Alat Tanam Kentang Modern, Tanam kentang Dalam Waktu Singkat

Eiji

Alat Tanam Kentang – Kentang atau nama latinnya yaitu bernama Solanum tuberosum L. merupakan sejenis tanaman dikotil yang bersifat semusim dan juga berbentuk semak/herba. Batangnya tersebut berbentuk segi empat, panjangnya bisa mencapai hingga 50‐120cm yang berada di atas permukaan sebuah tanah ada yang berwarna hijau, kemerah-merahan, ataupun yang warna ungu tua. Akan tetapi, warna batang ini juga sangat dipengaruhi oleh umur tanaman dan juga oleh keadaan lingkungan.

Pada kesuburan tanah yang lebih baik ataupun yang lebih kering, biasanya warna batang tanaman yang lebih tua ini warnanya akan lebih menyolok. Bagian bawah dari batang kentang bisa berkayu. Sedangkan batang dari tanaman muda tidak berkayu sehingga tidaklah terlalu kuat dan juga mudah sekali roboh.Solanum atau kentang merupakan tanaman setahun, bentuk sesungguhnya menyemak dan bersifat menjalar.

Penanaman kentang sering sekali kita jumpai dengan menggunakan cara yang manual sebuah cara yang sederhana. Tetapi yang sebenarnya ada mesin yang bisa untuk kita digunakan untuk membantu penanaman kentang. Mesin ini pada konstruksinya mempunyai beberapa bagian, contohnyasaja  pada ujung dari alat ini mempunyai alat semacam pengolah tanah yang digunakan sebagai tempat untuk menanam kentang.

Kemudian ada juga bagian yang digunakan untuk meletakkan kentang yang nantinya akan ditanam. Alat ini bekerja dua kali, yang pertama alat akan membuka alur tanah dan juga menjadikan gunungan-gunungan kecil sehingga bisa untuk digunakan sebagai lahan tanam untuk kentang. Setelah itu mesin ini juga akan menancapkan kentang kedalam tanah dengan menggunakan perlakuan otomatis yang ada pada mesin ini.

Cara penggunaan alat tanam kentang ini yaitu sebagai berikut:

  1. Alat dari pembuka alur tanah akan dipasang ke traktor roda 4 dan juga tempat kentang di letakkan pada tempat yang telah disediakan,
  2. kemudian setelah itu terpasang maka kita pastikan bahwa alat ini berada di dalam keadaan yang aman sesuai dengan keselamatan kerja.
  3. Jalankan traktor, maka secara otomatis kentang yang ada akan langsung tertanam.
Baca Juga :  Mesin Pemanen Kentang Modern Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Tanaman

Dari penggunaan dari alat tanam ini bisa juga bervariasi menyesuaikan keadaan lahan yang akan di Tanami. Namun kelemahan dari mesin ini hanya bisa untuk digunakan pada traktor roda 4 dan biasanya traktor roda 4 identik dengan lahan yang cukup luas. Maka dari itulah semuanya tergantung pada lahan yang nantinya akan ditanami. Mesin satu ini dapat untuk menanam kentang, pachyrhizus dan juga beberapa umbi pekebun dll. Ini bisa digunakan untuk berbagai macam area, iklim, dan juga tanah.

Dengan menggunakan alat tanam kentang ini juga bisa menghemat biaya tanam. Jumlah dari tenaga kerja juga sangat berkurang yang tadinya dari 10 orang untuk 5 hari kerja, bisa menjadi 5 jam per hektare dengan menggunakan tenaga 3 orang. Untuk menanam benih kentang dengan menggunakan cara manual, membutuhkan biaya yang sekitar Rp 8 juta per hektare. Sementara dengan menggunakan alat tanam ini hanya membutuhkan  sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per hektarenya.

Fitur Alat Tanam Kentang

  • Mesin penanam kentang ini merupakan alat penanam yang multifungsi. Itu dapat membuang dan menyuburkan, menyelesaikan proses penaburan lengkap, pembentukan punggungan, penanaman dan membran plastik
    mulsa,
  • Penanam kentang dapat memenuhi persyaratan berbagai area, lingkungan alam, fitur geografis, iklim, tanah, dan permintaan pertanian.
  • Telah menerapkan teknologi canggih untuk pembudidaya kentang dan menguji kinerja mekanisnya berulang kali, mereka adalah jenis yang berhasil ditingkatkan.
  • Mesin ini memiliki fitur struktur yang kompak, mobilitas yang baik, kemampuan beradaptasi yang kuat, perawatan yang sederhana.

Keuntungan dari alat tanam Kentang

  1. Dengan mesin ini, benih bisa berbentuk segitiga dan memanfaatkan ruang secara wajar. Semua akan membuat dasar yang baik untuk meningkatkan produksi dan tumbuh dewasa.
  2. Mesin dapat memenuhi berbagai kebutuhan pertanian. Kedalaman benih, tinggi guludan, jarak tanam dan jarak tanam dapat diatur.
  3. Keuntungan menggunakan mesin ini: Hemat tenaga kerja, output tinggi, pengoperasian mudah dan nyaman.
Baca Juga :  Membahas Inovasi Teknologi Pertanian Masa Depan yang Mengubah Cara Bertani

Pemeliharaan Perkebunan Kentang

Untuk memastikan operasi normal dan memperpanjang masa pakai alat berat, perbaikan dan perawatan yang tepat waktu sangatlah penting. Berikut ini adalah menyelesaikan pekerjaan perawatan yang harus dilakukan diulang setiap kali sebelum dan sesudah bekerja.

Sebelum bekerja

  • Periksa kelenturan bagian yang berputar, kekencangan rantai penggerak dan bagian lainnya setiap kali sebelum bekerja.
  • Identifikasi masalah dan perbaiki tepat waktu Tambahkan oli setidaknya 2 hingga 3 kali selama setiap shift.

Setelah bekerja

  • Bersihkan tanah di berbagai bagian mesin setelah bekerja setiap saat
  • Lakukan inspeksi menyeluruh terhadap mesin: Sesuaikan struktur kelembagaan untuk memastikan tidak ada fenomena geser dan geser dan tidak ada gesekan antara Seeder dan pembuka.
  • Ganti bagian-bagian mesin bila perlu dan lapisi dengan oli.
  • Tempatkan mesin di tempat yang berventilasi dan kering dan simpan dengan benar untuk penggunaan di masa mendatang.

Pada Alat tanam kentang ini memang menyerap biaya dan juga energy yang cukup tinggi, dan umumnya petani yang di desa juga lebih menginginkan yang lebih terjangkau dan juga berkualitas bagus, kebanyakan dari mereka masih untuk memilih menanam kentang secara manual dari pada menanam kentang dengan menggunakan mesin penanam kentang ini, selain itu mesin penanam kentang ini masihlah belum familiar di mata para petani khususnya para petani di daerah pedesaan yang terpencil.

Kebanyakan dari para petani desa belum mau untuk menggunakan alat penanam modern, mereka masih mau untuk menggunakan tenaga manusia, belum ingin mengganti dengan menggunakan tenaga mesin, seharusnya agar mesin penanam ini bisa berdaya guna tinggi kita berikan penyuluhan tentang mesin tanam pertanian ini, manfaat dari penggunaan mesin pertanian, dan juga keuntungan-keuntungan dari penggunaan mesin tanam modern ini.

Baca Juga :  Mengenal 15 Jenis Alat Pengolahan Tanah Untuk Pertanian

Seharusnya mesin penanam kentang tipe ini bisa untuk didesain lebih simple dan jugaharga yang terjangkau, agar para petani di daerah-daerah terpencil ini bisa untuk menggunakan alat ini, alat ini mempunyai suatu hopper yang cukup besar karena massa benih kentang yang akan kita tanam juga relative lebih besar, dengan suatu kapasitas lahan yang luas pula. Alat tanam kentang ini juga biasanya berjalan maju. Dan pada umumnya mesin penanam kentang ini sudah banyak sekali digunakan didaerah Eropa.

Kami berharap potensi pertanian di negara ini bisa menjadi pertanian yang modern dan juga teritegrasi sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan ekonomi di tingkat para petani. Di sisi lain, adanya pembanguan yang selama ini sudah dilakukan yaitu pembangunan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran pada sektor ekonomi, yaitu salah satunya sektor pertanian dalam transportasi hasil panen serta juga kelancaran untuk mencukupi sarana pendukung seperti pupuk dan juga obat pertanian.

Nah, itulah tadi artikel mengenai Alat tanam kentang modern, semoga dengan kamu menggunakan mesin ini dapat mengurangi tenaga untuk bisa menanam kentang tersebut, dan dengan menggunakan alat ini dapat lebih menghemat pengeluaran juga.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags