Mengenal Alat Tanam Jagung Corn Seed Planter

Eiji

Alat Tanam Jagung – merupakan menjadi perlengkapan pertanian yang sangat penting dan sangat membantu di dalam proses budi daya tanaman jagung. Saat dahulu, menanam jagung selalu dilakukan secara manual, mungkin hingga sekarang juga masih ada para petani yang masih menggunakan cara manual, biasanya di desa yang terpencil yang masih menggunakan cara ini. Petani jagung yang hanya berbekal tugal terbuat dari kayu atau pun dari bambu untuk membuat lubang untuk di tanami, kemudian meletakan biji jagung dengan satu per satu, dan selanjutnya menutup lubang tanam dengan tanah dengan menggunakan cara manual.

Pada era modern saat ini, cara yang manual sudah tidak lagi efektif dan efisien. Pada dasarnya, kecepatan dalam menanam jagung turut mempengaruhi produk komoditas ini. Jika menanam dengan menggunakan mesin atau alat tanam modern ini, maka luasan lahan yang akan ditanami bisa menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, menanam jagung dengan menggunakan alat modern jauh lebih menghemat dalam biaya produksi.

Jika semakin rendah biaya produksi yang di keluarkan oleh seorang petani, maka harapan dari keuntungan yang petani dapat juga bisa lebih besar. Kebutuhan dari alat tanam jagung yang cukup besar membuat banyak pihak yang berlomba-lomba dalam merancang alat tanam jagung yang terbaik.  Salah satu alat tanam jagung modern yang bisa digunakan oleh para petani adalah corn seed planter. Alat tanam satu ini diketahui bisa untuk digunakan dalam menanam jagung hibrida.

Proses kerja penanam benih genggam bensin
Pertama, pilih benih yang Anda butuhkan. Dan masukkan benih ke dalam hopper benih. Lalu nyalakan bensin. Selanjutnya memegang gagang mesin ini. Dan pada saat yang sama, berjalan dengan mesin dengan kecepatan konstan. Terakhir, setelah menyemai benih, matikan mesin bensin dan simpan mesin dengan baik.

Fitur Alat Tanam jagung corn seed planter

  1. Ukuran kecil, ringan, operasi yang fleksibel dan nyaman. Sangat cocok untuk digunakan di rumah kaca, kebun buah, kebun anggur, teras, lereng dan petak kecil.
  2. Pegangan dapat disesuaikan tinggi dan panjangnya, cocok untuk semua orang.
  3. Penaburan dan pemupukan dapat berupa baris ganda, baris tunggal, sebelum dan sesudah digunakan.
  4. Anda dapat menanam berbagai tanaman dengan mengganti kotak benih. Kualitasnya stabil dan dapat diandalkan.
  5. Memiliki beberapa fungsi. Mesin ini dapat menyelesaikan berbagai operasi lahan pertanian seperti penanaman dan pemupukan hanya dengan penggantian alat kerja.
  6. Baik pria maupun wanita dapat menggunakan mesin ini. Kualitasnya stabil dan dapat diandalkan.
Baca Juga :  BOOM SPRAYER Bantu Petani Dalam Pengendalian Hama

Keuntungan Menggunakan corn seed planter

  • Mesin tidak memiliki transmisi rantai, dan sendok menggantikan surat perintah. Penyemaiannya akurat dan jarak lubangnya konsisten.
  • Gunakan mesin ini untuk meningkatkan output. Karena jarak lubang yang merata, terdapat ventilasi yang baik dan nutrisi yang cukup, yang dapat meningkatkan produksi sebesar 10-20%.
  • Mesin ini dirancang dengan roda dalam yang terbatas. Sesuaikan roda pembatas kedalaman penanam sebelum menanam, sehingga kedalaman tanam setiap baris konsisten.
  • Mesin ini memiliki desain baru dan struktur sederhana. Mudah digunakan, mudah di-debug, dan hampir tidak ada kesalahan.
  • Rentang penyesuaian jarak baris dan jarak tanaman yang besar. Ini dapat mencapai efek ideal yang pada dasarnya tidak perlu mencukur bibit. Itu dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda untuk benih yang berbeda.

Cara Menggunakan corn seed planter

  1. Sebelum mengerjakan, bersihkan serba-serbi di kotak tabur dan kotoran pada pembuka alur
    memastikan kondisi kerja yang baik.
  2. Lumasi drive dan rantai secara teratur.
  3. Biji com harus berkualitas baik: untuk membuat mesin penanam bekerja secara efisien dan
    Tepatnya benih jagung yang akan ditanam harus berkualitas baik.
  4. Uji penanam benih untuk memeriksa pola distribusi benih sebelum penyemaian area luas.
  5. Tidak boleh ada benih biji-bijian di dalam kotak penaburan saat diangkut

Aplikasi Luas Pembibit Jagung

Penanam benih manual memiliki berbagai macam aplikasi, pembibitan seperti jagung, gandum, kacang tanah, buncis, sorgum, pemerkosaan, dll. Apalagi bisa menyuburkan. Berbagai pupuk untuk lahan subur dapat mencapai posisinya melalui mesin ini. Namun, pembibitan dan pemupukan tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Dan setelah penyemaian, jika ingin melakukan pemupukan, pekerjaan pemupukan harus dilakukan di parit yang berbeda. Tentu saja, jika Anda membutuhkan jumlah benih yang tepat dan ruang tanaman, kami juga dapat menyediakan mesin semacam ini. Mengenai detailnya, Anda dapat menghubungi petugas profesional kami untuk mendapatkan dukungan.

Baca Juga :  Revolusi Teknologi Alat Pertanian Otomatis untuk Meningkatkan Produktivitas Petani

Desain Struktur Seeder yang Dioperasikan dengan Tangan

Mesin seeder manual ini memiliki desain yang sederhana, terdiri dari seed bin, diching seed feeder, covering roller, handrail, wheel, dan front drawing. Langkah utamanya meliputi menggali lubang, memberi makan benih, dan kemudian menutup tanah. Strukturnya berfungsi untuk melengkapi prosedur ini. Bahan mesinnya adalah plastik dan baja karbon. Oleh karena itu, ini adalah mesin tugas ringan.

Tapi perhatikan, mesin ini membutuhkan dua orang untuk bekerja sama. Selain itu, Anda dapat mengetahui untuk menabur benih yang berbeda dengan mengubah roda benih yang sesuai. Di Perusahaan Mesin Jagung Taizy, tersedia 8 jenis roda benih. Artinya, saat Anda memilih untuk membeli penanam benih manual ini, 8 jenis roda benih selalu terpasang.

Cara kerja corn seed planter

Alat apa saja yang digunakan untuk menanam jagung? Corn seed planter ini merupakan salah satu alat tanam jagung yang mempunyai cara kerja yang sederhana karena hanya didorong tanpa memerlukan tenaga dari mesin. Namun, jarak tanam dan juga jumlah benih perlu untuk diatur terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, jarak tanam jagung ini yaitu sekitar 70 x 30 cm atau pun 80 x 40 x 20 cm untuk menggunakan sistem tanam jajar legowo, sedangkan jumlah biji per lubangnya biasanya hanya satu biji. Tetapi, pada saat kondisi hujan belum terlalu sering, jumlah biji yang ditanam juga bisa mencapai dua buah biji hamya dalam satu lubang tanam.

Selanjutnya yaitu, corn seed planter ini dapat diatur sedemikian rupa agar bisa mengikuti sistem tanam yang pada sebelumnya sudah dibuat. Setelah itu selesai, proses penanaman bisa dibantu dengan menggunakan alat ini sehingga bisa lebih cepat.

Baca Juga :  Mengungkap 6 Fungsi Penting Garu Sisir dalam Perawatan Rambut dan Cara Pemakaiannya yang Benar

Meskipun dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan dalam penanaman jagung, corn seed planter ini masih mempunyai kekurangan yaitu seperti tidak bisa digunakan pada tanah yang mempunyai tekstur lempung karena bisa membuat kerja dari alat ini terhambat, bahkan bisa terjadi kerusakan. Selain dari itu, kondisi tanah yang berlempung juga bisa mengakibatkan lubang untuk tanam yang dibuat juga tidak terlalu dalam.

Maka dari itu, sebelum kamu menanam jagung dengan menggunakan alat ini, pastikanlah kondisi lahan sudah bersih dari batu ataupun gulma dan juga di dalam kondisi kering atau sesuai dengan spesifikasi alat ini.

Dengan menggunakan Alat tanam jagung corn seed planter ini dapat mempermudah para petani dalam menenam jagung, alat ini bisa mempercepat penanaman dan juga menghemat biaya produksi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags