Mengenal Mesin Mist Blower Dalam Pertanian Yang Menghasilkan Asap Dingin

Eiji

Mesin mist blower – Tahukah kamu jika mist blower merupakan suatu alat penyemprot yang menghasilkan asap dingin? Jika alat penyemprot biasa untuk menyemprotkan cairan dan juga masih berwujud cair namun lebih halus. Namun untuk jenis alat blower satu ini, hasil dari semprotannya adalah yaitu asap dingin.

Sehingga lebih kering jika dibandingkan dengan sprayer yang biasa. Kegunaan dari alat blower ini banyak sekali. Mulai dari fogging pembasmi nyamuk bahkan hingga pada bidang pertanian juga bisa.

Mist blower untuk apa? Mist blower ini merupakan alat/mesin gendong di punggung yang berfungsi untuk bisa memecah cairan, larutan ataupun suspensi menjadi butiran-butiran cairan atau menjadi kabut. Alat ini berfungsi untuk pembasmi hama, penyakit dan juga gulma yang ada pada tanaman pertanian.

Prinsip kerja alat ini yaitu menghembuskan cairan yang seperti pestisida menjadi butir-butir kecil (droplet) dengan bantuan tenaga angin yang kuat dari alat blower, sehingga dapat untuk dikatakan bahwa mesin ini adalah mesin penyemprot dengan menggunakan sistem tekanan angin. Karena dapat untuk menghembuskan cairan yang lebih sedikit dan juga lebih efektif, maka dapat untuk menghemat tenaga kerja dan juga efesiensi pemberantasan hama yang lebih besar.

Kelebihan dari alat ini adalah lebih praktis karena mesin tersebut lebih dapan menembus gulma di semak-semak yang cukup dalam. Sedangkan kekurangan dari alat yang satu ini adalah harganya yang cukup mahal serta alat yang lebih berat

Merk alat blower sendiri juga sangat beragam begitu pula dengan harganya. Untuk itulah, bagi kamu yang mau untuk membeli alat blower bisa untuk cek dulu ulasan berikut ini.

Mist Blower Merupakan Alat Penyemprot Yang Menghasilkan Asap Dingin

Penggunaan alat blower ini cocok sekali untuk kamu yang bergerak di bidang agribisnis. Alat satu ini familiar juga dengan penggunaannya selain dari berbagai jenis sprayer yang juga banyak penggunanya.

Baca Juga :  50 Alamat Toko Tanaman Hias Lengkap Dengan Nomor Telepon di Klaten

Namun dari kebanyakan pemakai alat semprot blower ini merupakan salah satu yang bergerak di bidang pertanian modern. Ada juga beberapa jenis mist blower yang bisa kamu pilih sesuia dengan kebutuhan kamu.

1. Mist Blower Menggunakan Tenaga Listrik

Seperti halnya alat semprot yang lain, alat blower dalam pertanian ini juga mempunyai beberapa jenis. Salah satunya yaitu ada yang menggunakan sistem elektrik yang bertenaga listrik. Sehingga untuk bisa menggerakkan alat satu ini, kamu harus mengisi daya baterainya terlebih dahulu.

Bisa untuk Kamu charge ulang jika dayanya sudah habis. Hal ini cukup sangat efektif, hasil dari semprotannya juga cukup bagus. Karena memang alat blower ini bisa menghasilkan semprotan asap dingin yang bisa membuat tanaman tumbuh maksimal.

2. Mist Blower Menggunakan Bahan Bakar

Selanjutnya yaitu alat semprot blower yang menggunakan tenaga penggerak yang berupa mesin. Biasanya bahan bakarnya ini adalah bensin bukan lah menggunakan listrik. Tekanan semprotnya juga lebih kuat jika dibandingkan dengan alat blower yang menggunakan sistem elektrik.

Pada penggunaanya, hal yang pertama yang mesti kamu perhatikan yaitu aliran bahan bakarnya. karena pada alat blower ini punya katup yang bisa untuk membuka dan juga menutup aliran bensin. Pada saat pemakaian pastikan kamu untuk membuka terlebih dahulu katup bensin.

Di mana aliran dari bensin yang akan mengalir dengan tepat akan bisa menggerakkan mesin. Sehingga membuat proses penyemprotan berjalan dengan lebih baik.

Alat ini berbeda dengan fogging, mist blower ini adalah sprayer gendong yang bisa menghasilkan cold fog (asap dingin) partikel berat sehingga langsung bisa jatuh kebawah. Tujuan dari alat ini cendrung untuk bisa melekatkan residu yang bisa mengakibatkan kecacatan pada pertumbuhan serangga ataupun insekta. Salah satu alat Mist Blower yang berkualitas adalah Tasco MD150.

Baca Juga :  Inovasi Terkini Alat-alat Modern yang Membawa Revolusi dalam Kehidupan Sehari-hari

Deskripsi Mesin Tasco MD150

Tasco MD150 ini memiliki 3 bagian pokok yaitu :

1. Reservoir

Merupakan sebuah tangki dengan bentuk bulat pipih dan juga bulat panjang terbuat dari bahan komponen logam yang berupa perunggu plat baja atau pun bahan sintetis.

2. Pompa

Bagian ini merupakan suatu bagian vital yang berupa pompa udara ataupun pompa hisap tekan.

3. Pengabut

Merupakan bagian selang dan juga sebuah perlengkapan nozzle.

Tidak hanya itu saja, alat ini juga bisa untuk digunakan untuk penyebar butiran yang memiliki konstruksi untuk kombinasi. Terdapat 3 bagian pokok pada mist blower yaitu ada unit penghembus, unit tangki, dan juga unit motor penggerak. Berdasarkan dari system kerjanya yaitu dibagi menjadi 2 bagian bagian penyabut tak bermotor yang dilengkapi dengan system air fissure (tekanan udara) agitasi udara dan juga penyabut bermotor yang sudah dilengkapi dengan pompa (mist pompa) agitasi yang mekanis.

Alat ini juga dirancang khusus agar praktis dan juga mudah digunakan oleh para pengguna. Produk ini juga telah di desain sedarhana dalam 2 jenis penggunaan yaitu hanya dengan menurunkan tuas pada alat sprayer. Mist blower Tasco MD150 ini menggunakan suatu sistem tekanan angin sehingga bisa menghembuskan cairan lebih sedikit dan juga menghemat biaya serta efisien.

Baca Juga Artikel : Alat Irigasi Sprinkler

Petunjuk untuk penggunaan mist blower antara lain:

  1. Udara pada saat waktu penyemprotan harus bisa memungkinkan antara lain keadaan tanah tidak berangin dan juga udara masih dingin misalnya pada waktu pagi hari ataupun pada sore hari.
  2. Penggunaan dari pestisida ataupun pupuk cair dan juga cara mencampurnya harus bisa sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan.
  3. Menghindari dari kontak langsung dengan larutan agar tidak terjadinya keracunan.
  4. Melakukan penyemprotan tidak pada waktu yang banyak embun serta juga sebelum dan juga selama hujan agar jangan sampai terjadi pencucian pengeceran.
  5. Mengamati ukuran dari butiran cairan yang keluar, pola dari sebaran butiran cairan waktu mengenai bagian-bagian pada tanaman selama penyemprotan berlangsung.
  6. Pada saat keadaan udara berangin, sebaiknya penyemprotan berjalan mengikuti arah angin dan juga menghindari pengenaan pestisida ataupun pupuk cair secara langsung pada bunganya.
Baca Juga :  Inovasi Alat Pertanian Modern: Meningkatkan Efisiensi Pengolahan Tanah

Jenis Jenis Alat Penyemprotan atau Sprayer :

Sprayer manual

Sprayer manual merupakan sprayer yang dapat untuk digerakkan dengan tangan. Contoh dari sprayer manual adalah:

  1. Trigger pump, yakni sebuah pompa tangan (hand pump) yang banyak sekali digunakan untuk pengendalian hama pada pertanian.
  2. Bucket pump atau disebut trombone pump dan juga garden hose sprayer, untuk bisa mengendalikan hama dan juga penyakit di pekarangan.
  3. Sprayer gendong otomatis (pre pressurized knapsack sprayer, compression sprayer), yang banyak sekali digunakan pada bidang pertanian
  4. Sprayer gendong yang mesti untuk dipompa terus-menerus (Level operated knapsack sprayer), banyak sekali digunakan pada bidang pertanian di Indonesia.

Sprayer tenaga mesin

Sprayer tenaga mesin merupakan suatu alat sprayer yang digerakkan dengan menggunakan tenaga mesin. Contoh sprayer tenaga mesin adalah:

  1. Pertama sprayer punggung bermesin (motorized knapsack sprayer).
  2. Mesin pengkabut Atau mesin mist blower.
  3. Power sprayer atau disebut gun sprayer, yang juga digerakkan oleh motor stasioner atau traktor.
  4. Sprayer-sprayer yang digerakkan ataupun dihubungkan dengan menggunakan traktor atau truk: boom sprayer, boomless sprayer, air blast sprayer. Sprayer ataupun otomizer yang dapat dipasang pada pesawat udara untuk melakukan penyemprotan udara.

Itulah tadi penjelasan mengenai mesin mist blower yang bisa kamu baca sebelum membelinya. Alat mist blower ini adalah alat penting yang perlu untuk kelangsungan dari beberapa kegiatan. Seperti pada penyemprotan pestisida, pupuk tanaman, hingga untuk melakukan pencegahan demam berdarah. Untuk bisa mendapatkan alat ini  kamu dapatkan di berbagai macam toko baik online ataupun offline.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags