Panduan Memilih dan Menanam 15 Tanaman Hias Tahan Panas yang Menghiasi Kebun Anda

Eiji

Hello, Sobat Bertanam.co! Selamat datang kembali di artikel kami yang akan membahas 15 tanaman hias yang tahan panas matahari dan pastinya cantik untuk menghiasi taman Anda. Musim panas bisa menjadi tantangan bagi tanaman hias, tetapi dengan pilihan yang tepat, Anda dapat tetap memiliki kebun yang indah meski terkena sinar matahari sepanjang hari.

1. Kaktus Barrel (Echinocactus grusonii)

Kaktus barrel adalah tanaman tahan panas yang sempurna. Dengan bentuk bundar dan duri yang tajam, mereka memberikan sentuhan eksotis pada taman Anda. Mereka sangat mudah perawatannya dan dapat bertahan dalam kondisi panas yang ekstrem.

Kaktus Barrel (Echinocactus grusonii) adalah salah satu jenis kaktus yang dikenal tahan panas. Kaktus ini berasal dari Meksiko dan dikenal dengan bentuknya yang bulat dan berduri. Kaktus Barrel dapat bertahan dalam kondisi panas dan kering, sehingga cocok untuk tumbuh di daerah dengan iklim panas dan gersang.

Berikut beberapa tips untuk merawat Kaktus Barrel agar tetap sehat dan tahan panas:

  1. Pencahayaan: Kaktus Barrel membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh dengan baik. Pastikan mereka mendapatkan setidaknya 6-8 jam sinar matahari langsung setiap hari. Jika Anda memiliki pot di dalam ruangan, letakkan di dekat jendela yang mendapat sinar matahari yang cukup.
  2. Drainase yang baik: Penting untuk memiliki pot dengan lubang drainase agar air tidak tergenang di dalam pot. Kaktus Barrel lebih suka tanah yang kering daripada tanah yang terlalu basah.
  3. Air: Air Kaktus Barrel secara bijak. Biarkan tanah mengering sepenuhnya sebelum Anda menyiramnya lagi. Di musim panas, Anda mungkin perlu menyiram lebih sering daripada di musim dingin.
  4. Pemupukan: Anda dapat memberi makan Kaktus Barrel dengan pupuk kaktus yang dirancang khusus, namun, hindari memberikan pupuk berlebihan. Biasanya, pupuk cactus diberikan setiap 4-6 minggu selama musim tumbuh (biasanya musim semi dan musim panas).
  5. Perlindungan dari suhu ekstrem: Meskipun Kaktus Barrel tahan panas, mereka mungkin memerlukan perlindungan tambahan dari suhu ekstrem, terutama suhu beku di musim dingin. Jika Anda tumbuh Kaktus Barrel di daerah dengan musim dingin yang dingin, pertimbangkan untuk membawa mereka ke dalam atau memberikan penutup pelindung selama malam hari.
  6. Pemangkasan: Kaktus Barrel biasanya tidak memerlukan pemangkasan reguler. Namun, jika ada duri yang rusak atau bagian tanaman yang mati, Anda dapat memangkasnya dengan hati-hati.
Baca Juga :  Temukan Berbagai Jenis Tanaman Bonsai untuk Mempercantik Rumah Anda

Ingatlah bahwa setiap tanaman membutuhkan perhatian khusus, jadi penting untuk memahami kebutuhan individu tanaman Anda dan merawatnya sesuai. Dengan perawatan yang tepat, Kaktus Barrel Anda akan tumbuh subur dan tetap tahan panas.

2. Lavender (Lavandula spp.)

Lavender adalah pilihan yang harum dan indah. Tanaman ini tidak hanya tahan panas tetapi juga menarik kupu-kupu dan lebah ke taman Anda. Mereka akan memberikan nuansa berwarna ungu yang menakjubkan.

3. Krisan (Chrysanthemum spp.)

Krisan adalah bunga musim gugur yang cantik. Mereka tahan panas dan memiliki beragam warna yang mempesona. Krisan adalah pilihan sempurna untuk menghadapi musim panas yang panas.

Krisan (Chrysanthemum spp.) adalah tanaman hias yang populer karena bunganya yang indah dan beragam warna. Beberapa varietas krisan tahan panas dan dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim hangat. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menanam krisan tahan panas:

  1. Pemilihan Varietas: Pilih varietas krisan yang telah diadaptasi untuk tumbuh dalam iklim panas. Beberapa varietas yang dikenal tahan panas termasuk “Country Girl,” “Country Sunshine,” dan “Clara Curtis.”
  2. Pencahayaan: Krisan membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. Pastikan tanaman Anda mendapatkan setidaknya 6-8 jam sinar matahari langsung setiap hari. Namun, di daerah yang sangat panas, tanaman mungkin membutuhkan sedikit teduh di tengah hari untuk melindungi mereka dari panas yang berlebihan.
  3. Penyiraman: Krisan tahan panas masih memerlukan penyiraman yang cukup, terutama ketika pertama kali ditanam atau selama periode kering yang panjang. Pastikan tanah tetap lembab, tetapi hindari terlalu banyak air yang dapat menyebabkan akar busuk.
  4. Tanah dan Pupuk: Pastikan tanah tempat Anda menanam krisan memiliki drainase yang baik. Tambahkan bahan organik seperti kompos ke dalam tanah untuk meningkatkan kualitasnya. Gunakan pupuk yang kaya fosfor untuk membantu krisan berkembang dengan baik.
  5. Pemangkasan: Pemangkasan dapat membantu menjaga bentuk dan kelangsungan hidup krisan Anda. Pemangkasan secara teratur juga dapat merangsang pertumbuhan bunga yang lebih baik. Pemangkasan ringan dapat dilakukan sepanjang musim tumbuh.
  6. Perlindungan dari Panas Berlebihan: Di daerah dengan suhu sangat tinggi, Anda mungkin perlu memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari langsung atau panas berlebihan. Ini bisa berupa teduhan sementara dengan kain penutup atau payung pada saat-saat terpanas.
  7. Pemantauan Hama dan Penyakit: Perhatikan tanda-tanda serangan hama atau penyakit pada tanaman Anda dan segera ambil tindakan pencegahan atau pengobatan yang sesuai jika diperlukan.
Baca Juga :  Tanaman Hias dalam Rumah: 21 Pilihan Tanaman Indoor yang Bermanfaat untuk Lingkungan

Ingatlah bahwa perawatan krisan tahan panas dapat bervariasi tergantung pada iklim dan kondisi tumbuh di daerah Anda. Selalu perhatikan keadaan tanaman Anda dan sesuaikan perawatan Anda sesuai kebutuhan. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati keindahan krisan bahkan dalam cuaca panas.

4. Kaktus Opuntia (Opuntia spp.)

Kaktus Opuntia memiliki batang padat dan duri yang menarik. Mereka adalah tanaman tahan panas yang penuh karakter. Jangan lupa untuk memberikan mereka sinar matahari yang cukup.

5. Pandan Bali (Pandanus amaryllifolius)

Pandan Bali adalah tanaman tropis yang tahan panas. Daunnya yang harum digunakan dalam masakan tradisional. Tanam Pandan Bali di taman Anda untuk sentuhan eksotis.

6. Palem Kipas (Livistona spp.)

Palem kipas adalah tanaman hias yang elegan. Mereka tahan panas dan memberikan bayangan yang menyenangkan. Ideal untuk menciptakan suasana santai di halaman Anda.

7. Kemuning (Murraya paniculata)

Kemuning adalah semak yang cantik dan berbunga indah. Mereka tahan panas dan mengeluarkan aroma harum dari bunganya. Kemuning adalah pilihan yang tepat untuk taman yang indah.

8. Canna Lily (Canna spp.)

Canna lily adalah tanaman berbunga yang dramatis. Mereka tahan panas dan hadir dalam beragam warna yang mencolok. Tambahkan sentuhan berbunga pada taman Anda dengan tanaman ini.

9. Agave (Agave spp.)

Agave adalah tanaman sukulen yang tahan panas. Mereka memiliki bentuk yang unik dan tidak memerlukan banyak perawatan. Agave akan memberikan tampilan eksotis pada kebun Anda.

10. Mawar Tahan Panas (Rosa spp.)

Mawar tahan panas adalah varietas mawar yang dirancang khusus untuk iklim panas. Mereka tetap cantik dan berbunga meski terkena sinar matahari yang terik.

11. Kaladium (Caladium spp.)

Baca Juga :  Menyelami Pasar Internasional Peluang dan Tantangan dalam Menjual Tanaman Hias ke Luar Negeri

Kaladium adalah tanaman daun yang indah. Mereka tahan panas dan memiliki daun yang beragam warna dan pola. Tanam Kaladium untuk menyemarakkan taman Anda.

12. Puring (Duranta spp.)

Puring adalah semak yang kompak dan tahan panas. Mereka memiliki bunga yang cantik dan buah yang menarik. Puring akan memberikan warna dan kehidupan pada taman Anda.

13. Tanaman Hias Air (Spathiphyllum spp.)

Tanaman hias air adalah tanaman indoor yang juga bisa ditempatkan di luar pada musim panas. Mereka menambahkan unsur hijau yang segar pada taman Anda.

14. Krisan Matahari (Rudbeckia spp.)

Krisan matahari adalah bunga yang cerah dan tahan panas. Mereka menambahkan sentuhan kuning yang menyegarkan pada kebun Anda. Cocok untuk musim panas yang cerah.

15. Palem Areca (Dypsis lutescens)

Palem Areca adalah tanaman hias yang lebat dan tahan panas. Mereka memberikan bayangan yang nyaman dan suasana tropis pada taman Anda.

Dengan memilih tanaman hias yang tahan panas, Anda dapat menjaga taman Anda tetap cantik sepanjang musim panas. Berbagai pilihan di atas akan membuat taman Anda terlihat indah dan segar meski terkena sinar matahari sepanjang hari. Jangan lupa untuk memberikan perawatan yang tepat agar tanaman-tanaman ini tetap sehat dan berbunga dengan indah. Selamat berkebun, Sobat Bertanam.co!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags