BOOM SPRAYER Bantu Petani Dalam Pengendalian Hama

Eiji

Boom Sprayer – Masalah pada pengendalian hama dan juga penyakit mengakibatkan suatu usaha pertanian perlu menambah perlengkapan untuk menambah pembelian alat dan juga mesin pertanian (alsintan). Pengendalian hama dan juga penyakit tersebut, karena adanya hama dan juga penyakit yang akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Organisme-organisme yang bisa merusak tanaman baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Kerusakan tersebut bisa menimbulkan kerugian baik itu dari segi kualitas ataupun dari segi kuantitas panen, sehingga bisa merugikan secara ekonomi. Dengan demikian lah untuk bisa membasmi organisme-organisme pengganggu tanaman dibutuhkan alsintan untuk bisa mempermudah dalam membasmi OPT dan juga melakukan pemupukan tanaman tersebut yaitu yang berupa Mesin Boom Sprayer.

Apa itu Boom Sprayer?

Mesin Boom Sprayer merupakan suatu mesin pertanian yang dapat berfungsi untuk memecah suatu cairan, larutan ataupun suspense menjadi butiran cairan (droplet) ataupun disebut spray. Mesin berpenggerak sendiri (self-propelled) yaitu dioperasikan oleh satu operator dengan cara duduk diatas mesin (riding) nya tersebut. Komponen utama dari mesin ini terdiri dari motor penggerak, roda penggerak, nosel dan juga rangkaian system hidroulis.

Definisi dari boom sprayer sangat mudah tetapi luas. Pada dasarnya, penyemprot apa pun yang menggunakan boom sebagai alat pengaplikasian pestisida. Mereka biasanya dikenal untuk menerapkan herbisida pada tanaman, padang rumput, lapangan golf, dan rumput, tetapi digunakan dalam banyak aplikasi lain seperti pengendalian debu, dan anti-es.

Hampir tidak ada batasan untuk berbagai gaya dan variasi penyemprot boom. Dari penyemprot kecil sederhana dengan beberapa nosel hingga penyemprot pertanian self-propelled yang besar dan lebih rumit dengan boom yang dapat menjangkau lebih dari 100 kaki.

Baca Juga :  Perbedaan Pertanian Modern dan Tradisional: Kunci Sukses Bertani di Era Baru

Cara kerja dari mesin boom sprayer ini yaitu dengan menggunakan pompa tipe plunger yang digerakkan oleh motor penggerak diesel akan menghisap air dalam tangka dan juga kemudian disemprotkan dengan melalui pipa penyemprot dan langsung keluar dari lubang nosel menjadi butiran cairan (droplet) atau disebut spray. Kecepatan jalan mesin ini dapat disesuaikan dengan dosis dari penyemprotan yang diinginkan.

Spesifikasi mesin Boom Sprayer

  • Suatau kendaraan penyemprot yang mempunyai fleksibilitas, produktifitas dan juga daya jangkau yang luas.
  • Bobot kosong yaitu 1160 kg dan kapasitas tangkinya mencapai 500 liter, lebar dari penyemprotan dapat bekerja himggs menjangkau area yang cukup luas.
  • Mempunyai suatu kemampuan kecepatan jalan 1,58 km per jam pada lahan yang kering dan 1,36 km per jam untuk di lahan sawah, dengan voulem penyemprotan yang mencapai 1195,07 – 1279,60 Liter per ha di lahan kering dan juga 1449,99 – 1648,92 Liter per ha untuk di lahan sawah.
  • Konsumsi bahan bakar untuk mesin penyemprot satu ini yaitu hanya 3,28 liter per ha di lahan kering dan juga 3,37 liter per ha untuk di lahan sawah.
  • Mempunyai suatu kemampuan manuver yang cukup nyaman dapat juga untuk digunakan dalam penyemprotan pestisida, fungisida dan juga herbisida serta untuk melakukan pemupupukan cair.

Bagaimana Cara Kerja Boom Sprayer?

Fungsi dasar dari  boom sprayer pada dasarnya sama dengan penyemprot lainnya. Namun, beberapa penyemprot boom cenderung memiliki kontrol yang lebih rumit daripada jenis penyemprot lainnya. Hal ini disebabkan banyaknya aplikasi semprotan berbeda yang dapat ditangani oleh boom sprayer.

Beberapa fitur opsional adalah kontrol individu pada bagian boom, kontrol laju otomatis, serta fitur agitasi dan bilas. Kontrol lanjutan ini ditemukan pada penyemprot yang digunakan untuk pertanian produksi dan anti/de-ice kota tetapi dapat diterapkan pada hampir semua aplikasi.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi Pertanian Jepang yang Canggih

Banyak aplikasi tidak memerlukan semua kontrol dan kemampuan tambahan ini. Untuk skenario seperti perawatan rumput perumahan, pengelolaan rumput profesional, pengendalian debu, dll., peralatan canggih seperti itu seringkali tidak diperlukan.

Komponen Dasar Penyemprot Boom sprayer

Selain spray boom, ada beberapa komponen lain yang terdiri dari boom sprayer:

  • Pompa.
  • Tangki
  • Selang
  • Kontrol
  • Ledakan
  • Nozel

Berbagai Jenis Penyemprot Boom

1. Tipe Tarik

Banyak Penyemprot Boom Dirancang untuk ditarik di belakang traktor, mesin pemotong rumput, ATV, atau peralatan lainnya. Penyemprot foto tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari penyemprot kecil di belakang mesin pemotong hingga penyemprot tanaman besar. Dari 25 galon juga lebih dari 1000 galon. Jika Anda memiliki traktor rumput, penyemprot boom tipe tarik adalah pilihan yang baik dengan asumsi Anda memiliki banyak ruang untuk berputar dan tidak banyak rintangan.

2. ATV/UTV

Dengan semua jenis ATV dan UTV baru yang tersedia saat ini, ada banyak penyemprot yang dirancang agar sesuai dengan jenis kendaraan ini. Salah satu keunggulan gaya ini adalah radius beloknya yang lebih rapat. Anda juga mungkin menemukan bahwa penyemprot UTV / ATV lebih murah jika dibandingkan dengan penyemprot tarik-belakang dengan ukuran yang sama karena tidak perlu roda gigi, rangka, atau roda yang berjalan.

Boom Atau Penyemprot

Jelas, Anda tidak dapat membicarakannya boom sprayer, dan tidak membicarakan boomnya. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada berbagai jenis boom.

1. Boom Konvensional

Boom konvensional adalah jenis yang paling sering diasosiasikan dengan boom sprayer standar. Ini terdiri dari beberapa nozel yang ditempatkan secara merata di sepanjang pipa atau batang. Ada dua jenis boom konvensional: basah dan kering. Perbedaannya terletak pada cara badan nosel dipasang dan cairan disuplai ke boom. Untuk penjelasan mendetail tentang perbedaannya, lihat postingan ini tentang spray boom basah vs kering.

Baca Juga :  Transformasi Digital Alat-alat Modern yang Membawa Kemudahan dalam Berbagai Aspek Kehidupan

2. Penyemprot Tanpa Boom

Penyemprot “tanpa boom” terkait erat dengan penyemprot boom. Jenis penyemprot ini akan mencakup petak lebar seperti penyemprot boom tetapi alih-alih beberapa nosel yang ditempatkan secara merata pada boom, alat ini hanya menggunakan satu nosel tunggal atau dua nosel yang dipasang saling membelakangi. Nozel ini dirancang untuk menutupi banyak tanah. Mereka menyemprot langsung ke bawah seperti nosel kipas datar tetapi mereka juga menyemprot ke samping hingga 15-20 kaki tergantung pada noselnya.

Ada lebih banyak informasi tentang jenis penyemprot ini dan itulah mengapa saya menulis artikel yang secara khusus mencakup semua aspek penyemprot tanpa boom.

3. Nozel

Saya sering mengatakan ini tetapi itu karena saya percaya itu benar: nosel adalah bagian terpenting dari semprotan Anda apa pun jenis penyemprotnya. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan jenis nosel penyemprot yang akan Anda gunakan.

Banyak penyemprot boom yang dirancang untuk mesin pemotong rumput, ATV, UTV, dll., akan dilengkapi dengan nosel penyemprot “standar”. Tidak boleh diasumsikan bahwa nozel ini adalah pilihan terbaik untuk aplikasi Anda. Memilih nosel penting untuk memastikan Anda menerapkan laju yang benar, dan melakukannya dengan cara yang efektif dan efisien.

penyemprot yang dimuat Anda jauh lebih berat dan membatasi peralatan apa yang dapat menariknya. Ini sangat penting saat memilih penyemprot untuk 3 titik pada traktor. Hitch 3 titik akan memiliki batas bobot yang dapat mereka tangani. Di bawah ini adalah beberapa ukuran tangki penyemprot umum untuk berbagai jenis penyemprot, beserta perkiraan berat penyemprot tersebut saat terisi penuh.

Dengan hadirnya mesin Boom Sprayer ini diharapkan anda dapat untuk menjadi teknologi andalan bagi petani di lahan kering ataupun pada lahan sawah untuk bisa melakukan pemupupukan cair dan juga pengendalian hama penyakit tanaman saat ini.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags