini karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal cahaya, kelembapan, dan perawatan secara keseluruhan. Selain itu, tren tanaman hias daun bervariasi berdasarkan lokasi geografis dan preferensi individu, jadi pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan lingkungan dan selera Anda sendiri.

2. Tanaman Variegata

Tren tanaman variegata bisa berubah dari tahun ke tahun, tetapi beberapa jenis tanaman variegata yang populer pada tahun 2023 mungkin termasuk:

  1. Monstera Variegata (Monstera deliciosa variegata): Monstera dengan daun variegata, yang memiliki pola putih atau kuning di daunnya, telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.
  2. Calathea Variegata: Tanaman ini memiliki daun dengan pola variegata yang cantik, dengan warna hijau dan putih atau kuning.
  3. Pothos Variegata: Pothos adalah tanaman yang tahan lama dan memiliki daun variegata yang beragam warna, seperti putih, kuning, atau perak.
  4. Sansevieria Variegata: Sansevieria, atau lidah mertua, yang memiliki daun berpola variegata juga bisa menjadi tren. Varian seperti Sansevieria trifasciata laurentii dengan pola variegata kuning adalah salah satu yang populer.
  5. Alocasia Polly Variegata: Tanaman ini memiliki daun besar dengan pola variegata yang mencolok, biasanya berwarna hijau muda dan putih.
  6. Ficus Variegata: Beberapa jenis tanaman Ficus, seperti Ficus benjamina variegata atau Ficus elastica variegata, memiliki daun dengan pola variegata yang menarik.
  7. Aglaonema Variegata: Tanaman hias ini memiliki beragam varietas dengan daun variegata yang indah, seperti Aglaonema Silver Bay atau Aglaonema Golden Bay.
  8. Dracaena Variegata: Dracaena dengan daun variegata bisa menjadi pilihan yang menarik untuk interior rumah.
  9. Syngonium Variegata: Tanaman ini juga populer dengan daun yang berubah-ubah warnanya dan memiliki banyak varietas berbeda.
  10. Tradescantia Zebrina Variegata: Tanaman gantung ini memiliki daun berpola variegata dengan warna ungu, hijau, dan putih yang mencolok.

Namun, tren tanaman dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi geografis dan preferensi individu. Penting untuk selalu memastikan bahwa tanaman yang Anda pilih cocok dengan kondisi tumbuh di rumah atau lingkungan Anda, serta memahami perawatan yang diperlukan untuk menjaga keindahannya. Selalu periksa dengan toko tanaman lokal atau pengecer tanaman hias terkait tren terbaru di wilayah Anda.

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Kabupaten Banggai Kepulauan

3. Tanaman Dengan Pot Bervariasi

Pot tanaman tidak lagi hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang penting. Pot-pot dengan bentuk dan warna yang unik akan menjadi tren, dan banyak desainer pot yang akan menciptakan karya seni pot yang menarik.

4. Tanaman Bergaya Jepang

Gaya Jepang dalam dekorasi taman dalam ruangan akan populer di tahun 2023. Ini termasuk penggunaan tanaman bonsai, penggunaan batu alam, dan penataan yang menciptakan rasa ketenangan dan harmoni.

5. Tanaman Air

Tren dalam tanaman air bisa berubah dari tahun ke tahun dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk perubahan dalam popularitas dan ketersediaan tanaman tertentu, tren desain akuarium, dan kepedulian terhadap lingkungan. Namun, pada tahun 2023, beberapa jenis tanaman air yang mungkin populer atau tren di kalangan penggemar akuarium dan hobi tanaman air antara lain:

  1. Cryptocoryne: Tanaman air ini biasanya tumbuh dengan baik dalam kondisi air yang stabil dan cenderung menjadi favorit dalam berbagai varietasnya.
  2. Anubias: Tanaman ini relatif mudah perawatannya dan dapat tumbuh dengan baik dalam akuarium dengan intensitas cahaya yang rendah.
  3. Bucephalandra: Bucephalandra adalah tanaman air yang berasal dari Indonesia dan memiliki berbagai varietas dan bentuk yang indah. Mereka biasanya populer di kalangan penggemar tanaman air.
  4. Moss: Moss, seperti Java Moss dan Christmas Moss, sering digunakan untuk memberikan tekstur dan tampilan alami pada dekorasi akuarium.
  5. Succulent Aquatic Plants: Beberapa tanaman air yang memiliki kemiripan dengan tanaman sukulen menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Tanaman seperti Marimo Moss Balls dan Utricularia sandersonii adalah contoh dari tanaman ini.
  6. Floating Plants: Tanaman yang mengapung seperti Salvinia, Water Lettuce, dan Frogbit bisa memberikan penampilan unik pada akuarium, dan mereka juga membantu menyaring air dan memberikan perlindungan bagi ikan dan udang muda.
  7. Air Plants (Tillandsia): Meskipun tidak benar-benar tanaman air, beberapa orang menempatkan Tillandsia dalam akuarium mereka karena mereka dapat bertahan hidup dengan mengambil kelembaban dari udara.
  8. Aquatic Ferns: Tanaman seperti Java Fern dan Bolbitis sering digunakan untuk menambahkan tampilan yang menarik dan tahan lama pada akuarium.
  9. Carpeting Plants: Tanaman-tanaman rendah seperti Monte Carlo, Dwarf Hairgrass, dan Dwarf Baby Tears masih menjadi pilihan populer untuk menciptakan lantai akuarium yang indah.
Baca Juga :  Menghadirkan Keindahan Alam: 11 Inspirasi Tanaman Hias Mini yang Cocok untuk Meja Kerja Anda

Penting untuk diingat bahwa tren dalam tanaman air bisa bervariasi tergantung pada lokasi geografis, preferensi individu, dan perubahan dalam industri akuarium dan hobi tanaman air. Juga, perlu diingat bahwa setiap jenis tanaman air memerlukan perawatan khusus, seperti intensitas cahaya, nutrisi, dan perubahan air rutin, untuk tetap sehat dan tumbuh dengan baik dalam akuarium Anda. Sebelum menambahkan tanaman baru ke akuarium Anda, penting untuk melakukan penelitian dan memastikan bahwa mereka cocok dengan kondisi akuarium Anda.

6. Tanaman Aromaterapi

Tanaman yang memiliki aroma menyegarkan seperti lavender, mint, dan rosemary akan semakin populer. Mereka tidak hanya indah secara visual tetapi juga memberikan manfaat aromaterapi yang menenangkan.

7. Koleksi Kaktus yang Bertambah

Kaktus telah menjadi tren yang berkelanjutan, dan tahun 2023 tidak akan menjadi pengecualian. Kolektor kaktus akan terus mencari spesies yang langka dan berbeda untuk menambah koleksi mereka.

8. Tanaman Hias Bergaya Vintage

Gaya vintage akan memengaruhi dunia tanaman hias. Tanaman dengan pot-pot retro atau macrame hanger akan menjadi tren, memberikan nuansa nostalgia yang menyenangkan.

9. Tanaman Hias Dengan Manfaat Kesehatan

Para pecinta tanaman semakin menyadari manfaat kesehatan tanaman hias. Tanaman seperti aloe vera, lavender, dan snake plant akan populer karena kemampuannya untuk membersihkan udara dan meningkatkan kualitas tidur.

10. Tanaman Hias Lokal

Terakhir, kita akan melihat peningkatan minat pada tanaman hias lokal. Masyarakat akan lebih peduli dengan tanaman asli daerah mereka, membantu melestarikan flora lokal dan ekosistem.

Itulah sepuluh prediksi tren tanaman hias di tahun 2023. Tren ini mencakup berbagai jenis tanaman dan gaya dekorasi, sehingga ada sesuatu untuk semua orang. Jadi, bersiaplah untuk menjadikan rumah Anda lebih hijau dan indah dengan mengikuti tren-tren ini. Teruslah mengikuti Bertanam.com untuk informasi terbaru tentang dunia tanaman hias. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags